Kenapa sih orang dewasa juga masih perlu belajar?
Pembelajaran manusia tidak berlaku bagi orang yang berusia muda saja, orang dewasa pun harus mendapat pendidikan baik secara informal maupun nonformal. Orang dewasa memiliki kematangan konsep diri bergantung pada apa yang terjadi pada masa kecilnya menuju pada arah kemandirian dirisendiri. Kematangan psikologis orang dewasa bisa dilihat dalam mengarahkan keinginannya sendiri tanpa diarahkan, dipaksa, maupun dimanipulasi oleh orang lain. Jadi, apabila orang dewasa menghadapi situasi yang tidak memungkinkan menjadi dirinya sendiri, dia akan merasa tertekan dan tidak nyaman. Karena bukan anak kecil, orang dewasa dalam pembelajaran tidak dapat disamakan dengan pembelajaran anak sekolah, orang dewasa perlu memahami apa yang sedang dialaminya, apa yang diharapkannya, apa jalan keluarnya. Menurut Lunandi (1987) yang terpenting dalam pendidikan orang dewasa adalah apa yang dipelajari pelajar, bukan apayang diajarkan pengajar
Proses pembelajaran pada orang dewasa membutuhkan strategi tersendiri agar peserta didik dapat belajar secara efektif dan efisien. Salah satu strategi pada proses pembelajaran yaitu dengan cara menerapkan metode dan teknik pembelajaran. Metode yang diterapkan dalam pembelajaran orang dewasa tentunya harus disesuaikan dengan faktor sarana dan prasarana yang tersedia guna mencapai tujuan akhir pembelajaran, yaitu pengalaman belajar yang bermutu bagi para peserta.
Penetapan pemilihan metode seharusnya guru mempertimbangkan aspek tujuan yang ingin dicapai, yang dalam hal ini mengacu pada garis besar program pengajaran yang dibagi dalam dua jenis:
1. Rancangan proses untuk mendorong orang dewasa mampu menata dan mengisi pengalaman baru dengan mempedomani masa lampau yang pernah dialami, misalnya dengan latihan keterampilan, melalui tanya jawab, wawancara, dan lain-lain, sehingga mampu memberi wawasan baru pada masing-masing individu untuk dapat memanfaatkan apa yang sudah diketahuinya.
2. Proses pembelajaran yang dirancang untuk tujuan meningkatkan transfer pengetahuan baru, pengalaman baru, keterampilan baru, untuk mendorong masing-masing individu orang dewasa dapat meraih semaksimal mungkin ilmu pengetahuan yang diinginkannya, apa yang menjadi kebutuhannya, keterampilan yang diperlukannya, misalnya belajar menggunakan program komputer yang dibutuhkan di tempat ia bekerja.
Lalu metode apa saja yang bisa diterapkan pada orang dewasa? mari kita bahas temen-temen.
Beberapa metode yang sering digunakan dalam pembelajaran orang dewasa, diantaranya yaitu:
1. Ceramah dan Tanya Jawab
Metode ceramah tanya jawab adalah penerangan dan penuturan secara lisan oleh guru terhadap peserta, lalu peserta mendengarkan dengan teliti dan mencatat hal-hal pokok dengan menggunakan alat bantu mengajar (media) oleh guru, setelah itu guru menggunakan/memberi pernyataan kepada peserta dan peserta menjawab, atau sebaliknya peserta bertanya pada guru dan guru menjawab pertanyaan peserta itu (J.J.Hasibuan & Moedjiono, 2010:150).
2. Demonstrasi atau Praktikum Metode