Teori Attachment oleh Mary Ainsworth dan John Bowlby
Teori attachment adalah salah satu teori penting dalam psikologi perkembangan yang menggambarkan hubungan emosional yang kuat antara anak dan pengasuh utama mereka, biasanya ibu. Teori ini menekankan bahwa ikatan emosional yang terjalin pada masa bayi dan anak-anak memiliki dampak yang mendalam pada perkembangan psikologis, sosial, dan emosional seseorang sepanjang hidupnya.
John Bowlby dan Mary Ainsworth adalah dua tokoh utama yang mengembangkan teori attachment. Bowlby adalah pelopor teori ini, sementara Ainsworth memberikan kontribusi penting dalam mengembangkan teori ini lebih lanjut melalui penelitian empiris.
John Bowlby dan Dasar Teori Attachment
John Bowlby (1907--1990) adalah seorang psikiater dan psikoanalis asal Inggris yang dikenal sebagai pendiri teori attachment. Bowlby mengembangkan teori ini dengan menggabungkan berbagai perspektif, termasuk teori evolusi, etologi (ilmu tentang perilaku hewan), dan psikologi perkembangan. Menurut Bowlby, attachment atau ikatan emosional yang kuat antara anak dan pengasuh adalah bagian penting dari proses perkembangan manusia, dan memiliki fungsi biologis yang mendalam.
Pandangan Bowlby tentang Attachment:
1. Attachment sebagai Mekanisme Biologis
  Bowlby berpendapat bahwa attachment adalah respons yang bersifat biologis dan telah berkembang untuk memastikan kelangsungan hidup anak. Ia percaya bahwa bayi dilahirkan dengan kecenderungan alami untuk membentuk ikatan emosional dengan pengasuh mereka, yang berfungsi untuk menjaga mereka tetap aman dan terlindungi dari bahaya. Pengasuh, biasanya ibu, bertindak sebagai "secure base" yang memungkinkan anak untuk menjelajah dunia di sekitar mereka dengan rasa aman.
2. Kebutuhan akan Keamanan
  Bowlby menganggap bahwa kebutuhan akan rasa aman adalah salah satu kebutuhan utama anak. Ketika anak merasa aman, mereka akan lebih cenderung untuk mengeksplorasi lingkungan mereka. Sebaliknya, jika anak merasa tidak aman atau terancam, mereka akan mencari perlindungan dari pengasuh mereka, seperti mencari kedekatan fisik atau perhatian. Ini adalah bagian dari mekanisme adaptif yang membantu anak bertahan hidup.
3. Internal Working Models
  Bowlby juga memperkenalkan konsep internal working models (model kerja internal), yang merupakan gambaran mental yang terbentuk pada anak berdasarkan pengalaman dengan pengasuh mereka. Model ini mencakup pandangan anak tentang dirinya sendiri, orang lain, dan hubungan interpersonal secara umum. Jika seorang anak mengalami pengasuhan yang aman dan konsisten, mereka akan mengembangkan model kerja internal yang positif, yang memungkinkan mereka untuk memiliki hubungan sosial yang sehat dan percaya diri. Sebaliknya, pengalaman pengasuhan yang tidak aman dapat menghasilkan model kerja internal yang negatif, yang dapat memengaruhi cara anak tersebut berinteraksi dengan orang lain sepanjang hidup mereka.
Mary Ainsworth dan Penelitian Attachment
Mary Ainsworth (1913--1999) adalah seorang psikolog asal Amerika yang bekerja bersama Bowlby dan mengembangkan instrumen untuk mengukur jenis-jenis attachment yang dibentuk oleh anak-anak. Penelitian terpenting Ainsworth adalah studi yang dikenal sebagai Strange Situation Procedure (Prosedur Situasi Aneh), yang dilakukan untuk mengidentifikasi pola-pola attachment pada anak-anak usia 12 hingga 18 bulan.