Mohon tunggu...
Fajjrul NurIlham
Fajjrul NurIlham Mohon Tunggu... Mahasiswa - hmm

biooo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengembangan dan Inovasi Usaha, KKN Mandiri UNTAG Surabaya membantu UMKM

3 Januari 2022   06:30 Diperbarui: 3 Januari 2022   06:52 179
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto bersama ketua RT.01 RW.03 Kelurahan Semolowaru

Surabaya (25/12/2021) - Adanya pandemi covid-19 yang masuk ke negara Indonesia sejak Maret 2020, memberikan dampak yang besar terhadap penurunan ekonomi masyarakat. Hal tersebut diakibatkan imbas adanya pembatasan mobilitas sebagai salah satu cara dalam memutus rantai penyebaran covid-19 di Indonesia. Penurunan ekonomi masyarakat yang paling terdampak yaitu pada sektor UMKM baik skala mikro dan makro.

foto bersama mitra UMKM
foto bersama mitra UMKM

Dalam mengatasi permasalahan tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fajjrul Nur Ilham Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ,prodi Ilmu Hukum melakukan kegiatan KKN dibawah bimbingan Dosen Dr. Erny Herlin Setyorini SH. MH. Program KKN yang dijalankan yaitu melakukan Pengembangan UMKM dan Inovasi Usaha Jajanan Onde-Onde Ubi Ungu Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Semolowaru yang berlangsung mulai tanggal 07 Desember hingga 05 Januari 2022.

inovasi Onde-Onde Ubi Ungu
inovasi Onde-Onde Ubi Ungu

Program ini merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan ekonomi masyarakat khususnya di Kelurahan Semolowaru RT.01 RW.03. Pengembangan inovasi usaha ini dilakuakn terhadap salah satu warga Kelurahan Semolowaru dengan rancangan program pembuatan inovasi Onde-Onde Ubi Ungu guna meningkatkan perekonomian di masa pandemi.

pembuatan promosi media online melalui facebook dan instagram
pembuatan promosi media online melalui facebook dan instagram

Hasil wawancara dengan salah satu warga di Kelurahan Semolowaru, adanya pandemi Covid-19 berdampak pada perekonomian nya ,salah satu program KKN ini adalah dengan pengembangan usaha dilakukan dengan berbagai promosi mulai dari WA ,Instagram , Facebook guna menjangkau lebih luas konsumen .Untuk mendukung proses penjualan/pemasaran pendampingan yang dilakukan program rebranding kemasan produk dengan cara membeli bungkus baru pada produk Onde-Onde Ubi Ungu dam membuat logo baru untuk usaha sehingga untuk lebih menarik perhatian dan meningkatkan pemasaran dan meningkatkan volume penjualan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun