Mohon tunggu...
Farah Nurul Fitriana
Farah Nurul Fitriana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Belajar, Berusaha, dan Ikhtiar

Agar mampu bersaing dan menghadapi kehidupan pada era digital di abad 21 ini, maka tentu didukung dengan kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan pada abad 21 ini.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Memanfaatkan Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Daring untuk Anak Sekolah Dasar

29 September 2021   18:20 Diperbarui: 29 September 2021   18:26 1310
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Munculnya Pandemi Covid 19 yang melanda dihampir seluruh negara di dunia ini, tidak mengenal negara manapun dan pada siapapun tanpa kenal batas usia. Dan tidak dapat dipungkiri bahwa dengan adanya pandemi ini juga berdampak bagi seluruh masyarakat di dunia dengan mempengaruhi hampir di setiap bidang termasuk salah satunya yaitu bidang Pendidikan. 

Menurut Dewi (2020) manyatakan bahwa Covid merupakan pengertian dari coronavirus diseases 2019 yang mempunyai gejala dan tanda yang umum yaitu infeksi pada pernapasan akut seperti batuk, sesak napas dan demam. Penyakit covid 19 ini merupakan penyakit jenis baru yang terjadi pada manusia yang belum diidentifikasi sebelumnya.

Dengan hadirnya pandemi covid 19 menimbulkan pengaruh sangat besar terutama pada bidang Pendidikan. Dengan dampak yang dihasilkan maka melahirkan kebijakan yang salah satunya yaitu proses pembelajaran dilakukan secara daring atau online dengan berakseskan internet. 

Dengan mengharuskan seluruh peserta didik untuk belajar di rumah dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara daring dan mengharuskan proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran digital sebagai pengantar pesan yang disampaikan oleh guru.  

Sarana maupun fasilitas yang dapat guru sediakan untuk peserta didik juga dapat meningkatkan kualitas dari setiap pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik yaitu dengan salah satunya adalah media pembelajaran.

Faktor utama yang menyebabkan proses pembelajaran dapat berhasil dan mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya serta berjalan dengan lancar dan baik yaitu dengan adanya peranan dari media pembelajaran yang didesain dengan kreatif, inovatif serta praktis digunakan dengan dirancang oleh pendidik. Adapun media pembelajaran dengan memadukan berbagai media yang ada yaitu seperti gambar, video, audio dan teks yang kemudian disediakan dalam satu bentuk pembelajaran dari gabungan  media-media tersebut merupakan pengertian dari multimedia.(Okra & Novera, 2019).

Hal ini menyebabkan guru mulai menerapkan dan mengembangkan beberapa media pembelajaran dengan berbasis internet yaiu media pembelajaran digital. 

Media Pembelajaran digital merupakan suatu komponen pengantar pesan yang didalamnya terdapat materi pembelajaran yang akan disampaikan yang juga pada media tersebut dapat dimanfaatkan atau dipergunakan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar yang bertujuan untuk dapat menunjang setiap keberhasilan dalam proses pembalajaran untuk peserta didik agar menjadikan kegiatan belajar mengajar tersebut dapat berjalan dengan efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi melalui sistem komputer yang mana proses penyampaian informasin pada sistem komputer tersebut dapat lebih mudah, cepat dan juga akurat.

Pada pembelajaran daring pun guru diuntut untuk dapat mengembangkan media pembelajaran dengan kreatif, inovatif, serta prakis dengan disesuaikan juga dengan kurikulum yang ada, menyesuaikan juga dengan kebutuhan untuk  peserta didik dan dirancang sesuai dengan perkembangan zaman dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

 Disebutkan didalam Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 bahwa salah satu prinsip dari standar proses pembelajaran adalah dapat memanfaatkan sebaik mungkin teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka meningkatkan keefisienan dan keefektifan padaproses pembelajaran. 

Maka dari itu diharapkan dengan adanya media pembelajaran yang bervariasi maka dapat mendorong semangat siswa dalam belajar, dengan meningkatnya minat belajar serta dapat termotivasi untuk memiliki keinginan dan ketertarikan atas materi pembelajaran yang akan diajarkan yang dari ketercapaian tujuan tersebut juga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun