PENELITIAN TINDAKAN KELAS Â ( P T K )
PENGEMBANGAN KEMAMPUAN Â MOTORIK Â ANAK Â MELALUI Â KEGIATAN BERMAIN BALOK Â DI KELOMPOK Â B Â TK AISYIYAHÂ
  Â
                     ABSTRAK
Penulis : Farida winarni, S.Pd
                                                    I. Pendahuluan
Anak usia dini merupakan masa keemasan bagi usianya, dimana pada masa lima tahun pertamanya adalah masa pesatnya perkembangan otak juga perkembangan motoriknya. Â perkembangan fisik memiliki peran yang penting bagi kehidupan anak, baik langsung maupun tidak langsung.Â
Perkembangan fisik berjalan seiring dengan  perkembangan motorik.  perkembangan motorik berarti perkembangan jasmaniah. Sebelum seorang  pendidik  atau guru Taman Kanak-kanak melaksanakan program kegiatan belajarnya maka terlebih dahulu perlu memperhatikan tujuan program kegiatan belajar anak TK.
Kompetensi dasar motorik anak TK yang di  harapkan dapat dikembangkan oleh guru saat anak memasuki lembaga pendidikan pra sekolah/TK adalah anak mampu melakukan aktivitas fisik secara terkoordinasindalam rangka kelenturan, dan persiapan menulis, keseimbangan, kelincahan, dan melatih keberanian juga dapat mengekspresikan diri dan berkreasi dengan berbagai gagasan dan imajinasi.Â
Untuk mengembangkannya guru perlu menggunakan berbagai metode pembelajaran yang menjamin anak tidak cedera. Oleh karena itu guru perlu menciptakan lingkungan belajar yang aman dan menantang, bahan dan alat yang di pergunakan dalam keadaan baik, serta tidak menimbulkan rasa takut dan cemas dalam menggunakannya. Â
Selain itu dalam pemilihan metode untuk mengembangkan ketrampilan anak, guru perlu menyesuaikan dengan karakteristik anak TK yang selalu bergerak, susah untuk diam, mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, mampu mengekspresikan diri secara kreatif, mempunyai imajinasi dan senang bicara. Â Berdasarkan karakteristik anak TK tersebut maka penulis melakukan observasi/pengamatan di TK Aisyiyah Ngadirejo pada tanggal 3 Januari 2023.Â