Mohon tunggu...
FARIDA WINARNI
FARIDA WINARNI Mohon Tunggu... Guru - Guru TK

saya berprofesi sebagai Guru TK di TK Aisyiyah Ngadirejo Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengembangan Motorik Anak Melalui Kegiatan Bermain Balok di Kelompok B TK Aisyiyah Ngadirejo

21 Januari 2023   09:05 Diperbarui: 1 Juni 2023   16:55 281
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PENELITIAN TINDAKAN KELAS  ( P T K )

PENGEMBANGAN KEMAMPUAN  MOTORIK  ANAK  MELALUI  KEGIATAN BERMAIN BALOK  DI KELOMPOK  B  TK AISYIYAH 

    

                                          ABSTRAK

Penulis : Farida winarni, S.Pd

                                                                                                        I. Pendahuluan

Anak usia dini merupakan masa keemasan bagi usianya, dimana pada masa lima tahun pertamanya adalah masa pesatnya perkembangan otak juga perkembangan motoriknya.  perkembangan fisik memiliki peran yang penting bagi kehidupan anak, baik langsung maupun tidak langsung. 

Perkembangan fisik berjalan seiring dengan  perkembangan motorik.  perkembangan motorik berarti perkembangan jasmaniah. Sebelum seorang  pendidik  atau guru Taman Kanak-kanak melaksanakan program kegiatan belajarnya maka terlebih dahulu perlu memperhatikan tujuan program kegiatan belajar anak TK.

Kompetensi dasar motorik anak TK yang di  harapkan dapat dikembangkan oleh guru saat anak memasuki lembaga pendidikan pra sekolah/TK adalah anak mampu melakukan aktivitas fisik secara terkoordinasindalam rangka kelenturan, dan persiapan menulis, keseimbangan, kelincahan, dan melatih keberanian juga dapat mengekspresikan diri dan berkreasi dengan berbagai gagasan dan imajinasi. 

Untuk mengembangkannya guru perlu menggunakan berbagai metode pembelajaran yang menjamin anak tidak cedera. Oleh karena itu guru perlu menciptakan lingkungan belajar yang aman dan menantang, bahan dan alat yang di pergunakan dalam keadaan baik, serta tidak menimbulkan rasa takut dan cemas dalam menggunakannya.  

Selain itu dalam pemilihan metode untuk mengembangkan ketrampilan anak, guru perlu menyesuaikan dengan karakteristik anak TK yang selalu bergerak, susah untuk diam, mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, mampu mengekspresikan diri secara kreatif, mempunyai imajinasi dan senang bicara.  Berdasarkan karakteristik anak TK tersebut maka penulis melakukan observasi/pengamatan di TK Aisyiyah Ngadirejo pada tanggal 3 Januari 2023. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun