Mohon tunggu...
fany gunawan indiarto
fany gunawan indiarto Mohon Tunggu... -

saya orang sedehana

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Multi Metode dan Multi Media Dalam Pembelajaran Sosiologi

3 April 2015   15:37 Diperbarui: 17 Juni 2015   08:35 199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

A.Multimetode pembelajaran sosiologi di SLTA

Multi metode pembelajaran adalah penggunaan berbagai metode dalam pembelajaran ips dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa agar aktif dalam pencapaian suatu pembelajaran.

guru-guru di sekolah SLTA biasa menggunakan metode-metode

1)Metode Pembelajaran Langsung

Manfaat dari metode ini adalah:

a)Siswa mereview materi pembelajaran yang telah dipelajari.

b)Siswa diberitahu tentang kompeten yang akan dicapai.

c)Siswa melakukan latihan dengan bimbingan guru.

d)Siswa melakukan latihan secara mandiri

e)Siswa secara periodik dicek keterampilan/ pengetahuannya.

2)Metode Diskusi

Metode diskusi sangat banyak di gunakan guru karna dengan metode ini peserta didik lebih aktif dalam memecahkan masalah dan makin terpacu untuk belajar, manfaat dari metode ini adalah

a)Guru tidak terlali lelah dalam mengajar

b)Siswa makin terpacu dalam belajar

c)Siswa lebih cepat memahami pelajaran yang di berikan

d)Mengajar siswa untuk bekerjasama dan menghargai pendapat teman kelompoknya

3)Metode debat

Debat dalah salah satu metode yang membagi kelompok menjadi dua macam yaitu pro dan kontra.disini siswa diajarkan untuk melawan pendapat yang lain dengan cara yang baik dan benar. Manfaat metode ini adalah

a)Siswa di ajarkan untuk kreatif berfikir dan berbicara

b)Siswa di ajarkan untuk mencari masalah agar kelompok lain dapat di lawan

c)Siswa di ajarkan untuk berani berfikir kritis

d)Siswa di ajarkan untuk menyanggah dan menanggapi pelajaran yang di debatkan.

4)Metode pemecahan masah

Metode ini adalah metode salah satu sering digunakan dalam pembelajaran. Metode ini biasanya menggunakan gambar,film, dan lain-lain. Fungsi metode ini adalah

a)Siswa di ajarkan untuk berfikir kreatif dalam memecahkan suatu masalah yang di berikan gurunya baik melaluuoi gambar dll.

b)Guru lebih enak dan enjoy dalam mengajar

c)Siswa mampu berfikir kritis tentang cara menghadapi suatu masalah.

B.Multimedia pembelajaran sosiologi di SLTA

Multimedia pembelajaran adalah media yang menggabungkan beberapa unsur yang terdiri dari gambar, teks, audio dll. Multi media pembelajaran di bagi menjadi 2 macam yaitu

a)Multi media linear

b)Multi media interaktif.

a)Multimedia linear

Suatu multimedia yang tidak dilengkapi oleh alat kontrol, multimedia pembalajarqan ini berjalan secara berurutan contohnya film dll.

b)Multi media interaktif

Suatu alat multi media menggunakan kontrol contohnnya slide pada power point, guru disini mengendalikan pembelajaran atau halaman yang akan di pelajari dengan cukup memilih halaman yang akan di buka.

Jadi multimedia pembelajaran sosiologi menurut saya adalah prose pembelajaran sosiologi menggunakan teknologi agar terciptanya pembelajaran yang di inginkan. Contoh alat multimedia yang di gunakan seperti: proyektor,laptop, dll. Dengan alat tersebut guru dapat memutarkan video tentang film pertentangan sosilal dll, fungsi pembelajaran multi media ini adalah

a)Membantu guru mempermudah dalam mengajar

b)Siswa lebih cepat memahami pelajaran

c)Membuat belajara di kelas menyenangkan

d)Siswa lebih semngat dalam belajar.

Sekian dulu artikel dari saya, jika ada kesalahan mohon dimaklumi selamat membaca

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun