Mohon tunggu...
Moch Fadjar Wisnu
Moch Fadjar Wisnu Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Mahasiswa Universitas Diponegoro Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Administrasi Publik K. Rembang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Inovasi Pemasaran dalam Pemberdayaan UMKM Kopi Tani Pati di Desa Klumpit

10 Agustus 2023   07:10 Diperbarui: 10 Agustus 2023   07:26 273
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Produk UMKM Kopi Tani

Desa Klumpit, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati (23/07/2023) -- Pati, sebuah kota yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia, telah menjadi tempat lahir bagi sejumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berfokus pada industri kopi. Melalui inovasi, kreativitas, dan semangat wirausaha, UMKM Kopi Pati telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam mempromosikan kekayaan rasa dan aroma kopi Indonesia ke tingkat lokal dan internasional.

Kopi merupakan salah satu komoditas perdagangan utama di dunia, dengan permintaan yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Di banyak negara, termasuk di Indonesia, kopi adalah salah satu sumber pendapatan utama bagi petani dan pelaku usaha di sepanjang rantai nilai kopi. Namun, banyak pelaku UMKM kopi masih menghadapi berbagai tantangan salah satunya yakni mengenai pemasaran yang belum begitu luas.

Dalam rangka mengembangkan UMKM Kopi Tani Pati, Mahasiswa TIM II KKN Universitas Diponegoro membuat Program Kerja yakni "Pemberdayaan UMKM Kopi Tani Pati". Maksud dari program ini untuk membantu pemasaran Produk Kopi Tani Pati dengan harapan dapat memperluas akses pasar dan dapat meningkatkan penjualan.

Inovasi pemasaran dalam Pemberdayaan UMKM Kopi Tani Pati yang diberikan oleh Mahasiswa TIM II KKN Universitas Diponegoro yakni Platform Pemasaran Online dan Sosial Media. Pemanfaatan Platform media sosial seperti facebook memungkinkan UMKM Kopi Tani untuk mencapai audiens secara luas serta berpartisipasi dalam platform e-commerce seperti shopee yang memungkinkan UMKM Kopi Tani Pati memiliki Toko online sendiri.

Inovasi pemasaran dalam pemberdayaan UMKM kopi memiliki potensi untuk mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi oleh pelaku UMKM dalam mencapai pasar yang lebih luas. Melalui pemanfaatan teknologi dan pendekatan kreatif, UMKM kopi dapat meningkatkan visibilitas produk mereka, mengembangkan pangsa pasar baru, dan menciptakan nilai tambah bagi pelanggan.

Penulis dan Pelaksana : Moch. Fadjar Wisnu Murti (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Administrasi Publik)

Dosen Pembimbing Lapangan : Mochamad Rizki Fitrianto., S.AP., M. AP

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun