Mohon tunggu...
Faisal yamin
Faisal yamin Mohon Tunggu... Nelayan - Belajar menulis

Seorang gelandangan pikir yang hobi baca tulisan orang

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Petualangan

1 Maret 2021   20:38 Diperbarui: 1 Maret 2021   21:07 179
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tidak selamanya petualangan itu hanya mendaki gunung, nanjak tebing dan melacong ke pantai. Tapi banyak hal, sebab makna petualangan dalam KBBI adalah mengembara. Jadi mencari cinta sejati juga termaksud dalam petualangan.

Intinya, ketika dalam diri kita masih berkhendak untuk mencari hal yang baru, maka di situlah kita bertualang. Iya, termaksud ketika kita yang berkhendak jadi baik.

Itulah catatan saya yang saya tulis di penghujung tahun 2019. Dan untuk menjadi baik, saya rasa kita semua punya cara masing-masing menuju kebaikan itu. Namun perihal niat saya yakin kita sama.

Di sini, ada satu hal yang saya catat dan saya percaya dan mungkin kalian juga demikian bahwa ketika kita hendak menjadi baik atau hebat, maka kita akan dipertemukan dengan orang-orang baik dan hebat.

Saya tidak bisa menyangsikan itu, sebab hampir setiap orang baik ada saja di belakangnya orang baik juga. Sama halnya dengan banyak orang hebat di belakangnya ada orang yang hebat juga. Jadi, jangan pernah ragu langkah yang kalian ambil untuk menjadi baik, menjadi hebat dan menjadi luar biasa. Terus maju sebab kita tidak akan sendiri.

Ada orang-orang di sekitar kita yang menyertai di belakang dengan motivasi, arahan dan nasihat yang melekat di hati dan tempurung kepala sehingga sekali usaha kita sampai pada titik terendah, kita masih bisa memantulkan semangat untuk kembali pada posisi semula.

Orang baik dan orang hebat yang saya maksudkan di sini adalah Hebat gagasannya, baik perilaku dan nasihatnya yang disalurkan ke kita dengan tulus dan ikhlas. Maka suda tentu orang-orang itu adalah orang tua kita dengan rahman dan rahimnya yang tulus adalah yang paling tinggi, kemudian keluarga, teman-teman dan banyak lagi yang kita jumpai di sekitar kita dengan motivasi dan nasihat yang membangun.

Bahkan seorang kekasih yang ikhlas dan tulus juga bagian dari itu. Di sini saya meminjam bahasa dari rektor IPB.

"Mohon dipahami, dukungan dari pasangan itu sangat penting terutama ketika menjadi mahasiswa. Saya sangat merasakan ketika mahasiswa. Pastikan pasangan yang kamu pilih benar-benar mendung setiap langkah yang kamu pilih."

Jadi patut kiranya untuk kita selalu mengenang setiap orang baik dan orang hebat atas jasa mereka ke kita, tanpa mereka kita tidak ada apa-apanya.

"Maka mari bertualang bersama orang-orang baik dan hebat yang selalu menyertai kita."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun