Mohon tunggu...
Farhan Fikri Riyandi
Farhan Fikri Riyandi Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hallo! Perkenalkan aku Farhan panggil aja paan , Aku pemuda asal Bandung yang sedang menduduki bangku perkuliahan di Universitas Komputer Indonesia semester 4, Umur aku 20 tahun dan hobi aku adalah ber-olahraga hingga motoran.

Selanjutnya

Tutup

Bandung

Mengenal Summarecon Mall Bandung Sebagai Daya Tarik Pariwisata Kota Bandung

31 Desember 2024   16:52 Diperbarui: 31 Desember 2024   16:52 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Summarecon Mall Bandung (Sumber: Pribadi)

Salah satu pusat perbelanjaan terdepan di Kota Bandung adalah Summarecon Mall Bandung. Terletak di daerah Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, PT Summarecon Agung Tbk. Sebuah Perusahaan pengembang properti yang sangat kuat di Indonesia. Mall ini bukan hanya tempat berbelanja tetapi juga tempat rekreasi dengan berbagai pengalaman hiburan, kuliner, dan budaya. Summarecon Mall Bandung menarik minat banyak orang, termasuk keluarga dan pengunjung, berkat desain arsitekturnya yang modern dan fasilitasnya yang lengkap.

Summarecon Mall Bandung (Sumber: Pribadi)
Summarecon Mall Bandung (Sumber: Pribadi)

Sebagai destinasi wisata belanja dan hiburan, Summarecon Mall Bandung terus berusaha memberikan pengalaman yang nyaman dan menyenangkan bagi pengunjung melalui inovasi dalam pelayanan dan penerapan strategi komunikasi yang efektif. Pengunjung Summarecon Mall Bandung terdiri dari berbagai kelompok dengan karakteristik yang bervariasi, mencerminkan peran mall ini sebagai destinasi belanja dan rekreasi yang inklusif dan dinamis. Sebagian besar pengunjungnya adalah keluarga, pasangan, dan sekelompok teman yang datang untuk menikmati berbagai fasilitas hiburan, kuliner, dan belanja yang tersedia. Keluarga umumnya memanfaatkan area bermain anak dan restoran keluarga, sementara kelompok teman dan pasangan cenderung menikmati bioskop, dan cafe. Selain itu, mall ini juga menarik minat kaum muda dan profesional yang mencari pengalaman belanja yang trending serta tempat bersosialisasi yang modern. Summarecon Mall Bandung juga menjadi tujuan bagi wisatawan lokal dan mancanegara yang tertarik menjelajahi daya tarik belanja dan kuliner khas Bandung.

Pengunjung mall ini umumnya mengutamakan kenyamanan, kemudahan akses, dan pengalaman yang beragam, yang kesemuanya disediakan dengan baik oleh Summarecon Mall Bandung melalui desain ruang yang modern, variasi tenant yang luas, serta berbagai acara dan promosi yang menarik. Pengunjung dapat menemukan berbagai jenis produk yang mereka butuhkan, membuat Summarecon Mall Bandung menjadi salah satu destinasi belanja favorit di Bandung. Summarecon Mall Bandung juga memiliki ruang terbuka hijau yang sangat menarik, seperti Sawarga Courtyard. Ruang terbuka hijau ini terletak di tengah-tengah mall dan memiliki konsep tropical garden yang mengoptimalkan kesejukan udara Bandung.

Strategi Pembangunan terhadap Summarecon Mall Bandung

Strategi pembangunan Summarecon Mall Bandung telah direncanakan dengan teliti untuk menciptakan sebuah destinasi wisata yang lengkap dan menarik. Summarecon Agung Tbk., telah membangun kawasan berskala kota di 7 lokasi strategis, termasuk Kelapa Gading - Jakarta, Serpong, Bekasi, Bandung, Karawang, Makassar, dan Bogor. Dalam pengembangannya, Summarecon menghadirkan kawasan berskala kota yang mengintegrasikan hunian dengan beragam fasilitas mulai dari pendidikan, bisnis hingga fasilitas komersial, termasuk pusat belanja dan gaya hidup. Untuk melengkapi Kota terpadu Summarecon Bandung, pada tahun 2022, Summarecon akan menghadirkan Summarecon Mall Bandung. Pembangunan Summarecon Mall Bandung tahap pertama ditandai dengan kegiatan penutupan atap (topping off) yang dihadiri oleh jajaran Direksi PT. Summarecon Agung Tbk., kontraktor, supplier, dan para tamu undangan, pada hari Jumat, 5 November 2021.

Summarecon Mall Bandung hadir sebagai family mall yang menyediakan berbagai macam produk terbaik yang dibutuhkan oleh semua kalangan, mulai dari fashion, entertainment, lifestyle, food & beverages, dan masih banyak lagi. Pembukaan Summarecon Mall Bandung secara resmi diadakan pada Kamis (18/1/2024), dengan prosesi pengguntingan pita oleh yang mewakili Pj Walikota Bandung Bambang Tirtoyuliono, Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung Drs Ronny Ahmad Nuruddin, M.M, serta jajaran Komisaris dan Direksi PT. Summarecon Agung Tbk.

Akses transportasi ke Summarecon Mall Bandung sangat mudah dan nyaman. Pengunjung dapat menggunakan Trans Metro Bandung (TMB) yang melayani rute 5 sekitar Bandung Timur setiap hari dan terkoneksi dengan terminal Cibereum, Gedebage, Jalan Soekarno Hatta, dan kawasan Summarecon Bandung. Tarif TMB adalah Rp 2.000 untuk pelajar dan Rp 4.000 untuk umum. Selain itu, pengunjung juga dapat menggunakan Whoosh (Kereta Cepat) yang melayani rute Halim, Padalarang, dan Tegal luar (pulang pergi). Dengan demikian, strategi pembangunan Summarecon Mall Bandung telah direncanakan untuk menciptakan sebuah destinasi wisata yang lengkap dan menarik, dengan fokus pada integrasi fasilitas komersial, hiburan, dan transportasi yang baik.

Komponen Komunikasi Pariwisata Terhadap Summarecon Mall Bandung

Komunikasi pariwisata dalam kaitannya dengan wisatawan di Summarecon Mall Bandung melibatkan berbagai elemen strategis yang dirancang untuk memberikan pengalaman positif sekaligus meningkatkan daya tarik pengunjung. Profil dan segmentasi wisatawan menjadi salah satu aspek utama, dengan Summarecon Mall Bandung yang melayani beragam kelompok, seperti keluarga, kaum muda, serta wisatawan lokal dan luar kota. Pemahaman mendalam terhadap kebutuhan serta preferensi kelompok ini memungkinkan Summarecon Mall Bandung untuk merancang strategi komunikasi yang relevan dan efektif.

Dalam hal sarana komunikasi, Summarecon Mall Bandung memanfaatkan media digital, seperti media sosial, situs web resmi, dan aplikasi seluler, guna menyediakan informasi secara mudah dan cepat. Pesan promosi yang dikembangkan menonjolkan keunggulan utama Summarecon Mall Bandung, termasuk fasilitas hiburan, acara budaya, serta keanekaragaman kuliner, sambil mengintegrasikan unsur budaya lokal Bandung untuk memperkuat daya tariknya. Beragam saluran komunikasi digunakan, baik digital maupun fisik, seperti penyelenggaraan acara dan kemitraan dengan influencer, guna menjangkau audiens yang lebih luas, khususnya generasi muda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bandung Selengkapnya
Lihat Bandung Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun