ABSTRAK
Menerapkan assesmen tentang kedisiplinan  siswa di SDN Jeruk I/469 Surabaya berguna untuk meningkatkan kepekaan anak untuk mentaati peraturan yang ada disekolah, kemampuan siswa untuk mengontrol perilaku mereka sesuai dengan aturan, norma, dan ekspektasi yang ditetapkan oleh sekolah atau masyarakat. Ini mencakup aspek seperti kepatuhan terhadap aturan sekolah, sikap yang hormat terhadap guru dan teman sebaya, ketepatan waktu, serta sikap dan perilaku yang mendukung lingkungan belajar yang aman dan efektif.
Kata Kunci : kedisiplinan siswa, SDN Jeruk I/469 Surabaya.
ABSTRACT
Implementing assessments regarding student discipline at SDN Jeruk I/469 Surabaya is useful for increasing children's sensitivity to obeying existing school regulations, students' ability to control their behavior in accordance with the rules, norms and expectations set by the school or community. This includes aspects such as compliance with school rules, attitudes that respect teachers and peers, punctuality, and attitudes and behavior that support a safe and effective learning environment.
Keywords: student discipline, SDN Jeruk I/469 Surabaya.
PENDAHULUAN
Program Surabaya Mengajar merupakan inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Surabaya dengan melibatkan para mahasiswa sebagai pengajar  di sekolah dasar (SD). Program ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan akademis siswa, tetapi juga untuk membantu membangun karakter, semangat, dan inspirasi dalam diri anak-anak dan juga Program ini juga bertujuan untuk membantu membangun keterampilan sosial dan karakter anak-anak, seperti kepemimpinan, kreativitas, dan kemampuan beradaptasi.
Â
 Lingkungan pendidikan sering kali mengalami perubahan yang signifikan, baik dari segi demografi siswa, tuntutan kurikulum, maupun dinamika sosial-budaya. Dalam konteks ini, kedisiplinan menjadi kunci untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan kondusif. Kedisiplinan siswa berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman, tertib, dan produktif. Ketika aturan dan norma-norma kedisiplinan diterapkan dengan konsisten, siswa merasa lebih nyaman dan fokus pada pembelajaran.
Â
Penelitian menunjukkan hubungan yang kuat antara kedisiplinan siswa dan prestasi akademik. Siswa yang memiliki tingkat kedisiplinan yang baik cenderung lebih mampu mengatur waktu, mengikuti aturan, dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, yang semuanya berkontribusi pada pencapaian akademik yang lebih baik.
Kedisiplinan yang efektif dapat membantu mengurangi gangguan kelas dan konflik antara siswa. Dengan menerapkan aturan secara adil dan konsisten, sekolah dapat menciptakan lingkungan yang lebih harmonis dan mendukung bagi semua siswa. Di era pendidikan modern, tantangan yang dihadapi oleh sekolah tidak hanya terbatas pada penyampaian materi pelajaran, tetapi juga pada pembentukan karakter dan kedisiplinan siswa. Melalui kedisiplinan, siswa diajarkan untuk bertanggung jawab atas tindakan dan keputusan mereka. Hal ini mencakup pengaturan waktu, menghormati peraturan sekolah, dan berpartisipasi dalam kegiatan akademik dan ekstrakurikuler dengan penuh kedisiplinan.
METODE PELAKSANAAN
metode yang dilakukan dalam program menerapkan assesmen kedisiplinan siswa yaitu dengan memberikan angket kedisiplinan siswa kepada satu satu siswa dan memberikan pengertian mengenai apa yang harus dilakukan siswa terhadap angket tersebut dan memberikan penjelasan apa itu kedisiplinan siswa agar siswa mengerjakan dengan paham dan mengerti.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Hasil pelaksanaan program menerapkan assesmen kedisiplinan siswa di SDN Jeruk I/469 Surabaya menunjukkanperkembangan positsif dalam kedisiplinan siswa. Bedasarkan informasi yang diperoleh dari wali kelas, terdapat peningkatan menanamkan kedisiplinan. contohnya siswa selalu mengikuti pembelajaran hingga selesai dengan tenang lalu siswa memakai atribut lengkap Program ini menunjukkan bahwa berguna untuksiswa dan memberikan dampak positif sehingga memberikan perubahan serta wali kelas siswa memberikan feedback posistifmengenai perilaku anak-anak pada saat anak saat menjalininteraksi dengan lingkungan sosialnya. Evaluasi program menerapkan kedisiplinan siswa di SDN Jeruk I/469 Surabaya menunjukkan bahwa adanya peningkatan positifkedisiplinan di SDN Jeruk I/469 Surabaya. Peningkatan ini dapatdilihat dari aktivitas sehari-hari siswa mengenai kedisiplinan beratribut dan ketika pembelajaran.
SIMPULAN
Program surabaya mengajar 5 adalah inisiatif yang menarik yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Surabaya dengan melibatkan mahasiwa sebagai guru sukarelawan disekolah. Program ini telah memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di surabaya.Program surabaya mengajar 5 memberikan kesan yang positif program ini berhasil memadukan pendidikan karakter dengan pembelajaran akademik disekolah. Melalui berbagai kegiatan dan siswa tidak hanya belajar materi pelajaran tetapi siswa juga mendapatkan nilai nilai moral dansosial yang penting. Dan menjadikan mahasiswa membawa inovasi dan metode pembelajaran yang inofatif dan kreatif sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa dan memperkaya pendidikan.
Hasil siswa setelah mengerjakan angket kedisiplinan siswa meningkatnya disiplin siswa dalam beratribut, tertib dalam kelas.
UCAPAN TERIMA KASIH