Mohon tunggu...
Farhan Afany
Farhan Afany Mohon Tunggu... Pelajar -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Tips Agar Tidak "Lupa" dengan Dunia Nyata Saat Bermain Internet

2 November 2017   09:21 Diperbarui: 2 November 2017   09:24 581
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Hai teman-teman. Maaf nih baru post lagi. Lagi banyak urusan hehe.

Ok disini saya akan memberikan sedikit tips untuk kalian yang terlalu "Bergantung" pada dunia maya dan melupakan dunia nyata.

1. Ingat bahwa "Tuhan itu ada"

Kalian pasti ingat kalau didunia ini hanya sementara. Khususnya kalian yang islam, pasti sudah tau bukan bahwa kewajiban kalian seperti solat 5 waktu,mengaji dsb. Nah jika kalian mengabaikan ini, tau dong apa akibatnya? Tak perlu dijelaskan lagi ^^

2. Ingat bahwa kalian punya teman

Sekali lagi saya tekankan. Ingat bahwa kalian punya teman. Jangan menganggap diri kalian hanya sendiri dan hanya diam dirumah dengan gadget kalian lalu bercengkrama dengan orang jauh di sosial media. Memang tak ada yang melarang hanya saja itu membuat kamu menjadi tertutup pada orang lain. Saya yakin jika anda terlalu sering bersama gadget, komunikasi kalian akan kurang, bahkan dengan keluarga.

3. Ingat keluarga kalian

Keluarga adalah hal yang paling utama yang harus kalian perhatikan. Karena didalam keluarga kalian bisa menceritakan banyak hal kepada orang tua/adik/kakak/sodara dan yang lainnya. Saya sendiri sangat akrab dengan ayah saya, jika sedang mengobrol berdua tentang apapun itu, pasti gadget saya letakan dimeja. Karena agar tidak dianggap "Tidak Sopan". Ada waktunya untuk gadget dan ada waktu nya untuk dunia nyata.

Tulisan ini saya buat berdasarkan fakta dimasyarakat

Terima kasih ^^

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun