Madiun-Dari video yang saya tonton di YouTube PN Surabaya mengenai PTSP disana, terdapat beberapa hal yang dapat disampaikan mengenai sistem dan pelayanan yang ada disana.
Mengenai sistem pelayanan yang ada, dari depan ketika pengunjung datang petugas sudah menerapkan 3S(Senyum, Sapa, Salam) dan terlihat ramah sehingga membuat pengunjung merasa nyaman. Untuk menunjang layanan fasilitas yang ada di PTSP PN Surabaya akan terus ditambah. Fasilitas yang ada saat ini di antaranya seperti fasilitas minum gratis, media baca, Televisi, Printer, area charging, dan tempat bermain anak.
untuk pengunjung layanan khusus seperti ibu hamil dan menyusui, manula, dan penyandang disabilitas, telah diterbitkan kartu layanan prioritas. Bagi pengunjung yang memiliki layanan tersebut akan terbebas dari antrian pengunjung layanan biasa. sistem antriannya bersifat khusus dan didahulukan. serta dilengkapi berbagai sarana dan prasana yang menudukung.
selanjutnya mengenai Whole of Goverment (WoG) yang dilaksanakan di PN Surabaya, di antaranya terdapat Monitor standar layanan Pengadilan, adanya layanan E-court, Eraterang. PN Surabaya juga bekerja sama dengan SLB Yepac Surabaya agar dapat memberikan layanan yang terbaik kepada penyandang disabilitas. Terdapat juga aplikasi Simonik.
Pelayanan di PN Surabaya sudah banyak sekali yang digital. Pelayanan pengadilan juga ada di Mall Pelayanan Publik, dengan adanya sidang trisakti yang bekerjasama dengan DISPENDUK Surabaya. Proses Sidang, Penetapan Putusan, dan Penyerahan Akta dapat dilakukan di satu tempat di hari yang sama.
Semoga instansi-instansi pemerintah yang lain dapat segera mengikuti jejak Pengadilan Negeri Surabaya dalam melayani masyarakat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H