Perkembangan teknologi pada era abad 20 ini berkembang pesat. Teknologi juga berkembang dalam perangkat komunikasi yang serba digital. Hadirnya berbagai platform digital seperti media sosial ini memudahkan setiap penggunanya mampu berinteraksi dengan pengguna lainnya dengan praktis.Â
Menurut Dave Kerpen dalam bukunya yang bertajuk "Likeable Social Media" yang terbit pada tahun 2011 mengemukakan bahwa media sosial memiliki pengertian sebagai suatu tempat atau media kumpulan gambar, video, tulisan hingga hubungan interaksi dalam jaringan, secara antar individu maupun antar kelompok seperti organisasi pada umumnya.Â
Pekembangan ini membuat orang bertransformasi komunikasi melalui media sosial ketimbang secara langsung sebab selain untuk berkomunikasi dalam media sosial mampu menjadi tempat membentuk sebuah identitas digital, melakukan perdagangan secara online hingga menjalankan kampanye marketing.
Data dari Dataindonesia.id menyebutkan bahwa sebagian besar pengguna media sosial adalah Berdasarkan hasil survei pada 5 Mei--2 November 2022 itu, ada 58% responden dari generasi Z yang menghabiskan lebih dari satu jam waktunya untuk bermain media sosial.Â
Rinciannya, sebanyak 35% mengakses medsos lebih dari dua jam dan 23% responden sebanyak 1-2 jam sehari. Generasi milenial yang menghabiskan lebih dari satu jam waktunya untuk bermain media sosial sebanyak 44%.Â
Dari jumlah itu, sebanyak 24% menggunakan medsos selama lebih dari dua jam sehari dan 20% responden mengakses medsos selama 1-2 jam sehari. Pengguna media sosial di dominasi oleh Generasi Z yang menempati peringkat 1 dan Generasi milenial di peringkat 2.Â
Secara luas laporan terbaru pada tahun 2023 dari We Are Social menunjukkan, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 167 juta orang. Jumlah tersebut setara dengan 60,4% dari populasi di dalam negeri. Menunjukan kini lebih dari setengah populasi indonesia aktif menggunakan media sosial.Â
Banyak platform media sosial yang beredar di Indonesia dan memiliki pengguna aktif yang cukup tinggi seperti WhatsApp, Instagram, Facebook dan Tiktok menempati urutan 4 teratas di Indonesia menurut Muhtar dilaman UICI.Â
Mayoritas pengguna generasi Z membuat generasi muda lebih banyak mengeksplorasi berbagai akses informasi dan keterampilan dalam digitalisasi. Pemahaman generasi muda lebih cepat dibanding generasi sebelumnya, sebab mereka lahir sejak dini sudah berdampingan dengan perkembangan teknologi digital yang membuat generasi muda mampu lebih adaptif dengan mudah.
Berbagai fenomena digital culture terjadi semenjak adanya transformasi dunia dalam digitalisasi teknologi. Maraknya sebutan "Content Creator" pada berbagai media sosial membuat hal ini menarik perhatian banyak orang. Menurut Skill Academy mengatakan bahwa Content creator merupakan seseorang yang menciptakan konten, baik konten edukatif maupun entertainmen, sesuai dengan keinginan atau target audiens.Â