Mohon tunggu...
Faradilla Amellia
Faradilla Amellia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiwi

Mahasiswi Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mahasiswa UM Kenalkan Pembentukan Karakter Melalui Metode Pembelajaran Fun-Learning dan Visualisasi di TK Islam Terpadu As-Salam

13 Mei 2023   20:07 Diperbarui: 13 Mei 2023   20:13 399
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
5 Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) kenalkan pembentukan karakter di TK Islam Terpadu As-Salam (Dokpri)

Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) Kenalkan Pembentukan Karakter Melalui Metode Pembelajaran Fun-Learning dan Visualisasi di TK Islam Terpadu As-Salam

Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) telah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan berkunjung pada salah satu taman kanak - kanak di Kota Malang. Kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan yang dibimbing oleh Bapak Muhammad Mujtaba Habibi, S.Pd., M.AP. Kegiatan ini dilakukan oleh beberapa mahasiswa yang terdiri dari Bunga Yasmin Syamelia  (Prodi Ekonomi Pembangunan), Cici Laelia (Prodi Ekonomi Pembangunan), Faradilla Amellia Prasetio Putri (Prodi Ekonomi Pembangunan), Rizqi Wahyu Elvianny (Prodi Pendidikan Ekonomi) dan Mochammad Zulkifli (Prodi Pendidikan Teknik Mesin). Kegiatan pembelajaran mengenai nilai - nilai pendidikan kewarganegaraan ini  dilaksanakan di TK Islam Terpadu As - Salam pada hari Selasa, 9 Mei 2023. Selain untuk memenuhi tugas akhir kegiatan ini juga  bertujuan sebagai sarana bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajari di kampus kepada masyarakat. Adapun kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa adalah mengajarkan nilai-nilai tata tertib dalam lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat. 

Sebelum melakukan kegiatan kami meminta izin terlebih dahulu kepada pihak sekolah untuk dapat melakukan pengabdian dengan memberikan pembelajaran kepada anak - anak di TK Islam Terpadu As- Salam. Setelah menemui pihak sekolah kami akhirnya memperoleh izin mengajar sesuai dengan waktu dan tanggal yang telah ditetapkan. Kami juga diminta untuk membawa proposal dan surat izin dari kampus. Kami melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas TK B untuk anak - anak usia 5 sampai 6 tahun. Pembelajaran fun learning dan berbasis visualisasi dengan tujuan pembentukan karakter ini dilakukan di TK As Salam yang hanya berjarak sekitar 500 meter dari Universitas Negeri Malang tepatnya berada di Jalan Bendungan Riam Kanan No 13 Sumbersari, Kota Malang. 

Pemilihan TK As Salam sebagai tempat untuk melakukan pembelajaran fun-learning dan berbasis visualisasi guna membentuk karakter disebabkan oleh beberapa hal, selain lokasi yang strategis dan tidak terlalu jauh dari kampus tempat para mahasiswa Universitas Negeri Malang, pendidikan taman kanak-kanak juga menjadi salah satu komponen penting dalam pembentukan karakter bagi anak sejak usia dini. Serta anak-anak yang menjadi sasaran juga sedang berada dalam usia emas atau golden age, dimana anak pada usia 0-6 tahun sedang berada dalam fase emas tumbuh kembangnya. Pembentukan karakter di usia emas ini tentu sangat penting, karena akan sangat menentukan karakter mereka dewasa nanti.

