Mohon tunggu...
Faizal Iqbal
Faizal Iqbal Mohon Tunggu... Guru - Gali potensi cipta kreasi raih prestasi

Ojo neko-neko

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Perkembangan Kognitif Masa Kanak-kanak 7-12 Tahun

26 November 2016   04:22 Diperbarui: 26 November 2016   04:46 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
 PERKEMBANGAN KOGNITIF MASA KANAK-KANAK (USIA 7-12) TAHUN

PENGERTIAN PERKEMBANGAN KOGNITIF MASA KANAK KANAK PADA USIA 7-12 TAHUN

Istilah “Cognitive” berasal dari kata cognition artinya adalah pengertian, mengerti. Kognitif adalah proses yang terjadi secara internal di dalam pusat susunan saraf pada waktu manusia sedang berpikir (Gagne dalam Jamaris, 2006). Pengertian yang luasnya cognition (kognisi) adalah perolehan, penataan, dan penggunaan pengetahuan (Neisser, 1976). Menurut para ahli jiwa aliran kognitifis, tingkah laku seseorang/anak itu senantiasa didasarkan pada kognisi, yaitu tindakan mengenal atau memikirkan situasi dimana tingkah laku itu terjadi.

Perkembangan Kognitif Masa Kanak-Kanak Usia(7-12) Tahun.

Pola pikir manusia berkembang sesuai dengan pertumbuhan syaraf otaknya. Karena daya pikir menunjukkan fungsi otak, kemampuan berpikir dipengaruhi oleh kematangan otak yang mampu menunjukkan fungsinya secara baik. Pertumbuhan syaraf yang telah matang akan diikuti oleh fungsinya dengan baik. Oleh karena itu, seorang individu akan mengalami perkembangan kemampuan berfikir ketikan pertumbuhan syaraf pusat telah mencapai fase matang. Perkembangan berfikir diawali dengan mengenal dunia luar. Respon terhadap rangsangan dari luar pada awalnya belum terkoordinasi secara baik. Hamper semua respon yang diberikan bersifat reflek.

Perkembangan Bicara/Bahasa Masa Kanak-Kanak (usia 7-12)Tahun.

Bahasa merupakan perwujudan fungsi-fungsi kognitif. Menurut William Stern dan Clara Stern, pada masa kanak-kanak awal, perkembangan bahasa ditandai dengan:

  1. Dapat menyusun kalimat tunggal yang sempurna
  2. Dapat membentuk kata-kata baru yang lucu
  3. Dapat menyatakan pendapatnya tentang perbandingan
  4. Mampu menyusun kalimat majemuk
  5. Timbul pertanyaan-pertanyaan: apa sebab, mengapa demikian, dst.

Terdapat dua faktor yang mempengaruhi perkembangan berbahasa menurut Syamsul yusuf, yaitu: kematangan pada organ-organ yang berfungsi untuk berbicara dan proses belajar. Kedua proses ini berlangsung sejak masa bayi. Dengan adanya dua faktor tersebut individu dapat mengembangkan keterampilannya berbahasa sebagai berikut:

1. Mampu berkomunikasi dengan orang lain

2. Mampu menyatakn isi hatinya (perasaannya).

3. Terampil mengolah informasi yang diterimanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun