Mohon tunggu...
Farah GhifaraHafidha
Farah GhifaraHafidha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Wirausaha/Mahasiswa Magister Agribisnis Veteriner/Universitas Airlangga/

Nama Farah Ghifara Hafidha, kelahiran Temanggung, 06 Agustus 1999. Saat ini sedang menempuh pendidikan Pascasarjana, Magister Agribisnis Veteriner di Universitas Airlangga Surabaya. Saya memiliki hobi olahraga beberapa di antaranya balap motor, futsal, dan basket. dari olahraga itu saya memperoleh beberapa kejuaraan baik tingkat provinsi. karisidenan, maupun nasional. Saya alumnus Universitas Airlangga, Progam sarjana di fakultas kedokteran hewan.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Langkah Sukses Membuka Pet Shop bagi Pemula

21 Desember 2023   17:01 Diperbarui: 21 Desember 2023   17:16 182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Dokumen pribadi, 2023)

Bagi anak muda terutama yang memiliki hobi pelihara hewan kesayangan dan ingin memulai bisnis, mungkin akan cocok apabila menjalani bisnis pet shop. Penulis menulis ini dari pengalaman penulis, karena penulis membuka usaha pet shop di tahun 2018 dengan usia penulis 19 tahun dan masih dalam masa studi.

Perlu diketahui bahwa bisnis pet shop merupakan bisnis yang menjanjikan, karena menjalani sebuah usaha pet shop ini dapat meraih keuntungan yang cukup besar dengan modal yang sedikit!

Selain praktek, kita juga perlu melakukan beberapa teori yang ada sebagai penunjang untuk membantu dalam menyusun strategi bisnis. Beberapa hal yang harus dilakukan untuk memulai sebuah usaha diantaranya :

1. Siapkan modal usaha

Memulai usaha dari awal tentunya memerlukan persiapan modal usaha. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha bervariasi tergantung dengan lokasi, ukuran tempat usaha serta jenis usaha yang ingin dijalankan. Karena pet shop yang akan dibuka juga harus menyesuaikan dengan dana yang dimiliki.

2. Beberapa modal yang perlu dipertimbangkan antara lain :

  • Biaya sewa tempat usaha
  • Biaya perlengkapan toko seperti etalase, meja kasir, dll.
  • Biaya stok produk pakan hewan dan kebutuhan hewan peliharaan seperti aksesoris, tempat makan minum, produk grooming dan lainnya.
  • Biaya operasional toko seperti token listrik, air, dan pulsa telepon
  • Biaya pemasaran dan promosi

3. Bangun Identitas Bisnis

Dalam membangun sebuah usaha, alangkah lebih baik kalau calon pengusaha sudah memiliki nama usaha, logo, serta tambahan visual lain. Hal itu akan menjadikan bisnismu memiliki identitas yang pasti dan usahamu juga akan lebih mudah dikenal oleh pelanggan.

4. Tentukan Perencanaan dan Target Pasar

Perencanaan perlu dilakukan karena hal ini akan mementukan proses kedepannya agar proses dapat berjalan sesuai dengan target dan tujuan awal. Kemudian lakukan pemilihan targer pasar, target yang dimaksud yaitu siapa yang akan anda ingin menjadi pelanggan utama dari bisnis Pet shop anda. Apakah dari kalangan komunitas hewan atau yang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun