Munculnya Pandemi Covid 19 yang melanda dihampir seluruh negara di dunia ini, tidak mengenal negara manapun dan pada siapapun tanpa kenal batas usia. Dan tidak dapat dipungkiri bahwa dengan adanya pandemi ini juga berdampak bagi seluruh masyarakat di dunia dengan mempengaruhi hampir di setiap bidang termasuk salah satunya yaitu bidang Pendidikan.Â
Menurut Dewi (2020) manyatakan bahwa Covid merupakan pengertian dari coronavirus diseases 2019 yang mempunyai gejala dan tanda yang umum yaitu infeksi pada pernapasan akut seperti batuk, sesak napas dan demam. Penyakit covid 19 ini merupakan penyakit jenis baru yang terjadi pada manusia yang belum diidentifikasi sebelumnya.
Dengan hadirnya pandemi covid 19 menimbulkan pengaruh sangat besar terutama pada bidang Pendidikan. Dengan dampak yang dihasilkan maka melahirkan kebijakan yang salah satunya yaitu proses pembelajaran dilakukan secara daring atau online dengan berakseskan internet.Â
Dengan mengharuskan seluruh peserta didik untuk belajar di rumah dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara daring dan mengharuskan proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran digital sebagai pengantar pesan yang disampaikan oleh guru. Â
Sarana maupun fasilitas yang dapat guru sediakan untuk peserta didik juga dapat meningkatkan kualitas dari setiap pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik yaitu dengan salah satunya adalah media pembelajaran.
Faktor utama yang menyebabkan proses pembelajaran dapat berhasil dan mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya serta berjalan dengan lancar dan baik yaitu dengan adanya peranan dari media pembelajaran yang didesain dengan kreatif, inovatif serta praktis digunakan dengan dirancang oleh pendidik. Adapun media pembelajaran dengan memadukan berbagai media yang ada yaitu seperti gambar, video, audio dan teks yang kemudian disediakan dalam satu bentuk pembelajaran dari gabungan  media-media tersebut merupakan pengertian dari multimedia.(Okra & Novera, 2019).
Hal ini menyebabkan guru mulai menerapkan dan mengembangkan beberapa media pembelajaran dengan berbasis internet yaiu media pembelajaran digital.Â
Media Pembelajaran digital merupakan suatu komponen pengantar pesan yang didalamnya terdapat materi pembelajaran yang akan disampaikan yang juga pada media tersebut dapat dimanfaatkan atau dipergunakan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar yang bertujuan untuk dapat menunjang setiap keberhasilan dalam proses pembalajaran untuk peserta didik agar menjadikan kegiatan belajar mengajar tersebut dapat berjalan dengan efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi melalui sistem komputer yang mana proses penyampaian informasin pada sistem komputer tersebut dapat lebih mudah, cepat dan juga akurat.
Pada pembelajaran daring pun guru diuntut untuk dapat mengembangkan media pembelajaran dengan kreatif, inovatif, serta prakis dengan disesuaikan juga dengan kurikulum yang ada, menyesuaikan juga dengan kebutuhan untuk  peserta didik dan dirancang sesuai dengan perkembangan zaman dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
 Disebutkan didalam Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 bahwa salah satu prinsip dari standar proses pembelajaran adalah dapat memanfaatkan sebaik mungkin teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka meningkatkan keefisienan dan keefektifan padaproses pembelajaran.Â
Maka dari itu diharapkan dengan adanya media pembelajaran yang bervariasi maka dapat mendorong semangat siswa dalam belajar, dengan meningkatnya minat belajar serta dapat termotivasi untuk memiliki keinginan dan ketertarikan atas materi pembelajaran yang akan diajarkan yang dari ketercapaian tujuan tersebut juga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik.
Menurut Wiratmojo P dan Sasonohardjo (Iwan Falahudin, 2014) menyatakan bahwa terdapat banyak dari jenis media yang dapat dipilih, dikembangkan, dan juga digunakan yang kemudian disesuaikan dengan waktu, biaya, kondisi, dan tujuan dari pembelajaran yang telah ditetapkan. Dari setiap jenis media tersebut mempunyai karakteristik tertentu dengan pemahaman dalam cara menggunakannya, sehingga untuk dapat memanfaatkan media tersebut dapat menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan yang diperlukan pada kegiatan dalam proses pembelajaran.
Berikut beberapa media pembelajaran yang dapa dimanfaatkan dan digunakan dengan mudah oleh pendidik dalam proses pembelajaran daring yaitu sebagai berikut :
Zoom adalah salah satu aplikasi pada komunikasi video dengan berbasiskan cloud computing buatan perusahaan Amerika. Pada aplikasi ini menyajikan layanan konferensi jarak jauh dan konsepnya yaitu dengan menggabungkan konferensi video, obrolan, pertemuan online maupun kolaborasi selular. (Latifah, 2020). Dan terdapat banyak fitur-fitur menarik yang dapat digunakan yang juga termasuk keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini. Biasanya digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi yang sulit untuk dijelaskan hanya dengan video pembelajaran saja, ataupun untuk mempresentasikan hasil karya peserta didik yang telah mereka kerjakan di pertemuan sebelumnya dan masih banyak fungsi lainnya pada penggunaan aplikasi zoom meeting ini.
Canva
Menurut Tanjung (2019) Canva merupakan program desain online yang terdapat didalamnya berbagai macam peralatan atau tools seperti poster, grafik, spanduk, sertifikat, kartu undangan, kartu ucapan terimakasih, logo, penanda buku, sampul CD, wallpaper desktop, editing foto, story instagram, sampul facebook, kiriman twitter, gambar mini youtube, templete, sampul buku, buletin, label, kartu pos, kartu nama, ijazah, selebaran, info grafik, brosur, pamflet, presentasi, dan resume. (Siwi, 2021) Aplikasi ini mudah digunakan dengan berbagai pilihan variasi desain yang ada. Canva juga merupakan aplikasi bebas aau terbuka yang dapa digunakan oleh pengguna dan juga dapa diakses secara gratis atau tidak berbayar . pada aplikasi canva ini dapat dengan mudah digunakan karena terdapat banyak desain atau templete yang sudah ada yang juga bisa langsung digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran .
Edpuzzle
Edpuzzle merupakan salah satu media pembelajaran yang dengan aplikasi tersebut dapat membantu guru dalam meningkatkan semangat belajar dan menumbuhkan kreativitas berpikir siswa.Â
Untuk penggunaan edpuzzle, masih jarang digunakan oleh guru.Â
Namun pada pemanfaatan aplikasi edpuzzle sangat berguna untuk menyampaikan materi dengan diiringi oleh pertanyaan yang dapat menguji siswa dalam memahami ataupun mengetahui materi yang disampaikan.Â
Jika di aplikasi zoom ataupun google meet, guru dan peserta didik akan berinteraksi dalam aplikasi tersebut meskipun berada di rumah masing-masing. Bentuk media pembalajaran bukan hanya dengan bertatap muka dalam media aplikasi ajringan internet saja namun dapat melalui media aplikasi atau platform video pembelajaran seperti pada Edpuzzle
Dari beberapa contoh media pembelajaran diatas, sebenarnya masih banyak media pembelajaran lain yang dapat digunakan serta dikembangkan oleh guru untuk dijadikan sebagai sarana dalam penyampaian materi pelajaran, diantaranya yaitu : E-learning, Edmodo, Skype, WhatsApp, Youtube Live, Google Classroom, Microsotf Word, MindMap Maker, Google Form, Animaker, Kahoot, Quizizz, dan masih banyak aplikasi lainnya yang dapat digunakan dalam kegiatan pada proses pembelajaran.Dari media-media tersebut dapa digunakan guru dan dimodifikasikan dengan lebih menarik agar siswa tidak bosan dengan materi yang disampaikan oleh guru. dan juga diharapkan dari media yang bervariasi dan menarik tersebut siswa pun dapat terdorong untuk semangat dan dapat dengan lebih mudah memahami materi pelajaran yang diberikan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI