Mohon tunggu...
fairdayuni budiyono
fairdayuni budiyono Mohon Tunggu... karyawan swasta -

a wife and a mother of three wonderful kids. Believe that nothing is impossible

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Berhenti Ngomel

2 September 2014   05:58 Diperbarui: 18 Juni 2015   01:51 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Denpasar, 1 september 2014

Saya bukan termasuk orang yang sabar.  Prinsip saya, kalau sesuatu bisa dikerjakan lebih cepat, ya kerjakan lebih cepat.  Termasuk juga dalam berkendara, kalau bisa jalan lebih cepat kenapa harus lambat-lambat.

Itulah kenapa saya lebih suka mengendarai motor daripada mobil.  Di jalanan macet motor masih bisa bergerak nyelip sana sini, gak diam benar-benar gak bergerak seperti halnya mobil .  Tapi sering gak bisa dihindari mau gak mau harus bawa mobil, terutama bila perginya lebih dari 2 orang.  Gak kuat juga bawa motor jauh-jauh bonceng dua anak abg yang  mau berangkat sekolah, sudah badannya gede nyaing-nyaingi badan emaknya juga tas sekolah bawaannya segede-gede gaban plus banget banget beratnya.

Saya gak sabaran banget klo pas nyetir terus motor ato mobil di depan saya jalannya terlalu pelan (menurut saya). Jadilah saya nglakson beberapa kali sambil ngedumel, "lama amat sih jalannya, gak tau orang mau buru-buru apa...." ato, " ini lagi latihan nyetir ato apa sih, kalo latihan tu di lapangan jangan di jalan raya bikin lambat orang lain aja"

Saya  emosi bila motor atau mobil di depan saya berhenti tapi belum cukup kepinggir, jadilah jalan saya terhambat. Komentar saya biasanya gini, " bego, minggir dikit napa...bikin susah orang lewat aja" .  Orang yang mau nyebrang tapi ragu-ragu juga  membuat darah saya naik, " nyebrang ya cepat pake ragu lagi..bikin bingung orang lain, tau gak sih.." . Buat orang-orang yang  belok tiba-tiba ditambah  gak ngidupin lampu sen komentar saya gini, " kalo mau belok-belok itu pake sen dong...bego amat sih"  atau, " sialan banget nih orang bikin kaget aja, tau gak sih klo belok itu kasih sen dulu....dapat sim nembak pastinya nih..."

Omelan plus umpatan  seperti itu saya ungkapkan dengan suara rendah tapi yakin  masih bisa terdengar jelas oleh dua orang anak saya yang jadi penumpang.  Mereka diam saja gak komentar mamanya ngomel-ngomel dari tadi, mungkin karena hampir selalu seperti itu jadi sudah biasa.  Juga menurut saya, boleh dong saya ngomel atau mengumpat sekalipun secara tingkah laku orang-orang di jalan memang bikin emosi.

Tapi lama-lama, saya bosan sendiri dengar omelan saya.  Saya pikir, apa untungnya juga  saya ngomel melulu begini. Orang-orang yang saya omeli toh gak dengar omelan saya.  Yang dengar justru dua anak beranjak abg.  Yang terjadi justru saya menanamkan ke alam bawah sadar  mereka bahwa mengomel atau mengumpat itu biasa.

Saya berpikir, seandainya saya yang  jadi penumpang terus sopirnya ngomel ngomel sesekali ngumpatin orang-orang di jalanan, apa enak ya jadi penumpangnya?

Sejak hari itu saya berjanji pada diri sendiri untuk berhenti ngomel saat mengendarai mobil (kalo bawa motor sih jarang banget ngomel).  Saya berjanji untuk hanya menarik napas panjang dan istigfar  jika bertemu sesuatu yang menjengkelkan selama perjalanan .  Saya gak pingin anak-anak saya nanti tumbuh jadi tukang ngomel dan ngumpat.

Makanya, sejak saat itu saya meluangkan waktu lebih banyak jika harus keluar pake mobil.  Misalnya, karena adek masuk sekolah jam 7 pagi dan kakak masuk sekolah jam 7.30, kami berangkat dari rumah jam 6.15.  Makan waktu 20 menit untuk sampai di sekolah adek dalam suasana jalan masih lumayan sepi, kemudian perlu sekitar 20-25 menit lagi untuk sampai di sekolah kakak.  Kalo berangkat sudah jam 6.30, jalanan sudah ramai dan waktu tempuh jadi  makin lama.

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun