Mohon tunggu...
FARICA RAISA VANIA
FARICA RAISA VANIA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/UPN "Veteran" Jawa Timur

Halo semua.. Saya Farica Raisa Vania, Mahasiswa Teknik Industri semester 5 di UPN "Veteran" Jawa Timur. Saya sedang belajar dalam bidang jurnalistik melalui blog ini. Kritik dan saran yang membangun dibuka di kolom komentar.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Magang pada Bagian Quality Control (QC) Produksi Karung Plastik di PT Gunawan Fajar

20 November 2023   19:56 Diperbarui: 20 November 2023   20:08 243
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

PT. Gunawan Fajar merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi karung plastik, sling bag, dan jumbo bag, yang terletak di Nganjuk, Jawa Timur. PT. Gunawan Fajar sudah bersertifikat ISO 9001:2015 tentang manajemen mutu dan tersertifikasi HACCP tentang manajemen pasar. Bahan baku utama yang digunakan yaitu biji plastik atau sering disebut polypropylene dan bahan pewarna atau coloring masterbatch. Bahan baku akan diolah dengan mesin dan melewati beberapa tahap yang sesuai dengan standar perusahaan.

Salah satu mahasiswa magang asal UPN Veteran Jawa Timur, Program Studi Teknik Industri, ditempatkan pada bagian Quality Control atau biasa disebut dengan QC. Selama total 5 bulan melaksanakan program magang, mahasiswa mendapatkan tugas dari pembimbing lapangan sebagai menganalisa penyebab kecacatan produksi, mengendalikan mutu produk sesuai dengan standar perusahaan, menganalisis bahan-bahan yang datang demi menjaga kesesuaian antara bahan yang datang dengan standar yang telah ditentukan oleh perusahaan, serta inspektor lapangan yang bertugas menganalisis produk selama proses produksi secara berkala. 

Selama melaksanakan magang terdapat temuan lapangan yaitu produk cacat. Produk cacat dibedakan menjadi dua yaitu dari internal dan eksternal. Produk cacat internal berupa rajutan karung tidak rapi, benang mudah putus dan warna print tidak sesuai. Untuk meminimalkan produk cacat perusahaan telah menerapkan beberapa hal seperti pengecekan suhu oven secara berkala, membersihkan mesin label secara berkala dan lebih berhati-hati dalam pengoperasian forklift. Produk cacat eksternal berupa produk retur dari pelanggan seperti tulisan pada produk salah dan plastik pada karung sobek. 

Untuk meminimalkan banyaknya biaya penanganan produk retur, perusahaan menerapkan pengiriman sample produk terlebih dahulu kepada customer. Perusahaan juga melakukan peningkatan kinerja karyawan pada bagian seleksi karung woven baru maupun produk jadi. Langkah-langkah yang dilakukan oleh perusahaan dirasa sudah efektif untuk meminimalkan biaya penanganan produk cacat dan untuk menjaga kualitas produk sebelum sampai ke tangan konsumen.

Kepo sama subjek yang dibahas? Yuk kunjungi laman https://gunawanfajar.com/ dan https://www.upnjatim.ac.id/

Stay tune di https://www.kompasiana.com/faricaraisavania6222 untuk update berita selanjutnya.

(Penulis: Farica Raisa Vania, Mahasiswa Teknik Industri UPNVJT)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun