Mohon tunggu...
Faizal Indaryanto
Faizal Indaryanto Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Pendidikan Teknik Informatika

Fotografer dan Sinematografer

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Science Game Zone, Media Pembelajaran Inovatif dan Solutif tentang Struktur Bumi

2 September 2021   10:00 Diperbarui: 2 September 2021   10:05 493
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(5 Mahasiswa UM Penggagas SCIENCE GAME ZONE. Sumber Gambar : Dokpri)

Lima mahasiswa Tim PKM-K Universitas Negeri Malang (UM) telah sukses memproduksi media pembelajaran berupa mini ensiklopedia yang terintegrasi oleh game yang dipadukan dengan teknologi Augmented Reality (AR) berbasis android. 

Buku yang berjudul Struktrur Bumi ini diperkenalkan kepada guru dan berbagai sekolah tingkat menengah sebagai media pembelajaran pendamping pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di tingkat SMP.

Direktur Utama SCIENCE GAME ZONE (SGZ) Dina Febrianti mengungkapkan, media pembelajaran ini tercipta dari permasalahan pembelajaran di masa pandemi yang dilaksanakan secara daring membuat siswa memiliki motivasi belajar yang rendah serta lebih tertarik pada game online.

Berdasarkan hasil survei tim ke beberapa sekolah tingkat menengah, salah satunya dengan Guru SMP Islam Al Amin Kota Malang, Muhamad Suhudi, S.Pd. 

Ia mengatakan bahwa buku cetak kurang memadai pada beberapa materi pelajaran IPA yang tidak dapat dipelajari secara abstrak sehingga perlu adanya pengembangan dalam bentuk visualisasi. Hal ini membuat motivasi belajar siswa rendah dan lebih tertarik pada game online yang memiliki tampilan lebih menarik.

"Sejauh ini buku yang tersedia hanyalah buku cetak yang terkesan membosankan dan kurang mendukung pembelajaran IPA dimana beberapa materi IPA tidak dapat dipelajari secara abstrak contohnya struktur lapisan bumi, kami tidak memiliki buku penunjang pembelajaran siswa yang lebih menarik dan interaktif. Sehingga di zaman teknologi seperti ini siswa lebih tertarik pada game online dari pada belajar". Ujar Suhudi.

Permasalahan tersebutlah yang menjadi latar belakang tim SGZ untuk membuat inovasi dan solutif dengan mengahadirkan media pembelajaran berupa buku pendamping pembelajaran yang berupa inovasi produk buku terintegrasi gamification berbasis android dilengkapi teknologi Augmented Reality (AR). 

Berkat hasil inovasi tersebut, Dina bersama rekannya lolos didanai 100 persen oleh Kemendikbud Ristek dalam Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan tahun 2021 di bawah bimbingan Erti Hamimi S.Pd., M.Sc

(Science Game Zone, Media Pembelajaran Inovatif dan Solutif Karya Mahasiswa UM. Sumber Gambar : Dokpri)
(Science Game Zone, Media Pembelajaran Inovatif dan Solutif Karya Mahasiswa UM. Sumber Gambar : Dokpri)

SCIENCE GAME ZONE dengan series pertamanya merupakan Inovasi Produk Buku mini ensiklopedia terintegrasi gamification berbasis Android dilengkapi teknologi Augmented Reality dengan desain yang menarik, elegan dan praktis sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun