Mohon tunggu...
Faizal Hadi
Faizal Hadi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi baca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisa Pemasaran Dalam Bisnis Kedai Kopi

30 Juni 2024   19:39 Diperbarui: 30 Juni 2024   19:47 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pada era globalisasi saat ini pelaku bisnis  harus berupaya untuk dapat kreativitas dan inovasi, agar tercipta sebuah usaha dari satu dari beberapa usaha yang saat ini banyak di gemari, dan menjadi trend  yaitu usaha ritel. Khususnya pada  bidang coffee shop/warkop. Minuman kopi telah menjadi budaya pada masyarakat indonesia. Dengan banyaknya bermunculan kedai kopi pinggir jalan hingga yang berupa kedai yang memiliki fasilitas fasilitas sangat baik. 

Zainuddin (28) atau kerap disapa bang ding pemuda milineal,pegiat alam, yang penuh tekad dan semangat. Berinisiasi dari saran teman temanya untuk mendirikan sebuah warkopi atau bisa dikenal dengan d basecamp Adventure   yang terletak di jalan darma bakti desa Langko, kecamatan lingsar, kabupaten lombok barat, NTB. Biar ada wadah bagi anak muda tempat: belajar, berdiskusi dan bertukar fikiran. Dan juga menyediakan penyewaan alat outdoor. Hal tersebut perlunya  strategi pemasaran yang tepat supaya  dapat menghadapi persaingan usaha,   untuk menjalankan aktivitas memasarkan produk terdapat beberapa aspek dalam bauran pemasaran produk yaitu : produk, harga, dan distribusi. Kotler&Armstrong (2012) berpendapat bahwa bauran pemasaran yang dikenal dengan marketing mix dideskripsikan sebagai seperangkat alat, untuk memasarkan  produk yang strategis agar mampu mengendalikan produknya harga, distribusi, dan promosi nya. Yang dikombinasikan oleh pengusaha agar didapatkan startegi pemasaran yang tepat. 

Strategi merupakan sesuatu yang krusia l  untuk pelaku usaha hal yang sangat penting bagi pebisnis yang mana stratgeis adalah sebuah tahapan dalam tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan Craig&Grant 2016:29 berpendapat  strategi yaitu target serta tujuan jangka panjang (targeting and long-term goal) 

Suatu usaha atau orientasi aktivitas serta porsi resource yang dibutuhkan agar tercapai target dan tujuannya. 

Hadirnya warung kopi atau coffee shop 

Menjawab kebutuhan manusia akan sebuah ruang yang digunakan untuk bertemu dengan kerabat, sahabat teman 

Sambil mengobrol ditemani dengan minuman favorit, dan suasana yang nyaman. Begitulah? 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun