Penulis :
Fahmi Royani
Mahasiswa UNISSULA semester 3
Dosen Pembimbing
Dr. Evi Chamalah S. Pd, M. Pd
Pembelajaran sastra dilembaga Pendidikan formal dari waktu ke waktu semakin berhubungan dengan berbagai persoalan , pembelajaran sastra memang pembelajaran yang bermasalah sejak dulu. Banyak keluhan siswa, guru dan sastrawan tentang rendahnya tingkat apresiasi terhadap sastra, sealama ini menjadi bukti kongkret tentang adanya persoalan yang tidak beres dalam pembelajaran sastra dilembaga Pendidikan formal. Permasalah tersebut muncul karena ada faktor . mulai dari rendahnya pemahaman konsep sastra.
Nah, di artikel saya kali ini saya akan menjabarkan tentang problematika dalam pembelajaran sastra pada siswa SMA KTSP yaitu yang menjabarkan tentang memahami pembacaan teks drama, yaitu dengan kompetensi dasar menemukan unsur unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan dan menyimpulkan isi teks drama melalui pembacaan teks drama.
Problematika nya sendiri yaitu :
- Rendahnya minat siswa SMA terhadap pembacaan teks drama
- Sulitnya Guru untuk menjelaskan secara singkat isi teks drama
- Sulitnya siswa mamahami isi tanpa membaca teks drama terlebih dahulu
- Sulitnya Guru untuk memperagakan dan menjabarkan contoh untuk memperagakan drama
- Kurangnya fasilitas alat dll untuk memberi contoh pementasan teks drama
Nah dari problematika problematika di atas mungkin bisa diatasi dengan cara media pembelajaran yang tidakseperti biasa, contohnya menggunakan media baru seperti media pembelajaran gambar bergerak. Agar siswa SMA sendiri tidak jenuh dengan tulisan atau penjelasan dari guru saja, melainkan belajar dari langsung melalui video bergerak tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H