Mohon tunggu...
Fanny Ratnawati
Fanny Ratnawati Mohon Tunggu... -

Ibu Rumah Tangga yang hobby Facebook-an

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Tips Memilih Jasa SEO yang Baik

28 Juli 2011   05:26 Diperbarui: 26 Juni 2015   03:18 573
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Seorang client kami pernah curhat, bahwa ia sudah habis uang hingga puluhan juta rupiah dalam menggunakan Jasa SEO dengan hasil yang nyaris nol. Client lain merasa selama ini tidak merasakan efek positif dari SEO sebagai teknik marketing, karena memilih keywords yang keliru. Yang lain jujur ingin mendapatkan hasil yang cepat dan murah lewat jasa backlink, namun hasilnya kurang maksimal, bahkan beberapa malah ketiban sial karena websitenya masuk sandbox atau terkena banned. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika memilih sebuah jasa seo sebagai partner internet marketing toko online atau bisnis anda. Kebanyakan Jasa SEO memang tidak hendak menipu, mereka hanya kadang terjebak pada kepentingan sendiri, tanpa - dengan sadar - mau menempatkan kebutuhan client pada urutan nomor satu. Berikut tips-tips buat Anda yang sedang memilih jasa seo.

Hasil Yang Terbukti
Sudah jelas ketika kita memilih sebuah jasa seo, kita harus yakin bahwa partner yang akan kita pilih ini mampu membawa situs kita ke posisi terhormat di search engine. Cara membuktikannya amat mudah : perhatikan posisi situs mereka di Search Engine. Kalau situs mereka berada di posisi yang "kurang mengesankan", di luar 5 besar - atau bahkan di halaman 2 pada keywords-keywords yang relevan, rasanya sudah dengan mudah kita mengeleminirnya.
Atau, jika teknik marketing yang mereka gunakan adalah beriklan via adwords, ini juga patut dipertanyakan. Bagaimana mungkin mereka bisa sanggup mengoptimasi situs client mereka, kalau mereka saja cuma memanfaatkan "ranking instan" lewat adwords?

Pemilihan Keywords
SEO adalah urusan keywords. Pada kata atau frasa apa situs anda ingin memilik ranking terhormat di Google. Frasa atau kata itulah yang disebut keywords atau kata kunci. Keywords yang baik adalah yang efektif dan efisien. Artinya : keywords yang dipilih merupakan kata kunci yang banyak dicari orang, namun memiliki hasil pencarian yang tidak gila-gilaan banyaknya. Hasil pencarian yang tidak tinggi akan menekan biaya jasa seo yang harus anda keluarkan. Cost rendah tapi hasil maksimal
Repotnya, bagi para pemilik toko online yang masih awam, mereka minim dalam hal beginian. Tambah parah jika Jasa SEO yang digunakan tidak membimbing mereka dalam menemukan keywords yang efektif. Oleh karena itu, carilah jasa seo yang benar-benar bisa membantu anda menemukan keywords yang tepat untuk situs jualan anda. Setidaknya jasa seo itu harus bisa memberikan suggest dengan analisa dan fakta yang terbukti

Beda Jasa SEO dan Jasa Backlink
SEO terbagi ke dalam dua hal : onpage dan offpage. Onpage adalah optimasi coding dan struktur web agar bersifat SEO friendly. Offpage adalah link building untuk meningkatkan popularity website anda.
Jasa backlink hanyalah melakukan optimasi pada offpage. Sedangkan Jasa SEO melahap keduanya. Permasalahan yang sering terjadi pada sebuah SEO campaign yang sekedar menggunakan jasa backlink adalah : backlink ribuan terbuat dengan seketika, padahal dari sisi onpage tidak disesuaikan dengan formula SEO friendy. Hasilnya, situs anda tidak akan mendapatkan hasil maksimal, bahkan memiliki potensi besar terpenjara dalam sistem filter dan pinalty Google. Bukannya teranking di posisi terhormat, situs anda malah semakin terlempar ke posisi antah berantah atau bahkan hilang tak terjejaki.

Garansi Penuh
Nyaris semua jasa seo memberikan garansi uang kembali. Gagal memenuhi target = uang kembali. Tapi tidak banyak yang menyiapkan resiko terburuk pada masa maintenance. Misalnya, website sudah memasuki posisi target pada bulan kedua. Client sudah membayar penuh. Lalu pada bulan ke-4 (pada masa kontrak 1 tahun) website keluar dari posisi target. Adakah aturan main buat si pelaku jasa seo untuk melindungi client dari kerugian karena : di satu sisi uang sudah terbayar semua, di sisi lain, websitenya sudah tidak lagi di posisi target? Adakah aturan yang jelas tertulis dan disepakati oleh kedua belah pihak - jasa seo dan client - mengenai garansi pada masa maintenance?

Cara Perhitungan Harga
Saya kaget melihat ada jasa seo yang berpatokan harga macam demikian : Mereka dibayar selama belum memenuhi target posisi. Kalau sudah masuk target, pembayaran sudah tidak perlu dilanjutkan. Jadi kalau dalam waktu 2 bulan target sudah terpenuhi ya di bulan berikutnya sudah tidak harus bayar. Asyik banget! Kalau saya jadi pemilik jasa seo-nya, maka akan saya lama-lamain kerjanya, agar nggak cepat-cepat masuk target, sehingga bisa rutin tiap bulan terima pembayaran

Ada juga jasa seo yang sifatnya short term. Sekali bayar tanpa maintenance. Memang kelebihannya : target bisa cepat tercapai. Bahkan beberapa menjanjikan tercapai dalam hitungan hari. Cuma secara teknis materi backlink yang dibuat untuk web clientnya bersifat tidak permanen : banyak di awal, lalu susut hari demi hari. Makanya potensi untuk mengalami penurunan ranking sangat-sangat besar. Jangan kaget kalau web anda bisa muncul tiba-tiba tapi juga melorot dalam sekejap. Easy come, easy go.

Carilah jasa seo yang sistem perhitungan harga dan sistem kontraknya tidak merugikan anda sebagai pemilik bisnis. Sangatlah tampak, bahwa dua cara penentuan harga yang saya kasih contoh di atas adalah jasa seo yang tidak memihak pada kepentingan client.

Salam,
Fanny Ratnawati
Penulis adalah pemilik website Jasa SEO Murah Paketseo.com

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun