Mohon tunggu...
Farid Abdullah
Farid Abdullah Mohon Tunggu... -

Freelance Journalist

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bebas, Didahulukan, Diinformasikan, Persetujuan, Fad Baru atau Feodalisme?

31 Oktober 2013   11:57 Diperbarui: 24 Juni 2015   05:47 258
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Enam tahun yang lalu , pada tanggal 13 September 2007, PBB melalui sidang Majelis Umum melewati Deklarasi PBB tentang Hak-Hak Masyarakat Adat ( UNDRIP ) . Sebelumnya , pada tahun 1998 , Masyarakat Adat Hak Act ( IPRA ) , muncul dan menyatakan Bebas, Didahulukan dan Diinformasikan ( FPIC ) sebagai solusi untuk pelanggaran lingkungan yang dialami oleh masyarakat adat di Filipina . Berbeda dengan penduduk urban di kota besar , kita harus mengakui bahwa masyarakat adat yang "berbeda" karena mereka memiliki struktur mereka sendiri , hukum, tradisi , dan budaya . Mereka juga memiliki cara geografis khusus karena mereka tinggal di daerah dengan sumber daya alam . Kedua hal ini menarik banyak pihak untuk mengambil keuntungan dari masyarakat adat . Di antara pihak-pihak ini adalah pemerintah negara, yang (tentu saja ) ingin melaksanakan pembangunan demi rakyat mereka , perusahaan swasta , dan kelompok masyarakat sipil .

Pada pandangan pertama , kata-kata " mengambil keuntungan " dan " membuat keuntungan " memiliki konotasi negatif . Tapi mereka juga mungkin memiliki dampak positif . Pemerintah memiliki kewajiban untuk kesejahteraan rakyat melalui pembangunan nasional . Misalnya mendirikan sekolah , akses ke pelayanan kesehatan , transportasi , jembatan , akses jalan beraspal , dan air bersih atau sistem irigasi . Jika dibutuhkan lahan adat untuk menyelesaikan proyek-proyek untuk lebih baik maka mengapa tidak ? Tanpa kehilangan identitas kesukuan mereka , masyarakat adat juga merupakan bagian dari masyarakat dunia yang harus mengembangkan dan beradaptasi dengan perubahan . Hal yang sama berlaku untuk kegiatan usaha seperti di sektor korporasi dan swasta . Proyek-proyek mereka memiliki potensi ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan. Ini semua demi perbaikan masyarakat adat . Tetapi untuk mencapai kesejahteraan mereka , harus ada harga yang harus dibayar . Setiap pembangunan memiliki risiko , apakah itu sosial, ekonomi , atau lingkungan . Paling sering itu mempengaruhi masyarakat adat . Itu sebabnya FPIC disarankan untuk dilaksanakan . Pikiran yang ideal , FPIC adalah jalan tengah untuk " win-win solution " antara hukum adat dan kepentingan luar mereka.

Sayangnya , kenyataannya adalah sebaliknya . Bahkan setelah konsep FPIC itu menyatakan, konflik tak terhitung terjadi di seluruh dunia sebagai akibat dari pembangunan di lahan masyarakat. Serangkaian FPIC " konsultan komunitas " bermunculan melompat pada bisnis yang menguntungkan penggalian uang dari perusahaan untuk 'membantu ' masyarakat . Di Amerika Selatan , banyak dipuji oleh LSM contoh penerapan FPIC belum memecahkan salah satu konflik komunal tapi naik ke klaim dari sistem feodal baru dibuat oleh-melewati hukum nasional . Pelanggaran hak mengejutkan beberapa orang FPIC dan adat dibiayai oleh lembaga-lembaga internasional seperti Bank Dunia dan Bank Pembangunan Asia ( ADB ) . Contoh kasus tersebut meliputi :

Pembangunan bendungan di Laos untuk pengembangan energi listrik tenaga air ( 12 sedang dibangun, 25 telah memasuki perencanaan akhir ) . Bendungan-bendungan tidak hanya menyebabkan kerusakan pada keanekaragaman hayati dan meningkatnya emisi karbon di Laos , beberapa juga berdiri di atas tanah yang sebelumnya milik ribuan masyarakat adat . Tanah yang diberikan kepada masyarakat adat sebagai pengganti sub-standar apa yang mereka miliki sebelumnya dan kondisi kehidupan mereka sekarang lebih rendah .

Pembangunan Batang Ai Hydropower di Sarawak , Malaysia . Meskipun proyek ini telah berjalan sejak tahun 1980 , pada tahun 2009 masyarakat adat di Batang Ai masih tidak memiliki akses ke transportasi umum dan mereka menerima rendahnya kualitas pelayanan publik . Menurut penelitian, relokasi sekitar 2.800 warga Batang Ai sebagai hasil dari proyek ini tidak berakhir dengan sukses karena lahan pertanian yang disiapkan di daerah pemukiman gagal untuk menghasilkan panen . Pendapatan masyarakat adat secara drastis menurun dan 60 % dari kepala keluarga yang hidup di bawah garis kemiskinan. Namun demikian, ADB mengatakan pemukiman adalah program peka budaya dan ekonomis karena kebijakan dan rencana hati-hati diteliti dan dipersiapkan .

Kedua kasus hanya merupakan contoh kecil dari upaya gagal FPIC untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat adat . Ada banyak kasus lain, bahkan melibatkan kekerasan dan kekuatan militer seperti yang terjadi di Filipina . FPIC adalah formalitas belaka di atas kertas dan tidak menjamin partisipasi masyarakat adat dalam menentukan properti mereka . Bagaimana kita berharap partisipasi aktif mereka pada proyek-proyek multi-juta dolar dengan konsep hukum dipertanyakan mempromosikan standar komunal berbeda? Bahkan dalam acara-acara kecil seperti seminar tentang pentingnya FPIC yang diselenggarakan oleh Oxfam America pada bulan September 2012 di Washington DC , tidak ada perwakilan masyarakat adat diundang untuk mengekspresikan pendapat mereka . Bagaimana bisa mungkin? Bagaimana mungkin sebuah LSM terkenal idealis , terkenal karena membela keadilan dan kesejahteraan seperti Oxfam , melupakan unsur yang paling penting dalam seminar FPIC ? Jika sosialisasi FPIC bahkan tidak bisa menyentuh subjek tujuan sendiri , maka tidak heran orang-orang pribumi menjadi lebih dan lebih jauh dari advokasi yang bisa menyuarakan aspirasi mereka . Tidak heran akhirnya mereka menjadi semakin terasing dari pembangunan dan terus menjadi korban industrialisasi .

Sebagai Kepala suku Yawanawa di Brasil mengatakan dalam surat terbuka kepada beberapa LSM , " Kami lelah antropolog , lingkungan , organisasi gereja - terkait, dan spesialis lain berbicara untuk kami dan menggunakan kami untuk kepentingan pribadi mereka . Harap hormati penentuan diri kita untuk membuat keputusan sendiri . " Persetujuan Bebas, Didahulukan dan Diinformasikan sebagai contoh kepala Brasil menunjukkan juga berlaku untuk LSM . Dan meskipun pembuat kebijakan di Indonesia yang bertekanan dengan memimpin kelompok advokasi luar negeri seperti Inggris berbasis hutan Peoples Programme dan Skala depan lokal Sampai mengadopsi jenis FPIC konsep feodalistik memerlukan pemeriksaan yang sangat penting sebelum membuat keterasingan komunal baru

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun