Pembelajaran adalah sebuah proses dengan metode tertentu sehingga setiap orang memperoleh pengetahuan, dan bertingkah laku sesuai kebutuhan. Pembelajaran tidak harus di dapat di sekolah namun dimana pun dan peristiwa apa saja yang terjadi di sekitar bisa di artikan sebagai pembelajaran.
Social adalah hubungan social dalam kehidupan sehari-hari yang dapat saling membantu dan hubungan antar seseorang individu dengan individu lain.
Pembelajaran social emosional adalah usaha mengembangkan rasa percaya diri rasa kepuaan paa anak bahwa dia sudah di terima oleh kelompoknya. Proses pada metode tertentu untuk mengarah dengan luapan perasaan pada hubungan seseorang individu dengan ndividu lain.
Sasaran pembelajaran SEL (Sosial-Emosional Learning) di TK
- Hal yang penting untuk di perhatikan terhadap anak
- Diterima apa adanya
- Diberi kepercayaan pada dirinya untuk diperlakukan untuk sesuai harapan
- Diberikan rasa cinta, raa aman, kasih sayang kepuasan sendiri. Â Cara untuk membantu proses pembelajaran SEL (Sosial-Emosional Learning)
- Kemampuan untuk memahami perasaan orang lain
- Kemampuan anak untuk mengoah dan mengekspresikan secara tepat
- Kemampuan untuk memotivasi diri. Sasaran pengembangan sosial di TK
- Menjalin persahabatan
- Keterampilan memiliki rasa humor
- Berperan serta dalam kelompok
- Keterampilan berkomunikasi. Â Alasan yang mendorong pentingnya SEL emakin banyaknya permasalahan disekitar anak SEL dikembangkan, karena anak berada pada masa emas perkembangan Sosial-Emosional sesuai tahap perkembangan. Terhadap asumsi masyarakat jika seorang individu memiliki kecerdasan intelektual tinggi, maka dia akan sukses, namun ini semua dapat dicapai kecerdasan emosional.