Mohon tunggu...
Faiha WidadFillah
Faiha WidadFillah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Halo-! Saya Faiha Widad Fillah, saya sangat senang sekali menulis.

Selanjutnya

Tutup

Book

Novel Aki Karya Idrus, Persiapan Kematian Secara Karikatural

30 Oktober 2024   07:19 Diperbarui: 30 Oktober 2024   07:35 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Puncak Karikatur: "Kematian" yang Tidak Terjadi

Saat tanggal 16 Agustus tiba, Aki telah siap dalam balutan pakaian rapi, persiapan pemakaman selesai, dan semua kerabat serta teman-teman berkumpul untuk menyaksikan momen yang diantisipasi. 

Sulasmi diminta untuk menemaninya tanpa melihat, agar ia tidak perlu menyaksikan suaminya saat ajal menjemput. Ketika Sulasmi akhirnya memanggil nama Aki, ia tidak merespons, dan Sulasmi pun keluar dengan menangis, menandakan bahwa Aki benar-benar telah meninggal.

Namun, ketika orang-orang masuk kembali untuk memastikan, mereka mendapati Aki duduk sambil merokok, membuat para hadirin ketakutan dan lari terbirit-birit. Aki kemudian mengatakan kepada Sulasmi bahwa ia telah berubah pikiran, bahwa ia ingin hidup lebih lama demi anak-anaknya, dan merencanakan untuk mati di usia enam puluh tahun. Momen ini menjadi puncak pendekatan karikatural Idrus, memadukan elemen serius dan humor dalam tema kematian.

Analisis Tema: Antara Takdir, Kematian, dan Kehidupan

Melalui Aki, Idrus menggarisbawahi bahwa kematian adalah bagian dari kehidupan yang tak terhindarkan, dan cara seseorang menghadapinya sangat bervariasi. Aki, yang secara karikatural menetapkan hari kematiannya sendiri, sebenarnya tengah menunjukkan bentuk penerimaan terhadap takdir yang tak dapat diubah. 

Pesan ini menyiratkan bahwa ikhtiar seseorang dalam menghadapi takdir bukanlah soal melawan, tetapi soal bagaimana mempersiapkan diri dan orang-orang yang dicintai untuk menerima kenyataan.

Respons Pembaca: Kelebihan dan Kekurangan Novel

Pendekatan bahasa yang lugas dan mengalir membuat Aki mudah diikuti oleh pembaca, serta menambah daya tarik emosi dalam narasi. 

Pendekatan karikatural yang dipilih Idrus untuk menggambarkan kematian, meskipun menarik, mungkin tidak sesuai bagi semua pembaca, khususnya mereka yang memiliki pandangan serius tentang kehidupan dan kematian. Bagi sebagian orang, kisah yang menyentuh ini justru bisa terasa ringan dalam menghadapi tema berat.

Kesimpulan: Sebuah Refleksi tentang Kehidupan dan Takdir

Novel Aki karya Idrus mengajak pembaca untuk melihat kematian dari sudut pandang yang berbeda, sebagai sesuatu yang tak terhindarkan tetapi bisa dipersiapkan. Melalui gaya karikatural, Idrus menggambarkan bagaimana hidup dan mati adalah bagian dari siklus yang saling terkait, dan yang penting adalah makna yang kita tinggalkan bagi orang-orang yang kita cintai. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun