Mohon tunggu...
Fadli Azmi
Fadli Azmi Mohon Tunggu... Tutor - Praktisi Pendidikan

Praktisi pendidikan yang teliti dan termotivasi, bersertifikat pendidik, konsultan pendidikan bekerja terhadap pendidikan, kebijakan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan daerah LSM Pendidikan " SIKOK (Sentra Informasi Konsultasi Orang Kito). Gelar Sarjana dari Yogyakarta Universitas Negeri dengan jurusan Pendidikan Bahasa Perancis membangun kemampuan keterlibatan komunitas saya dengan pendekatan pendidikan dan ilmu pengetahuan. Bersemangat untuk Penelitian dan Pengembangan (R&D) untuk membangun hubungan masyarakat dan program sosial yang dilaksanakan. Saat ini melanjutkan studi online dan tatap muka di Kennesaw State University, Georgia, Amerika Serikat tentang Civic Engagement karena didukung oleh beasiswa Amerika Serikat yang didanai penuh. Sosial 7 tahun sebelumnya pengalaman bekerja dan menjadi sukarelawan dengan Pemuda dan masyarakat di provinsi Jambi sejak tahun 2012 sebagai Co-founder dan pemimpin komunitas sosial yang peduli dengan pendidikan. Warisan, setia, berdedikasi, Integritas dan profesionalitas adalah prioritas.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Implementasi Kurikulum Merdeka di Jambi

18 Desember 2023   20:36 Diperbarui: 18 Desember 2023   21:03 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat ini, implementasi Kurikulum Merdeka di Jambi menjadi perhatian utama dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Kurikulum Merdeka, yang memfokuskan pada pengembangan keterampilan abad ke-21 dan pembelajaran berbasis proyek, telah diadopsi untuk memastikan relevansi dan daya saing lulusan di era global saat ini.

Langkah awal implementasi Kurikulum Merdeka di Jambi melibatkan pelatihan guru dan penyusunan materi pembelajaran yang terintegrasi. Pemerintah pusat sebagai peran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Republik Indonesia telah berkolaborasi dengan lembaga pendidikan dan pakar kurikulum untuk memastikan bahwa guru memiliki pemahaman mendalam tentang konsep dan tujuan kurikulum ini sebagai investasi jangka panjang untuk pembangunan masa depan sumber daya bangsa Indonesia.

Salah satu aspek utama Kurikulum Merdeka di Jambi adalah penekanan pada pengembangan keterampilan non-kognitif, seperti kreativitas, kolaborasi, dan pemecahan masalah. Dalam konteks ini, sekolah di Jambi telah mengadopsi pendekatan pembelajaran sesuai dengan potensi sekolah dan daerah yang bertujuan mendorong siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam proyek-proyek nyata, menciptakan suasana pembelajaran yang berpusat pada siswa.

Pentingnya integrasi teknologi dalam Kurikulum Merdeka juga menjadi fokus utama. Sekolah di Jambi telah meningkatkan akses dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran, termasuk memanfaatkan platform daring dan sumber daya digital untuk mendukung pembelajaran jarak jauh, yang menjadi semakin relevan di tengah dinamika pandemi global.

Dalam rangka menjaga keterlibatan orang tua dan masyarakat, pihak sekolah aktif melibatkan mereka dalam proses pembelajaran siswa. Program penyuluhan dan pertemuan berkala diselenggarakan untuk memberikan pemahaman tentang perubahan kurikulum, serta untuk mendengarkan umpan balik dari stakeholder utama ini.

Namun, implementasi Kurikulum Merdeka di Jambi juga masih dihadapkan pada beberapa tantangan. Dari belum maksimalnya daya dukung dari  sumber daya dari kalangan pemerintah daerah baik dalam memberikan  fasilitasi pelatihan yang sangat fokus pada pengembangan potensi tenaga pendidik yang berkualitas hingga perlunya perubahan budaya di kalangan pendidik itu sendiri untuk mempelajari dan mengembangkan kurikulum Merdeka dalam kegiatan pembelajaran di sekolah mereka padahal potensi daerah Jambi yang kaya akan sumber daya lingkungannya sebagai bahan edukasi siswa masih memiliki potensi yang besar dan belum terpublikasi kepada masyarakat luas misalkan seperti di daerah kabupaten Sarolangun, Tebo, Batanghari, Merangin, Muaro Jambi, hingg Kerinci yang kaya akan kemampuan masyarakat dalam budaya  akan potensi sumber daya alam ,perkebunan,. dan budayanya. Perlunya dukungan pemerintah daerah dan pihak terkait bekerja sama untuk mengambil tantangan hebat  ini guna memastikan kesuksesan jangka panjang dari kurikulum yang inovatif ini. Tentunya manfaat ini tidak hanya akan dirasakan oleh masyarakat namun pemerintah daerah itu sendiri jika mengambil kesempatan baik ini menginvestasikan pendidikan pada tenaga pendidik di daerah-daerah kabupaten kita. 

Dengan semakin solidnya kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan, guru, dan masyarakat khususnya orang tua dalam mendorong pembangunan potensi pendidikan daerah, diharapkan implementasi Kurikulum Merdeka di Jambi dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan persiapan siswa untuk menghadapi tantangan masa depan 

Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak 3 Sarolangun
Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak 3 Sarolangun

Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah penggerak SMAN 5 Sarolangun 
Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah penggerak SMAN 5 Sarolangun 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun