Assalamualikum wr.wb
Alhamdulillah saya masih diberikan kesempatan untuk menulis sebuah resume mata kuliah olimpisme. Kali ini materi ke-10 membahas tentang “PENANAMAN OLIMPISMEUNTUK MEMBANGUN LINGKUNGAN PENDIDIKAN YANG KONDUSIF (Orientasi Sekolah-Sekolah Modern)”
TELAH TERJADI PERUBAHAN DENGAN SEKALA GLOBAL DI BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN DI DUNIA
EKONOMI
KENDALI EKONOMIADA DITANGAN NEGARA-2 MAJU
PERSAINGAN BISNI MENINGKAT TAJAM (KOMPETITIF)
SOSIAL
TERBENTUK MASYRAKAT GLOBAL (MULTI SOSIAL)
KEHIDUPAN INDIVIDUALIS MAKIN MENINGKAT
POLITIK
TERJADI DEMOKRATISASI KARENA KETERBUKAAN
KETERIKATAN TERHADAP “REGULASI INTERNASIONAL”
BUDAYA/KULTUR
KETERBUKAAN/TRANSPARANSI
GLOBALISASI BUDAYA, “ CROSS CULTUR “
TERCIPTANYA ” KEHIDUPAN DUNIA MAYA”
SUMBERDAYA MANUSIA (SDM) MENJADI FAKTOR STRATEGIS
•SDM Sebagai faktor sentral “perubahan”
•Kompetensi SDM sebagai “nilai kompetitif”
•SDM sebagai “aset utama” Negara/Perusahaan
•Perlu penyiapandan pengelolaan SDM yang tepat,dengan orientasi “kompetensi global”
KOMPETENSI SDMYANG DITUNTUT OLEH LINGKUNGANKOMPETITIF SAAT INI
•Pengetahuan/Wawasan Global
- Berbasis Teknologi dan Informasi
- Kecerdasan dalam Inovasi & Kreatifitas
- Pemahaman Nilai-Nilai Universal (LintasBudaya)
•Keterampilan Global
- “ Soft Skill” (komunikasi/interaksi)
- IPTEK & Informatika
- Ketrampilan Kompetitif(spesifik & berdaya saing)
•Sikap / Perilaku
- Disiplin, Dipercaya
- Dinamis &Flexible
- Inisiatif & Proaktif
- Inovatif & Kreatif
- Mandiri / “Survive”
Beberapa Artikel Tentang Pendidikan Di Indonesia
Industri butuh tenaga yang memiliki soft skill yang baik. Misalnya ; karakter yangriang, percaya diri, pandai berkomunikasi/interaksi, kreatif, inovatifdan mampu bekerjasama(Dirjen Dikti,Diknas, Republika, 30 Jun 2008)
Soft Skillharus dibangun dan dikembangkan secara terpadu & berkesinambungan mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.(Lee Kwanyu, Ex PM Singapura)
“ TELAH TERJADI GAP BESAR ”ANTARAPENDIDIKANDENGAN LINGKUNGANEKSTERNAL DI INDONESIA
Proses Pendidikan
Orientasi terhadap pengembangan
Intelektual (Intellectual development)
Penyiapan untuk menghadapi masalah
yang sederhana
Pembentukan Sikap-Sikap Dasar”
“Normatif” (etika, sopan - santun,
disiplin, birokratis)
PolaHubunganLebih Formal, Satu
Arah dan Otokratis.
“Sukses” » “Hasil/ Prestasi Belajar”
Menekankan “Hard Skill”
Tuntutan Eksternal
Orientasi terhadap “human development “ (Intelektual , ketrampilan dan moral & periaku profesional ).
Masalah yang dihadapi lebih “complex”, yang memerlukan ketangguhandayanalar, fisik dan psikis.
Sikap - SikapProfesional(kejujuran, adil, respek, keunggulan).
Pola Hubungan Informal, persahabatan,saling memahami, kedamaian,leadership)
“Sukses” » “HasilPrestasi/Karya Total” Menekankan pada “Soft skill”