Mohon tunggu...
Fahmi Firmansyah
Fahmi Firmansyah Mohon Tunggu... -

.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Guru Gaptek

3 April 2015   06:12 Diperbarui: 17 Juni 2015   08:36 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Di zaman yang semakin modern saat ini , memang sudah banyak alat – alat yang praktis , apalagi alat – alat yang membantu kelangsungan belajar mengajar . Banyak dari kita sebagai murid – murid disekolah khususnya di SMA , sudah mendapatkan manfaat alat – alat yang membantu untuk kelangsungan belajar mengajar , contohnya seperti LCD . LCD itu sebagai media yang membantu kelangsungan mengajar secara efektif , jadi guru ketika menjelaskan suatu materi menggunakan LCD tersebut , informasi yang diberikan kepada peserta didik sangat cepat ditangkap oleh pesertadidik.

Dibeberapa sekolah memang sudah ada yang memakai metode dan alat – alat seperti itu , namun di sekolah saya , guru sosiologi saya masih dibilang gaptek ( gagap teknologi ) , ini yang saya khawatirkan , ketika masih ada guru – guru yang tidak mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern. Masih bnyak guru disekitar kita yang masih belum bisa memakai laptop , memakai alat – alat teknologi yang sudah banyak digunakan pada saat proses belajar saat ini , memang murid – murid di sekolah saya terima – terima saja , mau gurunya memakai metode pembelajaran yang bagaimanapun , tetapi yang saya khawatirkan , alat – alat seperti LCD , laptop sangat berpengaruh untuk dipakai pada saat proses belajar , seperti masalah waktu yang digunakan dalam proses belajar , guru sosiologi saya tidak memakai LCD , Karena masih menggunakan secara manual , waktu yang terpakai terbuang sia – sia karena menyatat dipapan tulis yang membuat waktu tidak secara efisien terpakai .

Dikelas saya pun , murid – murid hanya focus kepada mencatat , guru tidak memberikan kebabasan kepada muridnya untuk berperan aktif dikelas , jadi saya dan kawan – kawan saya dikelas hanya mencatat mencatat dan mencatat saja . Pemikiran guru yang tidak mengikuti perkembangan zaman dan tidak memakai metode – metode yang baik dalam proses belajar mengajar , sangat berdampak kepada siswa – siswanya , guru sosiologi saya saat ini mungkin bisa dibilang masih menganut metode – metode yang tidak efektif dalam mengajar , saya sebagai siswa dikelas sangatlah rugi , sangatlah disayangkan kalau gurunya masih gaptek .

Saya sebagai siswa , bingung kenapa guru – guru yang masih gaptek , tidak mau mempelajari media – media dan metode – metode yang efektif untuk proses belajar siswanya. Guru saya yang gaptek ini , tidak pernah memberikan kebebasan kepada muridnya , kalau belajar selalu saja dengan muka yang menakutkan , saya pun kadang – kadang risih kalau dilihatin sama dia.

Apalagi yang paling menyakitkan kalau pas waktu ulangan , masa jawabannya harus persis sama yang dibuku ?
siswa jadi tidak leluasa untuk mengembangkan jawabannya , ya kalau kitanya jawab tidak sesuai sama apa yang diinginkan guru itu, ya jawabannya salah. Guru yang tidak modern seperti ini yang bisa dibilang merugikan murid – murid yang mempunyai kreatifitas tinggi , jadi murid tidak bisa mengeluarkan kreatifitasnya pada saat proses belajar berlangsung dan kita sebagai murid selalu terima – terima saja.

Memang sih , guru itu tauladan yang harus dicontoh , tapi kalau masih ada guru yang tidak mempunyai metode metode yang tidak efektif untuk mengajarkan kepada anak – anak muridnya , yaaaa guru itu belum bisa dibilang pantas untuk menjadi tauladan , itu sih menurut saya hehehe .
Jadi sebaiknya guru – guru yang gaptek , jangan pada males buat mencari tahu teknologi – teknologi yang berkembang saat ini , kalau gurunya pinter dan memiliki metode metode yang baik dalam mengajarkan muridnya , pasti muridnya juga pinter dan bersemangat dalam mengikuti proses belajar mengajar .

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun