Mohon tunggu...
faldiano iffan
faldiano iffan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ketua Ormawa HM PELITA UNS

Seorang yang ingin terus belajar dan mengexplore dunia baru

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

PPK Ormawa HM Pelita: Pentingnya Branding sebagai Identitas

1 September 2024   00:34 Diperbarui: 1 September 2024   00:36 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim PPK Ormawa Himpunan Mahasiswa Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (HM Pelita) Universitas Sebelas Maret (UNS) adakan kegiatan pelatihan Branding kemasan di Desa Mundu, Kabupaten Klaten pada hari senin 26 Agustus 2024. Pelatihan Branding ini diadakan karena menyadari pentingnya Branding dan Labeling sebagai ciri khas dari suatu produk yang akan dikenalkan. Pelatihan ini juga bertujuan untuk mempelajari terkait hal hal penting yang perlu dicantumkan dalam suatu produk.

Kegiatan Branding yang diadakan di kediaman Mas Sri Umum selaku ketua Kelompok Tani Ternak Margo Mulyo 3 dihadiri oleh 21 petani peternak yang saat ini tergabung dalam Kelompok Tani Ternak Margo Mulyo 3 serta 15 anggota Tim PPK Ormawa HM Pelita bersama volunteer yang membantu dan mengikuti kegiatan pelatihan branding. Tidak hanya Mahasiswa, Pelatihan ini dihadiri juga oleh dosen Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) yang menjadi dosen pendamping dari PPK Ormawa HM Pelita yakni Dr. Ir. Emi Widyanti S.P., M.Si.

Iffan Faldiano selaku pemateri menyampaikan gambaran-gambaran mengenai pentingnya branding dalam memaksimalkan potensi usaha yang ada. Iffan Faldiano selaku pembicara paham betul bagaimana cara branding yang tepat dalam pengimplikasian langsung karena memiliki latar belakang sebagai Duta Fakultas Pertanian 2023 dan Ketua Himpunan Mahasiswa Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (HM Pelita) periode 2024. Pada acara ini ditujukan agar peserta pelatihan, dalam hal ini yaitu Kelompok Tani Ternak Margo Mulyo 3, mampu memiliki pandangan tentang bagaimana upaya mereka dalam memanfaatkan aset dengan memperbaiki branding atau citra produk mereka. Disisi lain, pelatihan juga mampu meningkatkan semangat para pelaku usaha untuk tetap bersaing di era digital.

Kelompok Tani Ternak Margo Mulyo 3 Menjalani Pelatihan Branding/dok. pri
Kelompok Tani Ternak Margo Mulyo 3 Menjalani Pelatihan Branding/dok. pri

Sebagai Peserta, Kelompok Tani Ternak Margo Mulyo 3 dapat menerima dan memberikan feedback yang baik dalam pelatihan ini karena menyadari betul, pentingnya paham mem-branding sebagai milenial yang harus bersaing di era digital. Tri Usodo sebagai Anggota Kelompok Tani Ternak Margo Mulyo 3 menyampaikan "Ternyata dalam menjual produk tidak hanya soal barang yang dikemas lalu dipasarkan. Mem- branding perlu memahami detail kecil terkait apa yang mau dipasarkan, komposisi apa yang akan dipasarkan dan juga ciri khas apa yang mau dipasarkan." Mendengar Pernyataan dari Mas Tri Usodo dapat dikatakan bahwa peserta dapat menyerap terkait apa yang telah disampaikan dari Pelatihan Tim PPK Ormawa HM Pelita.

Selaku dosen pembimbing, Dr. Ir. Emi Widyanti S.P., M.Si., berharap Kelompok Tani Ternak Margo Mulyo 3 sebagai pelopor kelompok peternak generasai muda dapat menerapkan apa yang telah disampaikan dalam pelatihan Branding ini dapat terus diterapkan untuk keberjalanan Kelompok Tani Ternak Margo Mulyo 3 dalam kiprahnya menekuni dunia pertanian peternakan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun