Matematika yang dikenalkan di sekolah sering kali dipersepsikan sebagai ilmu yang kaku. Alasannya cukup sederhana, luas dan dalamnya ilmu matematika disempitkan dan didangkalkan oleh pembelajaran yang hanya mengandalkan apa yang tertulis di buku Lembar Kerja Siswa atau yang biasa disebut buku LKS. Padahal, banyak hal-hal unik pada matematika yang dapat dijadikan bahan eksplorasi dan diskusi dari berbagai sumber belajar. Hal ini dimunculkan supaya menjadi hak setiap peserta didik untuk mendapatkan pembelajaran matematika yang seru dan merangsang daya pikir. Satu di antaranya adalah pola unik dibalik bilangan terkecil yang habis dibagi 1 sampai 10.
Pola unik tersebut adalah kita dapat menghitung bilangan tersebut hanya dengan saling mengalikan jumlah hari dalam seminggu, jumlah hari dalam sebulan, dan jumlah bulan dalam setahun. Nah kok bisa gitu? Tenang, mari kita buktikan!
Sebelum membuktikan pola tersebut, kita perlu tau nih, sebenarnya bilangan terkecil yang habis dibagi 1 sampai 10 itu berapa sih? Nah, kita bisa menemukannya dengan menggunakan konsep Kelipatan Persekutuan ter-Kecil (KPK). Sederhananya, kita akan mencari kelipatan-kelipatan dari bilangan 1 sampai 10 yang bertemu pada bilangan terkecil yang sama atau saling bersekutu. Banyak cara yang dapat digunakan seperti mencacah kelipatan bilangan-bilangan tersebut sampai ketemu bilangan yang sama.
Kelipatan 1 : 1, 2, 3, ...
Kelipatan 2 : 2, 4, 6, ...
Kelipatan 3 : 3, 6, 9, ...
Dan seterusnya.
Tampak sederhana, namun dampak dari cara ini akan memakan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, penggunaan faktor prima bisa menjadi cara yang efisien.
Tahap pertama, kita cukup mencari faktor prima dari masing-masing bilangan. Dalam hal ini, bilangan 1 tidak memiliki faktor prima karena 1 bukan bilangan prima. Lanjut, kita cari faktor prima dari 2 hingga 10.
2 = 2