Mohon tunggu...
Faizalyasindi
Faizalyasindi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Sejarah Universitas Jember

Suka menulis dan membaca/Penggemar karya-karya Tere Liye dan Pramoedya Ananta Toer.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN UMD 001 UNEJ Pelatihan Pemasaran Produk UMKM di Desa Gadingsari, Kecamatan Binakal, Bondowoso

17 Agustus 2023   20:04 Diperbarui: 17 Agustus 2023   20:16 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi: Pelatihan pemasaaran produk kepada Bu Sultanah

Desa Gadingsari, 13 Agustus 2023 - Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jember (UNEJ) UNEJ Membangun Desa (UMD) 001 telah sukses menyelenggarakan pelatihan teknik pemasaran sekaligus rebranding produk lokal unggulan yaitu kerupuk pattola, di Desa Gadingsari.

Acara yang diselenggarakan dengan melibatkan masyarakat ini bertujuan untuk memberikan dorongan baru bagi pengembangan dan pemasaran produk tradisional tersebut.

Pada pelatihan yang berlangsung selama seminggu, salah satu produsen yaitu bu Sultana diajarkan tentang strategi pemasaran modern, dengan menekankan pada pemanfaatan media sosial dan teknologi digital.

Mahasiswa KKN berbagi wawasan terkait cara memanfaatkan platform daring untuk menciptakan kesadaran dan meningkatkan angka permintaan terhadap produk. Salah satu anak bu Sultana juga diajarkan penerapan teknik pemasaran yang efektif sesuai dengan keinginan pasar.

Selain pelatihan teknik pemasaran, kegiatan ini juga memasukkan elemen rebranding. Dalam rangka mengangkat citra kerupuk pattola agar lebih sesuai dengan selera dan tuntutan pasar saat ini, KKN UMD 001 bekerja sama dengan bu Sultana untuk merancang logo baru dan kemasan yang lebih modern pada produk yang beliau hasilkan. Logo baru ini memadukan unsur terkait keistimewaan produk Pattola dan desa Gadingsari.

Bu sultana merespons positif kegiatan ini karena beliau merasa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pemanfaatan teknik pemasaran modern dan rebranding untuk meningkatkan daya saing produk lokal.

Diharapkan bahwa langkah-langkah yang diambil dalam pelatihan ini akan memberikan dampak positif dalam pengembangan kerupuk pattola dan menghidupkan kembali minat terhadap produk tradisional yang bernilai tinggi tersebut. Selain itu, kelompok KKN UMD 001 UNEJ mengharap jika kegiatan ini dapat berkelanjutan dan dapat menimbulkan dampak yang nyata bagi pelaku produsen kerupuk pattola.

Dokumentasi pribadi: produk kerupuk pattola siap dipasarkan
Dokumentasi pribadi: produk kerupuk pattola siap dipasarkan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun