Mohon tunggu...
FAHMA MAMLU
FAHMA MAMLU Mohon Tunggu... -

Mahasiswa pgra

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bicara Mempengaruhi Penyesuaian Sosial dan Pribadi Anak

5 September 2017   06:40 Diperbarui: 5 September 2017   07:30 652
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pernahkah dalam benak kita terbesit keingintahuan apa sebenarnya manfaat bicara pada manusia? Dalam dunia perkembangan manusia, bicara merupakan salah satu perkembangan motorik paling penting dalam perkembangan anak. bicara merupakan saah satu alat komunikasi antara manusia satu dengan yang lain. dalam dunia anak, bicara mengalami perkembangan tahap demi tahap.

Selama tahun tahun awal masa kanak kanak, tidak semua bicara digunakan untuk alat komunikasi. Pada waktu bermain, anak seringkali berbicara dengan dirinya sendiri atau dengan mainannya. Dari kegiatan tersebut, maka akan timbul jiwa sosial anak yang menjadikan anak akan terbiasa melakukan komunikasi dengan orang lain. Kemampuan berbicara memenuhi kebutuhan penting lainnya dalam kehidupan anak, yakni kebutuhan untuk menjadi bagian dari kelompok sosial.

Lalu bagaimana bicara dapat mempengaruhi sosial anak dan pribadi anak?

  • PEMUASAN KEBUTUHAN DAN KEINGINAN

Saat anak sudah mampu berbicara (walau hanya sepatah kata) maka dari situlah anak akan menemukan pemuasan kebutuhan dan keinginan. Saat dahulu anak belum mampu berbicara, tentu orang lain kurang memahami apa yang mereka inginkan, sehingga kebutuhan dan keinginan mereka terhambat, komunikasi satu satunya juga hanya lewat tangisan atau rengekan. Saat anak sudah mampu berbicara, maka apa yang mereka inginkan dapat dipahami dengan baik demgan lawan komunikasi mereka.

  • PERHATIAN DARI ORANG LAIN

Berbicara juga sangat mempengaruhi kepribadian mereka dikarenakan dengan berbicara mereka dapat menemukan jawaban dari pertanyaan yang mereka ajukan. Anak yang sudah mampu berbicara tentu leih aktif dan lebih menonjol daripada anak yang belum bisa berbicara. Saat anak telah bisa bicara maka mereka akan melakukan hal hal seperti mengajukan pertanyaan, mneggunakan kata kata pantangan, atau dengan mendominasi percakapan (bercerita, bernyanyi, dsb)

  • HUBUNGAN SOSIAL

Saat anak telah mampu berbicara dengan baik, maka hal tersebut akan menciptakan hubungan sosial yang baik dengan lingkungan sekitar baik itu orangtua,saudara,teman,atau tetangga mereka. Anak yang mampu berkomunikasi baik dengan orang lain akan lebih mudah mengembangkan bakat yang ada dalam dirinya. Seperti anak lebih berani, tidak minder, muncul jiwa kepemimpinan dsb.

  • PRSETASI AKADEMIK

Anak yang prestasi bicaranya, yakni pengucaan dan tata bahasanya berada dibawah teman temannya akan cenderung dinilai rnedah dan memperoleh nilai dibawah kemampuan intelektualnya. Ukuran kosa kata juga mempengaruhi kemampuan anak untuk mengungkapkan diri dalam berbicara dan menulis sangat penting dalam keberhasilan sekolah.

  • PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU ORANG LAIN

Anak yang berbicara cukup baik dan dengan keyakinan dapat mempengaruhi teman sebayanya untuk berbuat baik seperti yang dikehendakinya lebih baik daripada anak yang bicaranya ragu dan dengan kosa kata yang jelek. Dan karakteritis anak yang menjadi pemimpin adalah kemampuan bicaranya lebih baik dari pada teman yang lainnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun