Desa Sigentong, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes (19/01/2023) -- Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro 2023 kenalkan social media marketing kepada pelaku UMKM Â di Desa Sigentong.
Menurut survei yang dilakukan, pelaku UMKM masih menggunakan media pemasaran tradisional dalam melakukan pemasaran produk di tengah era digitalisasi saat ini.
Ibu Niti sebagai pelaku UMKM menuturkan bahwa pemasaran produknya dilakukan dari mulut ke mulut dan pemasangan plang di lokasi UMKM. Melihat situasi tersebut, Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro, Farida Novianti melakukan pemberdayaan UMKM melalui pengenalan social media marketing bagi pelaku UMKM.
Kegiatan ini dilaksanakan di rumah Ibu Niti selaku pelaku UMKM Amin Jaya. Kegiatan ini dilakukan dengan mengenalkan social media marketing kepada pelaku UMKM menggunakan media power point. Edukasi pengenalan social media marketing tersebut juga diikuti dengan penyerahan buku panduan penggunaan WhatsApp sebagai media pemasaran produk. Mahasiswa juga menunjukkan kepada pelaku UMKM langkah-langkah memasarkan produk menggunakan fitur status WhastApp. Adanya buku ini diharapkan dapat memudahkan pelaku UMKM dalam menggunakan WhatsApp sebagai media pemasaran produk.
Program ini mendapat respon positif dari pelaku UMKM atas pemaparan yang telah disampaikan. Dengan adanya pemberdayaan UMKM melalui pengenalan social media marketing ini diharapkan pelaku UMKM dapat menambah wawasan dan memanfaatkan social media untuk melakukan pemasaran produk dengan lebih mudah.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H