Mohon tunggu...
Fandy Rahmatullah
Fandy Rahmatullah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seseorang yang sangat tertarik dengan teknologi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengimplementasikan Digital Marketing kepada Pelaku Usaha Risol

9 September 2021   16:10 Diperbarui: 9 September 2021   16:10 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back To Village III UNEJ di Desa Jember Kidul, Kabupaten Jember dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 2021 sampai 9 September 2021. 

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu wirausaha supaya mampu mempertahankan bisnisnya di tengah pandemi Covid19 dengan menggunakan strategi pemasaran menggunakan media sosial. Dengan visi pelaku usaha di Jember Kidul dapat memanfaatkan digital marketing dalam menjual produknya. 

Serta memiliki misi dalam pengembangan pelaku usaha dalam menjual produk secara online, pengembangan inovasi pada produk yang sudah ada dan mampu memanfaatkan sistem transaksi menggunakan pembayaran digital.

Kegiatan ini dilaksanakan karena pemasaran yang dilakukan sebagian besar pelaku usaha masih tergolong konvensional. Sistem pemasaran ini menjadi andalan saat sebelum pandemi Covid19 terjadi. 

Namun, setelah adanya pandemi Covid19 para konsumen yang sering beraktivitas di luar rumah pun menjadi mengurangi aktivitas mereka sehingga penjualan menggunakan sistem konvensional menjadi turun drastis. Dalam mengatasi hal tersebut maka pelaku usaha harus mengganti sistem pemasaran menjadi digital yang mana sistem ini menggunakan media sosial sebagai alat promosi.

Kegiatan ini berlangsung dalam bentuk pelatihan dan pembinaan yang dilakukan selama 3 minggu. Pada minggu pertama, saya memberikan pelatihan dan pembinaan cara membuat label dan packaging supaya produk dapat dibedakan dari produk lain yang sejenis serta dapat dikemas dengan baik yang bertujuan untuk penjualan frozen food. 

Selanjutnya, pada minggu kedua, saya membina dalam pembuatan akun media sosial yang bertujuan untuk menjual produk secara online dan memberi pelatihan dalam memanfaatkan penggunaan pembayaran digital seperti ovo, gopay, dana dan linkaja. Selain itu, pada minggu ketiga, saya membantu dalam pengembangan produk turunan sebagai inovasi dari produk yang sudah ada serta membantu dalam menentukan harga jual produk.

Kegiatan dilaksanakan di rumah pelaku usaha risol, yang berlokasi di Jl. Syamanhudi III No. 51, Jember Kidul, Kaliwates, Jember. kegiatan ini juga melibatkan 1 pelaku usaha risol dan 4 orang anak SMA/SMK. Dengan dilibatkannya 4 orang anak SMA/SMK diharapkan dapat menjadi calon reseller ataupun pelaku usaha juga.

Hasil dari kegiatan yang telah terlaksana melahirkan produk yang lebih berkualitas dan terlihat mahal, jumlah konsumen meningkat, dan harga dapat bersaing di pasar. Setelah dilaksanakannya kegiatan, banyak konsumen yang tertarik untuk membeli akan tetapi konsumen masih didominasi dari wilayah kota Jember. Kegiatan berlangsung di rumah pelaku usaha risol selama 3 minggu mulai tanggal 11 Agustus 2021 sampai 9 September 2021. 

Diharapkan dengan adanya inovasi kreatif yang diberikan ini dapat membantu usaha makanan tersebut dapat mengoptimalkan bisnisnya secara online maupun offline.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun