Mohon tunggu...
Farida Fasya
Farida Fasya Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Apapun yang menjadi takdirmu tidak akan melewatkanmu

Selanjutnya

Tutup

Book

Sejarah Lahir Pancasila, Nilai-nilai Luhur Pancasila, Nilai Pancasila Kompatibel dengan Ajaran Islam

23 Mei 2023   08:30 Diperbarui: 31 Mei 2023   06:06 296
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Book. Sumber ilustrasi: Freepik


 1. sejarah Lahirnya pancasila
sejarah pengerakan indonesia
Sebelum berdirinya negara Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, wujud pemerintahanya ialah kerajaan besar dan kecil yang berada banyak di Nusantara. Sejarah Indonesia menyatakan bahwa terdapat dua kerajaan besar yang memiliki pengaruh signifikan di wilayah Nusantara. Kerajaan yang megah dan jaya pada masa lalu, yaitu kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Kerajaan Sriwijaya adalah beberapa kerajaan maritim yang berdiri sekitar abad ke-7 sampai abad ke-13 Masehi. Kerajaan ini berpusat di Pulau Sumatera dan menguasai sebagian besar wilayah Sumatera, Semenanjung Malaya, Kepulauan Riau, dan bagian barat Jawa. Sriwijaya dikenal sebagai pusat perdagangan dan kekuatan maritim di wilayah Asia Tenggara pada masanya. Kerajaan ini menjalin hubungan dagang dengan berbagai negara seperti India, Tiongkok, & Arab. Sriwijaya juga memainkan peran penting dalam penyebaran agama Budha di wilayah ini. Kerajaan ini memiliki pasukan tangguh dan dikatakan gesit saat peperangan, sehingga sudah sepantasnya memiliki kekuatan dan kekuasaan yang besar. Pada awal abad ke15, muncul beberapa kerajaan Islam di Sumatera bagian utara yang berarti berakhirnya beberapa kerajaan Hindu dan Budha di Sumatera. Kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindu-Buddha yang berdiri pada abad ked-13 sampai abad ke-15 M. Kerajaan ini berpusat di Jawa Timor dan meluas ke sebagian besar wilayah Indonesia modern, termasuk Jawa, Bali, Sumatera bagian selatan, Kalimantan, dan sebagian kecil Sulawesi. Majapahit ialah beberapa kerajaan terbesar dalam sejarah Indonesia dan mencapai puncak kejayaanya di bawah pimpinan raja terkenal, Hayam Wuruk. Majapahit dikenal karena sistem pemerintahanya yang kuat, seni dan kebudayaannya yang berkembang pesat, serta pengaruhnya dalam mengendalikan jalur perdagangan di wilayah Asia Tenggara. Pada masa pemeritahan Rraja Hayamm Uruk (1350-1389M) dari Kerajaan Majapahit, melalui persahabatan dan aliansi politik, pengaruh Majapahit berhasil meluas ke wilayah Asia Tenggara sekitarnya. Salah satu orang penting yang terlibat dalam pemekaran ini adalah Gajah Mada. Dalam Sumpah Palapa yang terkenal, Gajah Mada bersumpah tak akan menikmati palapa (rempah-rempah di nusantara) sampai ia berhasil mempersatukan nusantara di bawah kekuasaan Majapahit. Meskipun sumpah tersebut mungkin lebih melegenda daripada fakta sejarah yang ada, sumpah tersebut mencerminkan ambisi Gajah Mada untuk menguasai wilayah tetangga di Asia Tenggara. Ekspedisi Gajah Mada dan Majapahit berhasil menjalin hubungan persahabatan dan aliansi politik dengan berbagai kerajaan dan negara tetangga. Beberapa daerah yang berhasil diperluas di bawah pengaruh Majapahit melalui persahabatan antara lain Sunda (di Jawa Barat), Bali, dan kerajaan Sumatera, Kalimantan, dan Malaya (sekarang Malaysia). Pada masa pemerintahan Hayam Wuruk, Majapahit mencapai puncaknya sebagai kerajaan maritim yang kuat di Asia Tenggara.
Sepeninggal Hayam Wuruk pada tahun 1389, Gadjah Mada mulai kehilangan dukungan politik. Konflik internal kerajaan dan ketakutan akan terlalu banyak kekuasaan menariknya ke dalam persekongkolan politik. Akhirnya, Gadjah Mada ditangkap dan diasingkan ke Bali, di mana ia meninggal pada tahun 1364. Wafatnya Gadjah Mada bisa dilihat sebagai momen penting karena menandai berakhirnya masa keemasan Majapahit. Hilangnya sosok seperti Gajah Mada yang begitu besar pengaruhnya dalam menjaga stabilitas dan perluasan kerajaan dapat berimplikasi pada kekuatan dan kekompakan kerajaan Majapahit. Setelah kematiannya, kerajaan menghadapi tantangan baru dan pengaruhnya mulai memudar seiring berjalannya waktu Meski begitu, patut dicatat bahwa kematian Gajah mada bukanlah satu-satunya faktor kemunduran Majapahit. Faktor lain, seperti konflik internal, menurunnya kualitas pemerintahan, serangan dari luar, serta perubahan kondisi politik dan sosial nusantara juga menjadi penyebab runtuhnya kesultanan. Ada banyak teori berbeda tentang kapan Majapahit runtuh, sumber Portugis dan Italia menawarkan perspektif berbeda tentang jatuhnya Majapahit. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Majapahit jatuh pada abad ke-15, sementara yang lain menyebutkan tahun 1478 sebagai tahun jatuhnya kerajaan. Namun, perlu dicatat bahwa sumber-sumber ini tidak selalu dapat diandalkan sepenuhnya dan dapat ditafsirkan secara berbeda. Sumber Portugis, seperti catatan perjalanan Tomé Pires yang ditulis pada akhir abad ke-15 dan awal abad ke-16, memberikan informasi tentang situasi politik di Nusantara saat itu. Pires mencontohkan, saat itu Majapahit sedang mengalami perpecahan internal dan konflik politik yang membuat kerajaan tidak stabil. Namun, dia tidak memberikan tanggal pasti runtuhnya Majapahi Sementara itu, sumber Italia, seperti catatan perjalanan yang ditulis oleh Niccolo de Conti pada abad ke-15, juga menyebutkan kekacauan politik di Jawa saat itu. Namun, seperti sumber Portugis, tidak ada tanggal pasti jatuhnya Majapahit. alam penelitian sejarah modern, para ahli sejarah masih memperdebatkan tanggal resmi jatuhnya Majapahit. Secara keseluruhan, kekaisaran terlihat menurun dari waktu ke waktu dan menghadapi berbagai tantangan dari dalam dan luar. Perpecahan internal, serangan eksternal seperti serbuan Islam pada abad ke-15, dan perubahan sosial politik di Nusantara, semuanya berkontribusi pada berakhirnya masa kejayaan Majapahit. Namun tahun 1518-1521 pengusaha majapahit berpindah ke Adipati  Unus dari Demak.maka dari itu kerajaan yang tadinya hindu berubah menjadi islam.
Pada abad ke-16, Belanda mulai memasuki Kepulauan Nusantara. Hal ini merupakan bagian dari upaya kolonialisasi dan ekspansi terkait hegemoni berubah. Belanda meletakkan pangkalan militernya pada tahun 1630-an untuk mendapatkan supremasi perdagangan dalam perdagangan maritim Indonesia. Pada pertengahan abad ke-17, VOC, yang merupakan perwakilan dagang Belanda di Indonesia, mendirikan kantor pusatnya diBatavia dan memulai dominasi perdagangan di wilayah Nusantara. Namun, Belanda tidak merasa puas dengan perjanjian damai yang ada. Mereka mulai membangun benteng-benteng dan pertahanan angkatan laut guna memperkuat kekuasaan mereka di wilayah tersebut. VOC melihat kebingungan besar dan kecil. dari penguasa kerajaan pulau, mereka mungkin menyabot rencana mereka. Dengan mencampuri urusan kerajaan, kebijakan militer VOC menjadi semakin agresif. Maka dimulailah dominasi Belanda di Nusantara. Kekuasaan Belanda sebenarnya dimulai di rempah-rempah yang berpusat di Indonesia Timur, yaitu di Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara hingga Jawa. Oleh karna itu, pemerintah kerajaan dinusantara harus berhadapan dengan Belanda. Sebelumnya, bila ada kompetisi antara dinasti kerajaan Belanda akan memihak salah satu pihak, bila berjaya, keuntungan ekonomi menguntungkan bagi Belanda atau politik. Dan pada akhirnya, VOC mengakhiri masa tanggal 31 Desember 1799, dan asetnya kemudian diambil alih oleh pemerintah Belanda.  Akibatnya, Belanda telah menguasai atau menjajah Nusantara dalam segala aspek kehidupan sejak abad ke-19. Kekuasaan ini terus pada tahun 1942 sampai jepang menaklukannya.
Menuju Kemerdekaan
Interaksi bersama negara-negara Eropa menghasilkan persepsi masyarakat, yaitu melalui pengenalan ide-ide membaharu seperti liberalisme, demokrasi, dan nasionalisme. Kognisi ini sudah ada, dimulai dieropa abad 18 lalu tersebar dindonesia awal abad ke20, kecuali liberalisme. tahun 1870, Belanda menerapkan pendekatan "liberalisasi" di Hindia Belanda, koloninya. prinsip-prinsip liberal yang menyebar di Belanda memiliki sangat berpengaruh, terlebih bidang ekonomi. Pendekatan tersebut dalam bidang ini menyerukan penerapan kebebasan usaha dan pembebasan kegiatan ekonomi dari campur tangan negara. di kalangan liberal dan Kelompok humanis, yakni ingin menghapuskan culturstelsel atau tanam paksa. Upaya VOC dan pemerintah Belanda telah memberikan manfaat besar baginya, namun tidak buat penduduk setempat. Karena dukungan kelompok libeeral dan kemanusiaan, sistem kolonial secara bertahap terhambat. tahun 1870an itu ditandai menjadi puncak akhir dari budaya, penerapan kebijakan Pertanahan mengendalikan bagaima pelaku bisnis swasta mendapat tanah untuk bisnis mereka, beserta kebijakan Gula yang mengendalikan Pengalihan Perusahaan Gula kepada sektor swasta. Liberal tak merespon kesejahteraan rakyat, maka dari itu ia mendapat banyak kritik. Kemakmuran Belanda, kata van der Vent diperoleh karena hasil karya dan pengabdian masyarakat Indonesia. Karna itulah belanda hutang ke rakyat hindia yang mana diharuskan dibayar setimpal Pengorganisasian Triias Irigasi, Migrasi (Reinkarnasi) sama Pendidikan. Terkait dengan pengajaran, semua yang dilakukan adalah penggajaran tingkat rendah, tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pegawai junior, mandor atau kuliah tapi gajinya lebih rendah dari pembantu Putih. Namun, beberapa sekolah menengah dan atas dibuka kembali bagi masyarakat awam, tidak mungkin membiayai sekolah karenya mahalnya biaya. Sekolah yang bukan karna untuk kemajuan pribumi tapi karna kepenting pemerintah. memahami keadaan pengetahuan masyarakat Siapa tidak kenal pendidikann (Barat), maka tidak heran bila wajar paham Eropa ada lalu terkenal, tersebar luas saat Era ke-20 pasca pendidikan hadir.
Sementara itu, Segera setelah Pearl Harbour diserang oleh Jepang pada tanggal 8 Desember 1941, maka Belanda (termasuk jajahannya Hindia Belanda) yang bersekutu dengan Amerika Serikat, menyatakan perang terhadap Jepang. Dalam peperangan ini ternyata Belanda tidak ada kemampuan sama sekali menghadapi "Balatentara Dai Nippon". kota demi kota jatuh ke tangan Jepang: Tarakan (11-1-1942), Manado (17-1-1942), Balikpapan (22-1-1942), Pontianak (1-2-1942), Palembang (14-1-1942) dan Bali (26-2-1942). Akhirnya pada tanggal 28 Februari 1942 tentara Jepang mendarat di Pulau Jawa pada tiga tempat; Banten, Indramayu dan Rembang. Pada tanggal 9-03-1942 Belanda menyerahkan pada pasukan Jepang dengan tidak bersyarat diKalijati, Bandung. Hindia-Belandaa sepenuhnya berada di bawah kekuasaan tentara Jepang dan sejak itu pula habislah riwayat   penjajahan Belanda atas tanah air kita yang hampir tiga setengah abad itu. Pendaratan tentara Jepang pada mulanya diterima oleh rakyat Indonesia dengan gembira dan dengan penuh harapan. Saat itu Indonesia sudah lama berada di bawah kekuasaan kolonial Belanda yang membawa beban berat bagi rakyat Indonesia. Rakyat Indonesia berharap dengan kedatangan pasukan Jepang, mereka akan terbebas dari penindasan dan penjajahan selama bertahun-tahun. Hal ini tentu ingin dihubungkan dengan kekayaan yang melimpah akan bahan mentah untuk keperluan industri Jepang dan sebagai wilayah penanaman modal dan pemasaran industri yang meyakinkan Jatuhnya Hindia Belanda dan tampilnya Jepang, bagi rakyat Indonesia merupakan kesempatan yang baik untuk meningkatkan perjuangan kemerdekaan begitu pula mengapai mendirikan negara Indonesia merdeka. Harapan itu ternyata tinggal harapan belakang Kegembiraan yang semula ada itu berubah menjadi kekecewaan. Janji-janji dan rayuan-rayuan Jepang itu begitu tentara Jepang berhasil menguasai tanah air kita dibalas dengan larangan-larangan menyanyikan lagu kebangsaan kita "Indonesia Raya" beserta larangan menampilkan bendera kami. Rakyat Indonesia merasa tertipu dan rasa penjajahan Belanda itu berubah menjadi rasa penindasan yang dilakukan oleh tentara pendudukan Jepang. Setelah jepang berhasil menduduki pulang jawa, madura dan pulau pulau yang lainnya, maka jepang memulai propagandanya. Dan Banyak hal yang dilakukan jepang seperti membentuk  organisasi-organisasi dan gerakan gerakan  bikinan jepang yang dipimpin oleh indonesia yang tidak atau kurang terkenal oleh rakyat itu ternyata tidak mendapat sambutan sebagaimana  diharapkan oleh jepang. Sehingga jepang mengganti stategi, dan ingin berhubung pemimpun indonesia agar mau kerjasama,  meskipun itu mengandung resiko bagi jepang sendiri. Akhirnya Ir. Soekarno. Dan yang lain mau melakukan kerja sama dengan Jepang dengan membuat sgerakan rakyat dikasih name POETERA, singkatan dari Pusat Tenaaga Rakyat (9-3-1943). Karna Peperangan kian hari kian meningkat. Jepang perlu memperkuat garis belakang dari daerah-daerah yang didudukinya. Pembentukan POETERA telah memberikan dorongan sedemikian rupa bagi pengembangan nasionalisme Indonesia, sehingga penguasa penguasa Jepang menjadi takut. Mereka menjadi was-was akan perkembangan selanjutnya dan jangan-jangan menuju kesuatu keadaan yang tidak mampu lagi mereka kendalikan serta bertentangan dengan tujuan perang Jepang Akhirnya gerakan POETERA dibubarkan, dan sebagai gantinya oleh Jepang didirikan "DJAWA HOOKOO KAP" atau "Himpunan Kebaktian Rakyat Jawa Dalam gerakan ini ada ditempatkan orang-orang Jepang untuk "membantu pimpinan nasional.
Jepang Ikrar melepaskan indoonesia dari yang menjajah Majulah bangsa Indonesia. Namun realitanya, ia  telah merampok martabat nasionalnya, dan kesusahan merajalela. Janjinya akan mulai dipenuhi dibawah dorongan yang semakin besar dari sekutu. Peperangan dalam tahun 1944 kian hari kian menghebat. Rupanya jalannya peperangan tidak menguntungkan bagi Jepang Kaum Sekutu milai melakukan serangan-serangan terhadap Kepulauan Marshall (25-2-1944) dan Karolina (17-2-1944). Pasukan sekutu dengan cepat pulih dari kekalahannya lalu merampas pulau yang mana Australia, Jepang, lalu meluncur di Irian Barat pada bulan April 1944. keadaan militer dan ekonomi Jepang makin memburuk, makin meningkatlah harga yang harus dibayar oleh Jepang bagi kerjasama dengan rakyat dan negeri-negeri yang didudukinya. Sadar akan Menyadari posisi yang terancam, tidak bisa dihindarkan, pemimpin Indonesia semakin  mendesak untuk segera merealisasi I ndonesia Merdeka, maka keinginan Jepang untuk tetap memasukkan Indonesia dalam lingkungan Asia Timor Raya, di bawah pimpinan Daii Nip pon (Jepang), tidak dapat dilaksanakan. Pemerintah Jepang kemudian mencoba untuk mendapatkan dukungan dari rakyat Indonesia ketika Perdana Menteri Kaiso saat itu menyampaikan pidato di Diet Jepang Pada tanggal 7 September 1944, termasuk fakta bahwa ia mengasihkan kemerdekaan Indonesia, yang terkenal dengan "Deklarasi Kaiso". berdasar prediksi Jepangg ini akaan memberikan bulan September 1945.
Lahirnya Pancasilla
Sebagai pemenuhan janji politik tersebut, pas pada Tentyoo Setssu atau hari ulang tahun pemimpin Jepang Tenno Heika atau Kaisar Hirohito  tanggal 29 april 1945, Jepang memberikan “hadiah ulang tahun” kepada rakyat Indonesia, yang merupakan janji kedua yang dibuat negara jepang “kemerdekaan no syarat”. Sebagai lanjut komit ini, lalu dibentuk BPUPKI dikenal dalam bahasa jepang Dokurittsu Zyyunbi Tiosakai.  hari itu pula bendera merah putih dinaikkan dengan bendera jepang (HINOMARU) tepat di depan Gedung Pejambon 1, sekarang  itu ia Gedung Pancasilaa.  Pada hari yang sama diumumkan ketua dan daftar anggota.
Ketua:Rajiman Wediodinigrat
wakil: Inchubangase
Ketuuamuda: R.P. Soerosoo
Badan Penyelidik Usaha-usaha jumlah anggota  60 tanpa ketua dan anggota yang lahir yang muncul dari jawa, beberapa keturunan Tionghoa, keturunan Arab, beberapa amggota dari Sumatera,Sulawesi, dan Malukuh, lalu sebagian dari Eropa,Cina.

Sidang-BPUPKI
Sejak badan Penyelidik Dibentuk, Berbagai persiapan Diadakan untuk Pelaksanaan sidang  ini. Gedung yang digunakan ialah gedung yang telah dibangun sejak zaman Belanda untuk sidang Volksraad (semacam Parlemen di zaman Belanda). Gedung ini dibangun dengan gaya Klasik Yunani Romawi dengan pilar-pilar gaya seni bangunan Yunani yang jumlahnya delapan buah di depan sebagai penopang bangunan, Pada bulan Mei 1973 gedung ini dipugar kembali oleh pemerintah dengan tidak mengubah keasliannya sebagai gedung bersejarah tempat lahirnya Pancasila. Pemugaran ini berjalan dua tahun lamanya dan kemudian diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 19 Agustus 1975 peringatan ultah ke 30 Republik Indonesia. Di sinilah dahulu berjalan sidang sidang Badan Penyelidik dan di tempat itu Bung Karno mengucapkan pidatonya.
Pada 1 juni 1945 pidato ini terkenal"Lahimya Pancasila".tak hanya itu, pada masa Jepang, gedung ini digunakan sebagai gedung Tyoo Sangi lin. Setelah gedung ini bersama perlengkapan sidang disiapkan, anggota-anggota Badan Penyelidik dipanggil untuk bersidang Padal 27 mei1945, hari Minggu jam 10.30 para anggota badan sudah hadir dan memakai baju yang rapi di Gunseikanby (dimana kantor Gunseikan ini sekarang sudah menjadi tempat PERTAMINA di Jln.Perwira No.2 Jakarta Pusat). Nah, Gunseikan datang, lalu acaranya dimulai. Gunseikan ini ialah Kepala  Pemerintahan Sipil di Jawa mendapat laporan kesiapan untuk menyelenggarakan sidang Badan Penyelidik ini. Untuk Laporan perrtama dilaksanakan oleh Ichibbangaase, Waakil Ketua Badan Penyelidik beserta anggota istimewa. Dilaporkannya jika seluruh anggota istimewa Badan Penyelidik ini sudah bersedia untuk kepentingan sidang Badan Penyelidik. paginya itu, tanggal 28-10-1945, jam 10.00, anggota yang ditunjuk ini atau (Penyelidik Badan) dan anggota pilihan bangsa Jepang ini sudah diperkirakan datang di gedung Tyoo Sanggi fin. Semuanya berkumpul mengadakan suatu upacara pengibaran Sang Saka Merahh-Putih dibarengin dengan bendera kebangsaan Jepang, Hinomaru (Matahari Terbit). Selanjutnya bendera kebangsaan Indoneisia, MerahPutih, dapat dinaikkan di tempat resmi di samping bendera Hinomaru. Upacara yang diadakannya biasa, namun sarat dengan hikmat dan menyentuh hati. kongress BPUPKI dilakukan bertahap dan penuh gairah menyelesaikan garis besar sejarah bangsa selama ini. nah, mengenai Perumusaan Pancasila mulanya dilaksanakan dirapat BPUPKI pertama diselenggarakan pada 29 mei hingga 1 Juni 1945. BPUPKI ini diangkat oleh Letnan Jenderal Kumayoshihara, Perwakilan Tentara Jepang ke-16 di Jakarta 28 mei 1945. Lalu pada 29 mei 1945, sidang pertama dimulai dan yang menjadi bahan pembicaraan adalah calon Yayasan Kebangsaan. Menurut catatan sejarah, konferensi ini menghadirkan 4 pembicara yaitu MuhYamin, Ir.Soekarno, KiBagus Hadikusumo, Mr.Soepomo. Berdasarkan sudut pandang masing-masing, keempat tokoh tersebut mengajukan saran atas dasar negara. Namun, ada beda persepsi diantara mereka itu tidak berkurang, Semangat persatuann untuk Indonesia merdeka.
Hari keempat sidang pertama BPUPKI, tanggal 1 juni 1945, Soekarno mendapat kesempatan untuk mengemukakan konsep mengenai landasan Indonesia merdeka. Pidato Ir.Soekarno begitu unik dan mendapat tepuk tangan dari anggota jemaat yang lain. Poinnya, Ir.Soekarno pertama menerangkan landasan Indonesia merdeka sesuai yang diminta oleh pemimpin BPUPKI dibahas dalam pertemuan tersebut, yang tidak secara eksplisit dibahas oleh para pembicara sebelumnya. Pendapat Ir. Soekarno, landasan Indonesia merdeka itu ialah landasan suatu negara yang akan didirikan disebut sebagai philosophische grondsag, yaitu fundamen, filsafat, jiwa, pikiran yang dalam yang di atasnya akan didirikan gedung Indonesia merdeka. Setiap pemerintah memiliki landasan masing-masing sedimikian rupa dan tak lupa pula hendaknya Indonesia.
Rumusan dasar negara itu ialah usaha seorang anggota Badan Penyelidik, Soekarno, untuk merumuskan jiwa bangsa Indonesia, dan yang dapat menyatukan seluruh bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas samai  pulau Rote. usulkan Rumusan landasan indonesian oleh Ir. Soekarno ialah menyembutkan 5 butir gagasan tentang dasar negara sebagai berikut:
a. Nasionalisme / Kebangsaan Indonesia
b. Internasionalisme / Peri Kemanusiaan
c. Mufakat / Demokrasi,
d. Kesejahteraan Sosial,
e. Ketuhanan yang berkebudayaan.
Nah, Rumusan landasan negara itu bernama Pancasila. Nama Pancasila itu pendapat BungKarno dalam pidatonya tanggal juni 1945, ia peroleh dari seorang temen ahli bahasa. Pada tahun 1966 ini, Bung Karno itu mengatakan jika kata “sila" berasal dari Muh Yamin, sedang kata "panca" berasal dari BungKarno sendiri. Indonesia melalui pengenalan agama Hindu, tetapi Bung Karno memperkenalkan kata tersebut ke dalam bangsa Indonesia sebagai nama dasar ekspresi negara yang diusulkannya. Nah, kalau dari anggota sidang ini ada yang keberatan dengan lima rumusan di atas itu, maka rumusan itu  dapat diringkas menjadi 3, yang disebutnya Trisila, yaituu
Sosio – nasionalisme
Sosio – demokrasi
Ketuhanan yang Mahaesa
Rumusan Trisila itu juga bisa diringkas dengan sebuah silla yang disebut Ir.Soekarno sebagai Ekasila, ialah gotong royong. Menurut Ir.Soekarnoo gotong royong ini merupakan warisan asli Indonesia yang memiliki nilai kebersamaan dan saling membantu. Nah setelahnya Ir.Soekarnoo berpidato maka ketika sidang pertama BPUPKI, mulai Berpikirlah cukup, karna banyak  gagasan dasar Indoneisia merdeka yang disampaikan. Tidak hanya proposal lisan (pidato), anggota diundang untuk memberikan saran tertulis. Lalu, bentuklah Panitia kecil beranggotakan 8 orang dalam merangkai beserta mengkategorikan banyak proposal.
Ir.Soekarno
Drs. Muhatta
Soetardjoo
KH. Wachid Hasyim
KiBagus Hadikoesoemo
Oto Iskandardinata
Muh. Yamin
M.aa Maramis
Lalu Sesudah komite kecil ini dibentuk untuk memeriksa dan mengklasifikasikan proposal yang masuk, boleh dikatakan, ada ketidaksepakatan di antara anggota Parlemen tentang hubungan antara agama dan negara. Nah Umat Islam secara berjamaah itu menginginkan negara yang berdasarkan hukum Islam. nah, sedangkan kaum nasionalis menginginkan negara yang tidak berdasarkan hukum agama tertentu. Untuk mengatasi ketidaksepakatan ini, dibentuklah sebuah dewan kecil beranggotakan sembilan orang (panitia Sembilan) itu tadi, yang diambil dari kelompok-kelompok nasionalis, yaaitu:
Ir. Soekarno (ketua)
Muhh Yamin
K.H Wachid Hasyim
muh. Hatta
Abdul Kahar Moezakir
Aa Maaramis
Soebarjo
Abi kusno Tjokrosujoso
Agus Saalim
Model kesepakatan yang dicapai oleh Panitia Sembilan pada tanggal 22 Juni 1945, tertuang dalam Pembukaan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia, yang alinea keempatnya menguraikan tentang dasar negara sebagai berikut:
Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syaraiat Islam bagi pemeluk-pemeluknya;
Ayat ini menegaskan jika Indonesia itu mengakui adanya Tuhan Yang MahaEsa dan memahami syariat Islam sebagai kewajiban pemeluknya. Hal ini menunjukkan bahwaa negara mengakui kebebasan beragama dann setiap orang bebas menjalankan agamanya.
Kemanusiaan yang adil dan berradab;
Paragraf ini menekaankan pentingnya memperlakukan semua orang secara adil dan manusiawi. Prinsip ini menekankan pada nilai-nilai universal yang harus dijunjung tinggi dalam kehidupan masyaarakat, seperti keadilan, kesetaraan, dan martabat manusia.
Persatuan Indonesia;
Hal ini memgaris bawahi solidaritas dalam masyarakat indonesia, ini menekankana perlu menjaga satu kesatuan, mnghargai perbedaan, semangat gotong royong mencapai tujuan yang sama.
Kerakyaatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam      permusyawaratan/perwakilan;
Paragraf ini menenkan prinsip demokrrasi dalam sistem pemerintahan. Kekuasan hanya milik rakyat dan dilaksankan secara bijaksana.
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indoneisia
Paragraf menyatakan perlakuan adil, kesempatan yang sama bagi setiap warga negara disemua bidang kehidupan.
Moh yamin berhasil mempopulerkan kesepakatan Piagam Jakarta di kalangan masyarakat Indonesia. Melalui pidato dan tulisannya, ia mampu menginspirasi dan menggalang dukungan publik terhadap kesepakatan tersebut dan menjadikan Piagam Jakarta sebagai tonggak penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Berkat upaya Yamin dan kontribusi para pemimpin dan pejuang lainnya, Piagam Jakarta berhasil diterima oleh rakyat Indonesia, memantapkan dasar neegara Republik Indonesia yang merdeka. Dokumen ini menjadi simbol penting perjuangan dan keberhasilan bangsa Indonesia untuk kemerdekaan dan berdirinya negara yang berdaulat. .
Sidang ke-2  BPUPKI
Pada rapat BPUPKI kedua tanggal 10 Juli 1945, presiden Soekarno diminta memaparkan perjanjian 22 Juni 1945 (Piagam Jakarta). Diskusikan sebab telah disepakati Fondasi negara dianggap lengkap. Kedua, materi konstitusi dan interpretasinya dibahas pasal demi pasal. Persiapan pembuatan pasal UUD telah diterima oleh Bpk. Soepomo.
Begitu juga dengan struktur pemerintahan negara termasuk dalam penafsiran UUD. Sesi kedua BPUPKI juga sukses total. Terbentuknya negara Indonesia pasca kemerdekaan. bentuk negara Republik yang disepakati dipilih oleh 55 dari 64 anggotanya Hadir di parlemen. Nah Wilayah yang Disepakati bekas Hindia Belanda ditambah Papua dan Timorr Portugis (39 suara).
Pembentukann PPKI
Pada saat yang sama, posisi Jepang terus mundur karena serangan balik Sekutu. Saat akhir Juli 1945, Komando Selatan Jepan gini menyelenggarakan pertemuan diSingapure. Pertemuan tersebut menyepakati bahwa Indonesia pasti merdeka pada tanggal 7 September 1945,  lalu 1 setelah deklarasi Koiso ini . Namun, perubahan cepat terjdi pada bulan Agustus, lalu pada tanggal 7 Agustus, Jenderal Tterauchi setuju untuk membentuk PPKI dengan tugas meneruskan pekerjaan BPUPKI lalu menyiapkan semua pemindahan kekuasaan yang diperlukan atas Jepang bagi bangsa Indonesia,
Anggota PPKI meliputi ir.soekarno, moh.hatta sebagai wakil, itu menjadi 21 orang. Secara simbolis itu, PPKI ini diangkat oleh atas undangan Jenderal Terauchi ini. lalu tanggal 9 Agust 1945, moh Hatta dan mantan ketua BPUPKI Rajjiman Wedyodingrat ini melakukan perjalanan ke Saigon. Dalam sambutannya, Terauchi menyampaikan bahwa sesuai dengan kerja PPKI, cepat atau lambat kemerdekaan akan tercapai. Dalam percakapan tersebut para pemimpin Indonesia pada 11 Agustus 1945, Siuchi menyatakan kalau kemerdekaan ini segera tercapai pada 24 Agustus 1945. Namun, sesudah bom-atom dijatuhkan diHiroshima dan Nagasaki, berpengaruh besar , mendorong perkembangan pesat di semua aspek.
Jadi sekembalinya dari saigoon dalam 14 Agustus 1945. Kemayoran Ir. Soekarno menyatakan jika sebelum bunga jagung mekar, Indonesia bakal merdeka, kemerdekaan bukanlah pemberian Jepang, tetapi perolehan perjuangan rakyat Indonesia sendiri.  karna itu Ir.Soekarno sendiri yang bertanggung jawab peningkatan 18 peserta lainnya, dimana  totalnya menjadi 21. Mengubah sifat Panitia Persiapan Independen menjadi badan persiapan Panitia Nasional. kecuali Jawa, dan ada 7 peserta tertentu di Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan Bali. Sejak saat itulah, keanggotaan PPKI bertambah menjadi 6 perwakilan kelompok Penting dalam penduduk Indonesia. 6 orang ini addalah 1) Wiranata kusuma, 2) Ki Hadjar Dewantara, 3) Bpk. Kasman Singo Dimecho, 4) Sajuti Malik, 5) Bpk. Iwa Kusuma Sumantri, 6) Achmad Soebardjo.
Lahirnnya Negara Indoneisia
Ketika waktu penerapan proklamasi sendiri, ternyata timbul konflik antara golongan tua dengan golongan muda mengenai kapan harus melaksanakan Proklamasi Kemerdeekaan Indoneisia. Nah Kaum muda lebih radikal ingin segera memproklamasikan kemerdekaan. Yang tergabung dalam golongan muda adalah : Soekarrni, Adam Malik, Kusnaini, Sultan Syahrir, Sayuti Malik, Soedarsonoh, Soepomoo dan lain-lain. Tokoh pertama yang ingin sukarno-hatta memproklamasikan kemerdekaan indoneisia itu ialah Sutan Syahrir tanpa menanti komitm Jepang, ia mendengar siaran kalahnya Jepang. Ketidaksepakatan itulah akhirnya berujung pada penangkapan soekarno-Hatta dibawa ke Rengasdengklok dengan beberapa pemuda supaya tak terhasut oleh sijepang. dengan tekanan para pemuda dan massa, Sukarno-hatta akhirnya setuju untuk mengesahkan kemerdekaan Indonesia yang jatuh taggal 17 Agustus 1945 berdasar sebutan bangsa Indonesia.
Sidang Per tama PPKI tanggal 18 Agustus 1945
Awal rapat PPKI diadakan sesudah Proklamasi Kemerdekaan dan diketuai dengan Ir.Soekarno dan mohhatta lalu  beserta 25- peserta hadir. rencana sidang pengesahan konstitusi. Ir.Soekarnno selaku pemimpin mengarapkan anggota rapat untuk menjalani garis besar yang sudah disusun rapat ke-2 BPUPKI-. sebab kerja cepat Parlemen, perubahan kecil ditunda agar Konstitusi, Presiden dan Wakil Presiden dapat digunakan untuk hari itu. Presiden. Beberapa perubahan sudah dilaksanakan dengan perolehan diskusi bersama berberapa anggota dan tak lupa Ir.Soekarno mengundang Moh Hatta ditunjuk sebagai wakil ketua untuk menerangkan perubahan internal Pembukaan UUD dan pasalnya. Drs. Moh Hatta membacakan draf pembukaan (draf subkomite) bersama amandemen amanat awal dan beberapa amandemen draf konstitusi. Setelah itu Ir. Sukarno membacakan teks Pembukaan U UD yang disepakati bersama saat Pembukaan dan Pasal-pasal UUD disahkan sebagai UUD Negara Republik Indonesia. Sesudah nya, uji coba awal berakhir dan diteruskan dengan pertandingan kedua di pukul 12.34 WIB. Nah untuk sesi kedua, Ir.Soekarnoo meminta Soepomo menerangkan secara umum,  rencana Undang undang ini. Soe-pomo menafsirkan gagasan pokok UUD..


2. Nilai-nilai Luhur Pancasila
Kita semua disini pasti tidak asing dengan indonesia kan, indonesia adalah negara yang awalnya terjajah tapi  sudah  merdeka pada 17 agustus 45. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang lahir dan berkembang dalam keragaman dan perbedaan, dipersatukan oleh perjuangan yang panjang dan berat, dengan mengedepankan nilai-nilai luhur bangsa, keinginan untuk hidup bersama dalam negara dan bangsa yang merdeka dan berdaulat, dan bertekad Menjadi Pancasila sebagai dasar negara dan sumber segala sumber hukum bagi negara Indonesia. Sebagai dasar negara, Pancasila bisa dibilang ideologi, pandangan hidup, dan falsafah hidup yang harus menjadi pedoman bagi kehidupan bangsa Indonesia dalam proses penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan Indonesia. .Nilai luhur tersebut berasal dari Sulingan budaya, ada nilai dasar yang diakui secara universal, sehingga tidak bersifat abadi yang artinya tidak akan pernah berubah selama negara Indonesia masih ada.
Pancasila  ialah landasan negara Indonesia dan memiliki 5 prinsip atau asas. Berikut uraian tentang nilai-nilai luhur Pancasila:
Ketuhanan Yang MahaEsa:
Sila ini merupakan nilai luhur pertama yang ada diPancasila,  mengajarkan jika bangsa Indonesia itu harus mempunyai rasa percaya kepada allah Yang MahaEsa, Nilai yang mana menekankan pentingnya rasa iman dan taqwa kepada allah, atas hidup yang bermasyarakat. Pancasila mengakui sekaligus menghormati berbagai ajaran dan percayaan yang ada di negara ini.
Nah bagian ini  mencerminkan kebhinnekaan bangsa Indonesia melalui kehidupan beragama yang berlandaskan moralitas yang kuat dalam kehidupan ketatanegaraannya, yang menjadi bukti jika bangsa Indonesia telah lama dianggap bangsa yang beragama, maka dalam bernegara bangsa Indonesia mempunyai pedoman kehidupan yg berketuhanan.
Kemanusiaan yang adil dan beradab
Nilai luhur kedua dalam Pancasila, mengajarkan jika seluruh manusia harus dihormati dan diakui hak-haknya sebagai manusia yang merdeka. Nilai ini menekankn pentingnya menghargai keberagaman dan memelihara hak asasi manusia. perintah kedua adalah wujud rasa sadar dari bangsa lndonesia, selalu menghargai banyak nilai kemanusiaan dan kesamaratan sebagai mana mestinya.
Persatuan Indonesia
nilai luhur ketiga pada Pancasila, mengajarkan kepentingan menjaga kesatuan dan persatuan bangsa Indoneisia. Nilai ini menekankan pentingnya mempererat tali persaudaraan antarwarga negara, serta menghormati keberagaman budaya dan adat istiadat daerah, memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang berdiri dari berbagai ras, agama, suku dan budaya. Sila ketiga mengambarkan ada rasa sadar dalam pluralisme beserta keberagaman bangsa lndonesia, yang keberadaannya dipertahankan, dirawat dalam 1 wadah, sehingga perbedaan itu akan mendukung.
Kerakyatan yang dipimpiin oleeh hikmatt kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
Nilai luhur keempat Pancasila, mengajarkan kepentingan menjunjung tinggi kehendak rakyat dan menerapkan prinsip demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan. Nilai ini menekankan pentingnya memelihara kebebasan dan kedaulatan rakyat, serta menghormati peran lembaga perwakilan rakyat, sistem pemerintahan yang demokratis dimana kebijakan dihormati melalui musyawarah dan mufakat. Sila keempat ialah rasa kesadaran bangsa lndonesaia untuk selalu mengedepankan Berkolaborasi satu sama lain untuk menegosiasikan keputusan sehingga keragaman tetap ada dalam suatu organisasi satu kesatuan.
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia:
Terakhir ialah nilai luhur kelima Pancasila, mengajarkan kepentingan memperjuangkan kesetaraan dan adil dalam berhubungan untuk seluruh rakyat. Nilai ini menekankan pentingnya memperjuangkan kesejahteraan rakyat, serta memelihara hak dan kewajiban sosial bagi seluruh warga, menjaga keseimbangan sosial dan ekonomi serta mengatasi ketimpangan sosial dan diskriminasi dalam masyarakat Indonesia. Jadi sila itu  seperti harapan bangsa lndonesia untuk terus mengedepankan prinsipnya untuk mewujudkan suatu masyarakat yang berkehidupan adil dan makmur. Lima nilai luhur Pancaasila saling terkait dan saling menguatkan, serta merupakan landasan masyarakat sejauh ini.


3. Nilai Pancasila Kompatibel dengan Ajaran Islam
Pancasila sangat erat hubungannya dengan  islam. Pancasila memiliki nilai etis dan normalitas atas kehidupan berbangsa dan bernegara. Begitu pun islam yang mengajarkan beserta mengedepankan moralitas dalam kehidupan. Pertemuan Pancasila 1 Jun dengan hukum islam dalam rangka membantah tudingan terhadap hukum dan kebangsaan. Indonesia didirikan atas landasan Pancasila, yang beragama asas kebangsaan, nah artinya itu didasarkan pada persamaan bangsa Indonesia bukan pada persamaan agama, suku, atau budaya. Nilai hukum islam secara implisit dan eksplisit terkandung dalam setiap perintah pancasila.
Sila Pertama: Ketuhanan Yang mahaEsa,
Ramai yang menginginkan ajaran sebagian besar muslim sebagai landasan pemerintah, namun masalah ini ditentang bagi kemunitas lain yang meyakini minoritas agama lain juga memiliki hak. Penting guna menyadari bahwa ada minoritas dalam kewarganegaraan sehingga diskriminasi tidak kejadian. Perintah pertamaa ini ditetapkan sebagai alternatif untuk menegakkan Islam. Perintah utama menjamin hak bagi pemeluk agama lain selama agama tersebut itu diakui oleh negara. Pendirian Indonesia merdeka tidak didasarkan pada persamaan agama, tapi pada Ketuhanan Yang MahaEsa dimana ia memberikan kemerdekaan bangsa Indonesia. Perintah awal ini dianggap sebagai cerminan ajaran Islam, dalam hal langsung maupun tidak. Allah didalam Islam itu unik dan tidak ada yang bisa menyaingi atau bekerja sama dengannya.  Ketuhanan Yang MahaEsa berisi makna maka walaupun Indonesia bukan negara yang religius, namun agama ialah norma luhur yang ditegakkan dalam mengelola negara. Penghuni yang memiliki keragamaan yang bermacam jelas mimiliki ajaram yang, dan selama mengikuti ajaran agama tersebut maka pengikutnya akan selalu dalam kebaikan dan kebenaran. Indonesia bukan negari keduniaan dimana yang pemerintahnya tak menyetujui agama, juga bukaan negara religius memayoritas agamanya adalah agama negara. Sebaliknya, sebagai negara yang berketuhanan Yang Maha Esa, agama diakui sebagai ruh yang mengatur negara. Kesesuaian sila awal Pancasila dengan syariat Islam  dalam kita liat di al-Qur’an yang menuntun umat untuk selalu  mengesakan Tuhan, seperti dalam Surat al-Baqarah, ayat 163. Konsep ini jelas memperlihatkan jika landasan kehidupan bernegara rakyat Indonesia adalah ketuhanan. Nah di dalam Islam, konsep inituh sering disebut hablum minnaAllah yang bisa dikatakan hakikat tauhid berupa hubungan manusiaa dengan Allah Swt.
Sila Kedua: Kemanusiaan Yang Adil dan beradab
Sila kedua Pancasila mengatakan kalau bangsa Indonesia itu menghormati dan menghargai hak yang ada pada diri manusia tanpa kecuali. Nah jadi Jika relasi manusianya sama Tuhan tercermin dalam sila pertama, maka jelas pertalian manusia dengan manusianya juga tercermin dalam sila yang kedua. teori Hablum min an-nass (hubungan antar manusia) terwujud dalam sikap menghormati sesama manusia sebagai ciptaan Tuhan yang beradab. Tak ada perbedaan hak dan kewajiban terhadap sesama ciptaan allah,  jadi bisa dikatakan kalau diskriminasi tidak boleh sesama. Prinsip kemanusian itu jelas bertindak adil dalam berbagai hal dimana sudah tertera disila kedua Pancasila. Prinsip ini pula dapat kita lihat di ayat al-qur’ann surat alma’idah, ayat 8.