Siswa-Siswi TK Islam Terpadu As Salam aktif dalam menjawab pertanyaan mengenai contoh Perilaku Tertib  (Dokpri)
Siswa-Siswi TK Islam Terpadu As Salam aktif dalam menjawab pertanyaan mengenai contoh Perilaku Tertib  (Dokpri)

Kegiatan pembelajaran diawali dengan masing - masing anggota kelompok memperkenalkan diri terlebih dahulu kepada anak - anak. Dilanjutkan dengan mengajak anak- anak untuk berkenalan secara individu. Setelah itu, kami melakukan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan sebagai wadah dalam pembentukan karakter dengan tema "hidup tertib". Kami menjelaskan mengenai pengertian dari hidup tertib, bentuk- bentuk perilaku hidup tertib di lingkungan rumah dan sekolah serta memberikan contoh bentuk perilaku yang benar dan salah. Pembelajaran yang kami lakukan yaitu menggunakan metode fun-learning dan visualisasi dengan memberikan penjelasan melalui contoh gambar - gambar dalam bentuk animasi kepada anak - anak. Kemudian kami berinteraksi dengan menanyakan perilaku hidup tertib apa saja yang telah dilakukan di rumah maupun disekolah. Kami juga memberikan pertanyaan kepada anak - anak melalui perbandingan dua gambar yang berbeda. Anak- anak terlihat sangat antusias, mereka saling berlomba- lomba untuk menjawab pertanyaan- pertanyaan dari kami. Mereka juga menceritakan perilaku hidup tertib yang sudah dilakukan di rumah maupun disekolah. Ada yang menjawab sudah membantu ibu, datang ke sekolah tepat waktu, membuang sampah pada tempatnya dan sebagainya. 

Setelah itu, kami memberikan hadiah atau reward sebagai bentuk apresiasi kepada anak - anak yang sudah menjawab pertanyaan. Melihat adanya hadiah atau reward  membuat anak- anak menjadi lebih bersemangat lagi dalam menjawab pertanyaan dari kami. Setelah menyampaikan materi, kami mengajak anak - anak untuk melakukan ice breaking dengan menggunakan dua kertas yang memiliki warna berbeda untuk meningkatkan konsentrasi. Kami juga mengajak anak- anak melakukan games lainnya yang dapat meningkat semangat mereka. Melalui penggunaan metode pembelajaran tersebut, kami bertujuan agar pembelajaran terasa menyenangkan dan materi yang kami sampaikan dapat mudah dipahami oleh anak - anak di TK Islam Terpadu As- Salam. Dengan demikian, mereka dapat menerapkan perilaku - perilaku hidup tertib dalam kehidupan sehari-hari. Di akhir kegiatan, kami meminta foto bersama sebagai bukti lampiran telah melakukan kegiatan pengabdian.

Dalam melakukan kegiatan pembelajaran terdapat kendala yang dihadapi diantaranya yaitu masih terdapat beberapa anak yang memiliki sikap pemalu, terutama saat mereka berkenalan dengan orang-orang baru sehingga beberapa anak tersebut kurang aktif selama kegiatan berlangsung. Hal tersebut diatasi dengan memberikan perhatian khusus kepada anak tersebut karena kepribadiannya yang cenderung pendiam sehingga kami berupaya untuk membantu melatih kemampuan sosial dasarnya seperti menumbuhkan sikap empati pada anak. Secara keseluruhan, kegiatan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sebelumnya sehingga hingga akhir kegiatan dapat berjalan dengan optimal.

Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Muhammad Mujtaba Habibie S.Pd, M.AP selaku dosen mata kuliah PKN yang telah memberikan bimbingan dan ilmu pengetahuan kepada kami. Kami juga berterima kasih kepada TK Islam Terpadu As Salam telah mengizinkan kami untuk melakukan kegiatan pembelajaran sebagai upaya untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. 

Demikian laporan ini kami buat dengan harapan melalui pembelajaran pembentukan karakter yang telah kami lakukan dapat menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran  pada diri anak - anak sejak usia dini untuk melakukan sikap yang baik dan  tertib dalam kehidupan sehari - hari. Selain itu, kami  juga berharap melalui metode yang kami gunakan materi yang telah tersampaikan dapat dengan mudah untuk dapat dipahami dan dilakukan oleh anak - anak di TK Islam Terpadu As - Salam.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun