Progresivisme merupakan suatu aliran filsafat pendidikan yang modern,yang menghendaki adanya sebuah perubahan,pelaksanaan pendidikan menjadi lebih maju lagi.dapat dipahami bahwasannya pernyataan merupakan sebuah langkah menuju suatu perubahan dimana yang biasanya tidak ada dimasa yang akan mendatang.
Seperti adanya kemajuan IPTEK dibidang pendidikan.dalam semua aliran filsafat mempunyai tujuan masing masing, progresivisme berarti maju,maksudnya menuju kebaikan yang bertingkat naik ,dengan demikian pragmativisme dimaknai sebagai suatu gerakan menuju perbaikan.
Filsafat pendidikan pragmativisme dengan diberi adanya kebebasan,seperti kebebasan berpendapat,kebebasan mengembangkan bakat dan minat siswa sendiri.serta siswa dapat mencari tau dan memecahkan masalah masalah yang ada.sedangkan kekurangannya yaitu siswa hanya mementingkan dirinya sendiri,mengabaikan kurikulum yang telah ditentukan.pemikiran filsafat progresivisme memiliki tujuan bahwa pendidikan harus lebih maju dan memfokuskan pada anak bukannya bidang muatan,artinya bahwasanya dalam suatu aliran filsafat progresivisme yang lebih maju dalam proses pembelajaran.
Tokoh dan pemikiran filsafat pendidikan progresivisme
1. George Axtelle
George Axtelle menyatakan bahwa dimana bagiannya dunia pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dan bagi semua manusia.di dalam sebuah pendidikan manusia akan mendapatkan berbagai bakat untuk bersosialisasi dalam masyarakat tersebut.di dalam pendidikan,manusia mendapatkan berbagai praktek teori  berdomokrasiÂ
2. Lawrence B.Thomas
Lawrence bahwa semua manusia mempunyai individu,memiliki berbagai kemampuan dari sejak lahir,dan kemampuan yang dimiliki manusia dapat memecahkan segala permasalahan yang ada di hidupnya.
3. Ernest BatleyÂ
Menurut Ernest Batley pendapat atau asumsi manusia harus mampu menyelesaikan masalah yang ada pada hidupnya dengan berpikiran positif,rasional dan mampu ilmiah serta segala yang ada di hidupnya.
4. William O. Stanley