Sila Ketiga: Persatuan Indonesia
Bunyi sila ketiga Pancasila yang mengambarkan pada dunia jika persatuan ialah pondasi terbentuknya negara indonesia. Dalam arti luas bahwa semua penduduk indonesia terikat oleh entitas geografis sebagai negara indonesia sendiri. Konsep prsatuan kerangka ajaran islam meliputi ukhuwah islamiyah (persatuan sasama muslim). Jadi dua konsep ini bekerja sama untuk menciptakan masyarakata yg rukun, yang jauh dari ketidaksepakatan dan konflik yang akan timbul karena bedanya agama, suku, ataupun ras sekalipun. Islam selau mengajarkan kepentingsn persatuan dimana dalam diliat dalam al quran ali imron, ayat 103 lalu al-hujurat ayat 10.
Sila Keempat : Kerakyatan yang dipimpin Oleh hikmat kebijaksaan dalam Permusyawaratan perwakilan
Sila keempat Pancasila menegaskan akan kepentingan menjalani hidup atas dasar musyawarah, sesuai nilai luhurr ajaran Islam. Cara cerdas dalam menyelesaikan problem ialah bermusyawarah. Diskusi adalah solusi terdepan, semua pihak berdiri pada level yang sama tidak ada 1 pun perbedaan. Hasil negoisasi ialah pesetujuan barsama dimana seharusnya dilaksanakan dengan itikad baik. Konsep Islam tentang musyawarah dalam pemecahan masalah dikenal dengan istilah syyuura (musyawarah). Konseep ini tercermin dalam beberapaa surat Al-Qur'ann, salah satunya adalah dalam surat Ali Imran, Ayat 159.
Sila Kelima: Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Sila pancasila pada nilai Islam sebagai sila kelima yang mengandung arti keadilan penyelenggaraan negara. Karena perbedaan agama, ras, dll, keadilan dinikmati oleh semua. Berbagai keadilan untuk diri sendiri atau bahkan orang lain, ajaran islam mengandung berbagai konsep keadilan ini Sebagai agama rahmatan lil alamin, tujuani Islam islam mengedepankan keadilan di semua lapisan masyarakat. Oleh karena itulah, agar tatanan islam sendiri terwujud dengan baik dan benar sebenarnya Islam sendiri mewajibkan umat Islam selalu bertindak adil dalam segala hal  dan menghindari konflik dan permusuhann. Perintah kelima ialah cerminan dari konsep keadilan dalam Islam itu sendiri. Dimana Keadilan dalam ajaran Islam dapat dilihat dalam Al-Qur'an an-nahl ayat 90;
Nilai Dasar pancasila sebagai ideologi negara tidak bertentangan dengan ajaran Islam. sebagai agama rahma tan lil 'alamin (rahmat dunia), Islam sangat relevan dan ini dapat digunakan secara fleksibel dalam semua aspek kehidupan. Islam mengatur segalanya pengikut segala sesuatu, termasuk kehidupan pribadi dan sosial. Kedalaman nilai filosofis pancasila adalah Nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran Islam harus memperkuat posisi kita Indonesia sebagai negara yang religius. agama beradab dengan menghormati semua pemeluk agama yang ada seperti Bung Karno mencita-citakan itu. Oleh karna itu, kita sebagai warga negara Indonesia dan kelompok agama selalu menerapkan, Jaga dan terapkan nilai-nilai Panca sila dlm kehidupann Anda bangsa, negara, masya rakat dan agama.

PENUTUP

Kesimpulan
Pancasila ialah landasan yang menjadi pegangan seluruh rakyat indonesia. Prinsip ini memiliki 5 dasar. Sejarah indonesia lahirnya dimulai sejak Indonesia merdeka dari penjajahan Belanda tahun 1945. Pancasila ini pertama kali diumumkan presiden pertama indonesia ialah soekarnoo, dimana waktu itu banyak sekali yang mengusulkan gagasannya, banyak juga perdapat dan masukan mengenai rumusan dasar bahkan kapan kemerdekaan indonesia diselenggarakan, tapi hasil ini merupakan hasil dari sidang bpuki pada sidang kedua, melalui proses yang panjang akhirnya indonesia mengumukan kemerdekaan tepat pada tanggal 17 Agustus 1945,  tak lupa PPKI  merubah satu prinsip dasar lagi sehingga Pancasila menjadi lima prinsip dasar. Kelima prinsip dasar itu ialahh:
Ketuhanann Yang MahaEsa
Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Persatuan Indoneisia
Kerakyatann yang Dipimpin olehh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Lahirnya Pancasila menjadi dasar negara Indonesia sangatlah penting karena Pancasila ialah pegangan dalam hidupan berbangsa dan bernegara Indonesia. Pancasila mengandung nilai luhur yang  bisa dibilang mampu menyatukan sleuruh rakyat yang ada diindonesia meskipun berbeda dari berrbagai pelosok, berbeda suku, agama, bahkan budaya. Pancasila seperti mempunyai jaminan untuk kehidupan masyarakat Indonesia yang damai, sejahtera, dan berkeadilan.
kelima nilai luhur Pancasila tersebut, dapat bermakna Pancasila adalah sebuah cara hidup yang menghargai keberagaman, mengutamakan keinginan atau pendapat secara bersama daripada individu, memperjuangkan keadilan dan demokrasi, serta menjaga kesejahteraan sosial. Pancasila menjadi dasar yang sangat pnting  untuk bangsa Indoneisia untuk menyusun keutuhan dan membangun menjadi negara adil dan sejahtera.

DAFTAR PUSTAKA
Akhmad, A. (2015). Pancasila Sebagai Dasar Negara. Jakarta. Jurnal Pemikiran Dan Peradaban.
Amurwani Dwi, Sardiman. (2014). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta
Buudi Juliardi. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta. PT Raja Grafindo
Dr. H. Roeslan Abdulgani. (2012) Pengembangan Pancasila Diindonesia. Jakarta. Idayu Press.
Lubis, Yusnawann, Sodeli.(2018). Pendidikan dan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Depok. Balitbang. Kemendikbud.
Vickey, Andrian. (2011). Sejarah Indonesia Modern. Yogyakarta. Insan Madani.
Widya, Graha. (2014). Nilai-Nilai Luhur Pancasila dalam Negara Kesatuan Republik Indoneisia. Surabaya. Prosiding Lokakarya Empat Pilar kehidupan Berbangsa dan bernegara.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun