Mohon tunggu...
Muhammad FakhriAvaqo
Muhammad FakhriAvaqo Mohon Tunggu... Lainnya - Masih belajaran sih hehe

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 20107030083

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Luncurkan Desain Identitas Visual KWT Tegalsari

8 November 2024   21:33 Diperbarui: 8 November 2024   21:46 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta bekerjasama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) Lestari Tegalsari di Tegalsari, Pakembinangun, Pakem, Sleman, DIY, untuk merancang dan meluncurkan identitas visual baru bagi kelompok tersebut. 

Proyek ini bertujuan memperkuat upaya promosi KWT Lestari yang selama ini aktif mengembangkan produk olahan lidah buaya, memiliki prestasi di sektor pertanian, dan menawarkan daya tarik wisata pendidikan, namun belum memiliki identitas visual yang konsisten untuk dikenal luas oleh masyarakat.

Desain logo ini adalah hasil karya mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta Ade Subhan Affandi, di bawah bimbingan dosen Sheila Lestari Giza Pudrianisa, M.I.Kom, yang merepresentasikan berbagai aspek penting dari KWT Lestari.

 Unsur-unsur yang dimasukkan dalam logo ini meliputi simbol petani wanita sebagai representasi anggota kelompok, elemen buku sebagai tanda komitmen KWT dalam aspek edukasi, serta tanaman lidah buaya yang menjadi produk unggulan kelompok tersebut. 

“Harapan saya, dengan adanya logo ini, KWT Lestari Tegalsari bisa lebih dikenal masyarakat luas, sekaligus membantu KWT memiliki identitas yang kuat dan mudah diingat,” ujar Ade.

Dalam proses pembuatan logo, mahasiswa terlibat langsung dalam penelitian yang mencakup wawancara dan observasi mendalam terhadap anggota KWT Lestari Tegalsari. Ade Subhan Affandi berupaya memahami nilai-nilai inti kelompok, lalu mengaplikasikan prinsip-prinsip komunikasi visual untuk memastikan pesan dari logo ini bisa tersampaikan dengan jelas.

 Setiap unsur logo, seperti simbol petani wanita, buku, dan lidah buaya, dipilih berdasarkan riset agar tak hanya menarik, tapi juga bermakna bagi KWT Lestari. 

identitas visual ini dirancang agar bisa mendukung kegiatan promosi KWT, menarik minat wisatawan edukasi, serta memudahkan komunikasi dengan konsumen dan mitra. Karya ini memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan teori komunikasi secara nyata sekaligus mengembangkan konsep branding yang relevan bagi organisasi komunitas.

Dosen pembimbing, Sheila Lestari Giza Pudrianisa, menekankan pentingnya logo sebagai elemen utama identitas organisasi yang membedakan produk dari kompetitor dan membantu KWT Lestari menjadi lebih menonjol di mata masyarakat. 

“Tanpa identitas visual yang jelas, akan sulit bagi organisasi untuk berkembang karena publik kesulitan mengenali dan mengingat produk mereka,” ungkap Giza. “Oleh karena itu, saya mendukung penuh inisiatif mahasiswa untuk membantu organisasi seperti KWT Lestari Tegalsari agar memiliki identitas organisasi yang kokoh,” tambahnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun