Indonesia menempati ranking ke 62 dari 70 negara berkaitan dengan tingkat literasi, atau berada 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah. (Sumber)
Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019.
Apalagi dimasa pandemi seperti ini literasi siswa sekolah dasar sangatlah kurang karena siswa lebih memilih untuk meluangkan waktu dengan bermain dibandingkan melalukan kegiatan literasi. Oleh karena itu dipelukan upaya mengadakan program kegiatan yang dilakukan dengan sasaran sekolah dasar.
UPI mengadakan KKN tematik pada gelombang 2 ini menggunakan tema literasi yang dibagi menjadi 3 jenis yaitu literasi baca tulis, numerisasi, sains yang dilaksanakan pada tanggal 26 agustus 2021 -- 26 september 2021 secara daring dengan sasaran siswa TK/PAUD, SD/MI, TPA, SMP/MTs, TBM dan PKBM
Pada masa pandemi kali ini kegiatan literasi dilaksanakan secara daring melalui media pembelajaran online seperti zoom meeting, google meet, whatsApp, dll.Â
Saya Fahmi Reyhan Ramadhani mahasiswa dari program studi sains informasi geografi angkatan 2018 selaku penulis melaksanakan kegiatan KKN Tematik dengan tema literasi sains pada 26 Agustus -- 26 September 2021 dengan tujuan siswa kelas 5 SDN 127 Sekeloa.
Pelaksanaan KKN Literasi ini bertempat di SDN 127 Sekeloa yang berada di Jl. Sekeloa Utara No.30, Sekeloa, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.
Lalu kelas yang menjadi sasaran program literasi sains ini yaitu kelas 5A pada SDN 127 Sekeloa yang memiliki jumlah siswa sebanyak 32 orang, namun saya hanya mendampingi 11 siswa beserta 11 orang tua siswa sesuai dengan ketentuan yang sudah ditentukan
Pada pemaparan literasi baca tulis saya mengambil mata pelajaran tematik karena memiliki hubungan dengan literasi baca tulis.Â