Bisnis jasa merupakan salah satu bisnis yang perlu memiliki skill tertentu, bisnis jasa sejatinya cukup banyak terutama bagi pelaku umkm. Bisnis jasa ini merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan terutama bengkel, bengkel merupakan tempat service kendaraan baik itu dari memperbaiki kendaraan atau mengganti suku cadang kendaraan.Â
Salah satu bisnis jasa bengkel yang cukup banyak saat ini adalah bengkel kendaraan bermotor salah satunya yaitu jasa bengkel mister uda yang bergerak dalam hal menservice dan mengganti suku cadang seperti mengganti ban ataupun memperbaiki kerusakan. UMKM jasa bengkel mister uda ini awal nya hanya sebuah bengkel kecil milik keluarga dengan nama mister uda.Â
Kemudian pemilik atau ownernya memiliki keinginan untuk membuka bengkel yang lebih besar dengan keahlian dan wawasan dalam usaha yang dimilikinya bengkel mister uda kemudian melebarkan sayapnya dengan membuka 1 cabang usaha yang di pegang langsung oleh pemilik. Dalam pembagian jobdesk atau pekerjaan untuk berjalannya UMKM pemilik mempekerjakan 4 orang dalam setiap cabang perusahaannya.Â
Mulai dari stap administrasi hingga pekerja lapangan jam kerja dalam umkm jasa bengkel mister uda dilakukan dari jam 8 sampai jam 3 sore dan bekerja 5 hari dalam seminggu sehingga bengkel mister uda memberikan 2 hari libur untuk para pekerja. Hal ini merupakan salah satu kebijakan yang sangat baik dalam kesejahteraan pegawai sehingga pegawai memiliki waktu yang cukup banyak untuk bersama keluarganya dan ini dapat meminimalisasi turnover intention yaitu keinginan keluar pegawai dari pekerjaannya.
 Dalam hal pemasaran atau iklan memang bengkel tidak seperti UMKM makanan, jasa bengkel mister uda ini membuat banner yang cukup besar dan dipasang dipinggir jalan, dalam segi lokasi bengkel mister uda ini memiliki lokasi yang strategis karna berlokasi dekat dengan jalan tol dan jalan utama sehingga hal ini secara tidak langsung akan menarik pelanggan.Â
Mister uda mengungkapkan "kami memilih lokasi ini karna sangat strategis" dalam hal pelayanan bengkel mister uda sangat memperhatikan karna pelayanan adalah salah satu cara untuk membuat konsumen merasa nyaman. Salah satu cara meningkatkan pelayananya adalah dengan menerapkan tempat duduk yang luas agar si konsumen dapat merasa nyaman.
PenulisÂ
Fahrul roji (2019008382)
Ahmad aripin (2019008375)
MatakuliahÂ