Pada hari Kamis (09/5/2024), kami kelompok 1 yang berisikan 10 orangÂ
1) Farahdilla Aisyah, 2) Aldo Romero Manaqis, 3) Althaf Muhammad Akhdan, 4) Fajrian Sultoni Hutapea, 5) Kunti Diah Ayu Lestari, 6) Muhammad Al-ghyfahri, 7) Nabilla Salsa Putri, 8) Rustu Fattah Ar-rozzaq, 9) Salwa Sabilah, 10) Sifa Rahmawati
Dari jurusan Manajemen Program Sarjana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta melaksanakan tugas kami yakni pengabdian masyarakat
Sesuai dengan pilar pembangunan indonesia emas 2045 yaitu pengembangan manusia dan pengembangan iptek, artinya harus ada peningkatan mengenai taraf dan kualitas pendidikan rakyat Indonesia. Salah satu upaya mewujudkannya adalah dengan meningkatkan literasi terutama sejak dini atau anak - anak. Secara sederhana, Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan literasi sebagai kemampuan membaca dan menulis.
 Literasi merupakan pondasi penting dalam membangun karakter dan kecerdasan intelektual anak - anak. Kesadaran akan pentingnya literasi menjadi semakin krusial. Literasi tidak hanya tentang kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga tentang kemampuan  dalam berpikir, memahami konteks, serta menyerap informasi dengan benar. Oleh karena itu penting bagi kami melakukan pengabdian untuk membuka pandangan yang lebih luas kepada anak - anak mengenai literasi.
Komunitas Teras Baca Ufo, sebagai salah satu inisiatif sosial yang berfokus pada peningkatan literasi, memegang  peran penting dalam mendukung perkembangan literasi anak - anak di lingkungan sekitarnya. Melalui program - programnya, komunitas ini berupaya membangun kecintaan membaca sejak dini, anak - anak tidak hanya diajak untuk mengenal dunia melalui buku, tetapi juga didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir yang akan bermanfaat dalam berbagai aspek kehidupan mereka di masa depan. Tim kami hadir dengan harapan dapat memberikan dukungan, kebersamaan, serta memberikan pelatihan kepada anak - anak Komunitas Teras Baca Ufo dan sekitarnya mengenai pentingnya literasi dan kaitannya dengan kepemimpinan.
Â
Setelah pengabdian diharapkan anak - anak mengerti tentang jiwa kepemimpinan dan bagaimana literasi berpengaruh di dalam itu semua. Literasi akan menciptakan pemimpin yang berani, percaya diri, bertanggung jawab, mempunyai kecerdasan intelektual karena pengetahuan dan pemahamannya, dan  dapat menjadi contoh baik bagi orang lain dan lingkungannya. Dengan mempertimbangkan betapa pentingnya mengembangkan nilai kepemimpinan melalui literasi maka, pengabdian ini memiliki tujuan meningkatnya kesadaran pentingnya literasi kepada anak - anak di Komunitas Teras Baca Ufo.
Tinjauan pustaka
a. Â Pentingnya Literasi pada Anak -- Anak
    Literasi merupakan keterampilan dasar yang penting dan harus dimiliki oleh setiap anak - anak dalam masa perkembangannya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, mendefinisikan literasi sebagai kemampuan membaca dan menulis. Sedangkan menurut UNESCO (2006), Mendefinisikan literasi sebagai kemampuan yang bukan hanya sekedar membaca dan menulis, tetapi juga melibatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman terhadap informasi. Anak - anak yang memiliki tingkat literasi yang baik cenderung  lebih berhasil dalam pendidikan formal dan memiliki keterampilan hidup yang lebih baik (Snow, Burns, Griffin, 1998).
b. Â Tantangan Literasi di Indonesia
   Indonesia menghadapi tantangan signifikan dalam meningkatkan literasi, terutama pada anak - anak di era modern ini. Berdasarkan data dari Program International School Assessment PISA 2022, kemampuan rata - rata membaca Indonesia sebesar 366 poin masih berada di bawah rata - rata internasional dengan jumlah sebesar 472 poin (OECD, 2022). faktor - faktor seperti kurangnya akses terhadap bahan bacaan, kualitas pendidikan yang tidak merata, dan rendahnya minat baca menjadi kendala utama yang harus diatasi (Hartono, 2020).
c. Â Peran Komunitas Dalam Meningkatkan Literasi
      Menurut Anderson (2000), inisiatif berbasis komunitas dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak - anak untuk belajar dan berkembang. Komunitas Teras Baca Ufo hadir sebagai wadah bagi anak - anak di lingkungan sekitarnya untuk memberikan pengembangan kemampuan membaca dan menulis mereka. Bukan Hanya sekedar itu, program dan kegiatan inovatif yang menyenangkan pun turut dihadirkan di dalam komunitas ini. Oleh karena itu, menggerakkan masyarakat untuk lebih aktif dan peduli dalam mendukung inisiatif literasi menjadi langkah strategis untuk memastikan generasi mendatang tumbuh menjadi individu yang cerdas, kritis, dan kompeten.
d. Â Kepemimpinan
    Kepemimpinan adalah kemampuan mempengaruhi bawahan atau kelompok untuk bekerja sama mencapai tujuan organisasi atau kelompok. Kepemimpinan dapat terjadi di mana saja, asalkan seseorang menunjukkan kemampuannya mempengaruhi perilaku orang lain ke arah tercapainya suatu tujuan tertentu.
  Bahkan kepemimpinan bisa diartikan sebagai sebuah proses untuk mempengaruhi orang lain agar mampu memahami serta menyetujui apa yang harus dilakukan sekaligus bagaimana melakukannya, termasuk pula proses memfasilitasi upaya individu atau kelompok dalam memenuhi tujuan bersama. (Gary Yukl, 2009:26).