Farhan Ramadhan
Farhan Ramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Senang belajar, bermain, dan tidur

Panorama Pantai Greweng dan Waduk Sermo yang Wajib Anda Kunjungi

14 Juni 2023   22:09 Diperbarui: 14 Juni 2023   22:24 400

Banyak sekali tempat wisata yang terdapat di Kota Yogyakarta. Jika kita ingin berpergian ke pantai ada pantai di daerah Gunung Kidul dan Parangkritis. Jika ingin pergi ke daerah puncak kita bisa mencoba pergi ke kaliurang. Namun, selain destinasi diatas ada tempat wisata yang sepertinya masih jarang di jamah oleh wisatawan dan juga tak kalah indahnya. Tempat wisata tersebut adalah Waduk Sermo dan Pantai Greweng.

Waduk Sermo tersebut terletak di daerah Hargowilis, Kabupaten Kulon Progo. Jarak yang saya tempuh untuk sampai kesana sekitar 1,5 jam dari Tugu Yogyakarta. Kondisi jalan untuk sampai kesana bisa dikatakan bagus tidak ada kendala yang menyulitkan. Saya berangkat menggunakan motor dan memulai perjalanan pada jam 3 sore dan sampai disana sekitar setengah 5 sore. Sesampainya disana, saya bersama beberapa teman saya istirahat sebentar sebelum masuk ke tempat wisata Waduk Sermo.

Pemandangan sore disana sangat indah. Langit berwarna biru dengan sedikit keunguan dan pink menambah cantik suasana di sore hari. Untuk cuacanya bisa dikatakan sejuk meskipun sedikit dingin. Sungguh nikmat melihat pemadangan senja yang temaram ini sambil menikmati kopi.

Setelah itu, saya bersama teman yang lain langsung melanjutkan perjalan menuju Waduk Sermo. Sesampainya disana hari sudah malam menunujukan pukul 7 dengan kondisi cuaca yang berangin dan sedikit dingin. Untuk jam buka, Waduk Sermo bisa dikunjungi 24 jam. Di tempat wisata Waduk Sermo ini, juga disediakan tenda jika kita ingin bermalam disini. Saya bersama dengan teman saya menyewa satu tenda seharga 80 ribu. Untuk makan, saya memesan nasi dan ayam goreng seharga 15 ribu.

Panorama yang dihadirkan saat malam hari di Waduk Sermo juga tak kalah indahnya. Sinar bulan dan bintang yang memancar ke arah air waduk begitu menenangkan mata. Cocok sekali bagi kita yang ingin melepas penat dan bersantai. Jika ingin berfoto pada malam hari disarankan membawa kamera sebab pencahayaan disana kurang cocok jika ingin menggunakan kamera smartphone.

Dokumen Pribadi

Panorama pada pagi hari juga sama indahnya dengan malam hari. Kebetulan sekitar jam 5 turun hujan dan selepas hujan saya bersama teman yang lain dihadirkan pemandangan sunrise beserta pelangi dan sedikit kabut tipis yang begitu indah.