Teori Lev Vygotsky dan Piaget tentang Perkembangan Sosial dan Kognitif
Lev Vygotsky dan Jean Piaget adalah dua tokoh besar dalam psikologi perkembangan yang memberikan pandangan berbeda tentang bagaimana manusia berkembang secara sosial dan kognitif. Keduanya sepakat bahwa perkembangan kognitif dan sosial merupakan bagian penting dari pertumbuhan manusia, tetapi mereka memiliki pendekatan yang berbeda dalam menjelaskan proses tersebut.
Teori Lev Vygotsky
Lev Vygotsky menekankan pentingnya lingkungan sosial dan budaya dalam perkembangan kognitif dan sosial seseorang. Pendekatannya dikenal sebagai Teori Sosiokultural, yang memiliki prinsip utama berikut:
1. Peran Interaksi Sosial
Vygotsky percaya bahwa perkembangan kognitif seseorang terutama dipengaruhi oleh interaksi dengan orang lain, terutama orang dewasa atau teman sebaya yang lebih berpengalaman.
Proses belajar terjadi melalui komunikasi dan kolaborasi dalam lingkungan sosial.
2. Zona Perkembangan Proksimal (Zone of Proximal Development/ZPD)
ZPD adalah jarak antara apa yang dapat dilakukan seorang individu sendiri (kemampuan aktual) dan apa yang dapat mereka capai dengan bantuan orang lain (kemampuan potensial).
Bantuan ini disebut scaffolding, di mana orang dewasa atau teman sebaya memberikan dukungan hingga individu mampu menyelesaikan tugas secara mandiri.
3. Peran Bahasa