Mohon tunggu...
Farah amaliya
Farah amaliya Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa IAIN Jember

PGMI'19 D4 Filsafasat Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filsafat Rekonstruksionime dan Pemikiran Tokohnya

8 Juni 2020   20:57 Diperbarui: 8 Juni 2020   21:03 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Rekontruksionisme, berasal dari kata bahasa Inggris yaitu Rekonstruksi yang dalam artiannya yaitu (menyusun). Rekontruksionisme adalah aliran yang membahas tentang susunan dan membangun kehidupan yang bercorak modern. Aliran rekonstruksionisme ini memiliki teori pendidikan yang bedasarkan tujuan pendidikan, metode, dan kurikulum.

Dalam sebuah pendidikan rekonstruksionisme juga membantu untuk membangun sebuah impian atau cita-cita untuk peserta anak didik agar dapat menyesuaikan dengan kehidupannya dengan adanya perkembangan zaman. Tujuan aliran rekonstruksionisme untuk mendorong sebuah kesadaran terhadap anak didik.

* Merupakan 3 tokoh yang didukung dengan rekonstruksionisme yaitu:

1. Caroline pratt, menurut dia peserta didik dapat berfikir efektif. Dan dapat membuat anak didik menjadi lebih baik.
2. George menghitung, menurut dia, dia ingin memiliki keingin yang berpihak sepenuhnya.
3. Paulo freire, menurut dia dapat mengembangkan suatu pendidikan yang dapat diperoleh oleh seluruh masyrakat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun