Mohon tunggu...
Fajar Riyanto
Fajar Riyanto Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Feed Mobile Ajarkan Memilih Investasi

27 Januari 2017   15:55 Diperbarui: 27 Januari 2017   16:15 656
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber foto : kompas.com

Sebagai seorang kepala rumah tangga, tentu saya harus berpikir keras untuk bisa memenuhi kebutuhan anak dan istri saya. Tidak hanya itu, faktor kebahagiaan seperti liburan, jalan-jalan, dan entertaint lain juga harus masuk dalam agenda. Oleh karena itu,  jika mengandalkan penghasilan bulanan saya sebagai karyawan swasta rasanya agak sulit. Selain itu, saya juga harus menyisihkan uang untuk ditabung bila ada keperluan mendesak.

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan adalah menginvestasikan uang tabungan untuk membuka usaha. Setelah beberapa waktu “galau” ingin membuka usaha jenis apa karena masih melihat peluang, saya dan istri memutuskan untuk membuka usaha laundry kiloan. Kebetulan rumah saya ada garasi yang bisa dijadikan gerai laundry, sementara untuk pengerjaannya bisa di belakang rumah.

Meski terkadang mengalami pasang-surut, saya merasa usaha ini belum cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga karena beberapa tahun mendatang, anak saya harus masuk perguruan tinggi yang memakan biaya tidak murah. Saya pun mulai berpikir untuk mencara investasi lain.

Setelah beberapa kali “curhat” sama teman, ada salah satu kawan yang merekomendasikan memfollow akun media sosial Program Feed Mobile. Menurutnya, dalam akun tersebut kita bisa belajar memilih investasi yang sesuai dengan kantong kita dan diajarkan bagaimana mengelola keuangan yang baik dan benar.

Sesampainya di rumah, saya langsung browsing apa itu Program Feed Mobile. Ternyata program tersebut adalah program yang dirilis oleh Mercy Corps Indonesia yang diinisiasi oleh Citi Foundation. Saya pun langsung mengecek salah satu akun Facebook  Fan Page Feed Mobile dengan username feedmobile_mci.

Setelah melihat postingan dari Feed Mobile, saya menemukan apa yang saya cari, yaitu tips menentukan investasi. Salah satu yang dibahas oleh Feed Mobile adalah reksadana. Reksadana wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana.

Dalam akun Feed Mobile dijelaskan ada empat macam reksadana yaitu reksadana pasar uang, reksadana saham, reksadana campuran, dan, reksadana pendapatan tetap. Dari berbagai macam reksadana, saya memilih reksadana pendapatan tetap karena nilai investasinya yang lumayan rendah, yaitu hanya Rp 100.000 dan lebih, reksadana pendapatan tetap ini lebih terlihat hasilnya.

Meskipun demikian, Feed Mobile nampaknya tidak mau hanya memberikan “angin surga” bagi followernya karena mereka juga menjelaskan resiko yang akan dihadapi ketika kita berinvestasi di reksadana. Sebab, dimana ada potensi keuntungan, disana ada juga potensi kerugian dan itulah hukum ekonomi yang semua harus ketahui.

Secara keseluruhan, akun media sosial Feed Mobile telah membantu saya dalam menentukan investasi dan juga banyak menginspirasi karena banyak kisah sukses yang diceritakan Feed Mobile dalam acara kegiatan mereka. Semoga Feed Mobile bisa terus memberikan edukasi melalui medsos dan lainnya karena hal seperti ini banyak dibutuhkan orang-orang seperti saya. Terima kasih

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun