Mohon tunggu...
Javierra
Javierra Mohon Tunggu... Editor - Penulis

Hobi mengeksplorasi tempat-tempat baru dan memotretnya sehingga dapat dikenang dan menjadikan inspirasi dikemudian hari Contact person: 0882-6824-8115

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pembelajaran Matematika Inovatif: Mahasiswa UIN Menginspirasi Siswa Sekolah Nurul Iman

10 Desember 2024   15:12 Diperbarui: 10 Desember 2024   15:39 350
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama siswa yayasan Nurul iman

Palembang, Kompasiana--Pada hari Selasa, 3 Desember 2024, tiga pengajar muda mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang prodi pendidikan matematika yaitu Nasrun Alqorieb, Putri Violin, dan Widya Metaloka mengadakan kunjungan ke Sekolah Yayasan Nurul Iman untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan kepada siswa-siswi. Berikut rangkuman kegiatan mereka:

Mengajarkan Matematika Melalui Permainan Interaktif

Kunjungan ke Yayasan Nurul Iman pada Selasa, 3 Desember 2024, diawali dengan sesi pengajaran matematika yang dikemas secara unik oleh Nasrun Alqorieb. Bersama Putri Violin dan Widya Metaloka, mereka memulai dengan permainan sederhana berbasis penjumlahan yang dirancang untuk membuat siswa tertarik. Dalam permainan ini, siswa diminta memikirkan sebuah angka secara acak, sementara Nasrun menggunakan logika matematika untuk menebak angka tersebut.  

Permainan ini berhasil memikat perhatian siswa yang sebelumnya merasa matematika sebagai mata pelajaran sulit dan membosankan. Dengan antusias, siswa mencoba berbagai angka untuk menantang Nasrun, yang kemudian mebnjelaskan konsep penjumlahan di balik triknya. Hal ini tidak hanya membuat suasana kelas lebih menyenangkan, tetapi juga menanamkan pemahaman bahwa matematika bisa diaplikasikan secara kreatif dan menghibur.  

“Dengan kegiatan ini, siswa yang awalnya merasa matematika tidak asyik menjadi lebih semangat belajar,” ujar Nasrun. Metode ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dapat diubah menjadi aktivitas yang penuh permainan dan interaksi, membuka cara baru untuk mendekatkan siswa pada materi yang sebelumnya dianggap sulit.  

Melalui pendekatan ini, siswa tidak hanya belajar matematika, tetapi juga memahami bahwa logika dan pola pikir sistematis bisa digunakan dalam berbagai aspek kehidupan. Kegiatan tersebut menjadi langkah awal yang membuktikan bahwa matematika sebenarnya bisa menyenangkan jika diajarkan dengan metode yang tepat.

Pembelajaran Statistika yang Interaktif dan Menyenangkan

Setelah sesi pembelajaran matematika berbasis permainan, Nasrun Alqorieb, Putri Violin, dan Widya Metaloka melanjutkan kegiatan dengan memberikan materi statistika kepada siswa SMA Yayasan Nurul Iman. Mereka memperkenalkan konsep modus, median, mean, dan simpangan rata-rata. dengan cara yang inovatif dan praktis.  

Putri memulai sesi dengan memberikan ilustrasi sederhana tentang bagaimana statistika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti menghitung nilai rata-rata ujian atau menentukan data yang paling sering muncul dalam sebuah survei. Sementara itu, Widya memandu siswa dalam menyelesaikan soal latihan interaktif yang menggunakan data nyata dari kegiatan sehari-hari siswa, seperti waktu belajar atau hasil olahraga.  

Selain itu, metode pembelajaran tidak hanya berupa ceramah, tetapi juga melibatkan diskusi kelompok. Siswa diajak untuk bekerja dalam tim untuk menyelesaikan soal statistika yang diberikan, sehingga mereka bisa belajar dari satu sama lain. Nasrun kemudian memberikan ulasan tentang jawaban yang telah mereka diskusikan, memastikan setiap konsep dipahami dengan baik.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun