Mohon tunggu...
Fadhlahtul Aliyah
Fadhlahtul Aliyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

terbentur terbentur terbentuk

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Politik Tanpa Batas: Gimmick Kreatif di Pilpres 2024

13 Desember 2023   16:56 Diperbarui: 13 Desember 2023   17:02 279
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.cnbcindonesia.com

Pada Pilpres 2024 ini Gimmick bukanlah hal yang awam karna pada pemilu tahun ini semua paslon menggunakan cara gimmick untuk menarik perhatian para pemilih nya terutama yang paling banyak berkonstribusi di pemilu tahun ini merupakan Generasi Z atau yang biasa disebut dengan Gen Z yang dimana mempunyai arti yaitu generasi yang lahir pada tahun 1997 sampai 2012.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gimmick diartikan sebagai tindakan atau penampilan tipu daya yang dilakukan oleh aktor untuk menipu lawan perannya, atau dapat pula merujuk kepada suatu alat atau trik yang digunakan untuk memikat perhatian. Gimmick dapat berwujud dalam berbagai bentuk, seperti penggunaan kata-kata, ekspresi tubuh seperti berjoged, atau atribut fisik seperti gaya rambut maupun gaya berpakaian. Dalam konteks komunikasi, gimmick menjadi salah satu strategi untuk menyampaikan pesan dengan tujuan menciptakan dampak yang diinginkan oleh pengirim pesan. Penting untuk dicatat bahwa gimmick tidak muncul secara spontan, melainkan dapat dihasilkan dengan sengaja.

Seperti hal nya didunia hiburan kita mengenl Vicky Prasetyo sebagai seorang yang sering menikahi wanita tetapi pada kenyataannya tidak. Seorang Limbad  ketika dia diundang disuatu acara televisi dia tidak sama sekali mau berbicara didepan banyak orang bahkan tidak sedikit orang yang mengira limbad ini tidak bisa berbicara dengan jelas, hal itu dia lakukan agar terlihat semakin misterius dan ditakutkan banyak orang padahal sebenernya dia bisa berbicara layaknya seperti orang biasanya. Adapun Aziz Gagap dia selalu berbicara gagap didepan banyak media apalagi pada saat dia sedang berlawak disuatu acara televisi yang sebenarnya gagap saat berbicara hanyalah gimmick belaka, ya begitulah gimmick agar mereka mempunyai ciri khas yang lebih dikenal oleh publik.

Gimmick memiliki tujuan utama untuk membina hubungan antara pemilik gimmick dan publiknya. Diciptakan dengan maksud agar orang dapat dengan cepat terkesan dan merasa menyukai si pemilik gimmick. Dalam konteks Pemilu, strategi ini diharapkan dapat memotivasi publik untuk memilih calon tersebut setelah berhasil menarik simpati dan dukungan mereka.

Gimmick sendiri juga bisa dijadikan sebagai personal branding dari seorang yang ingin lebih dikenal oleh khalayak dengan ciri khas dan keunikannya. Bahkan sebelum masa kampanye dimulai, pertarungan gimmick sudah berlangsung. Cukup dua kata saja sudah mencukupi sebagai gimmick. Dua kata ini mencerminkan ide-ide yang luas yang dimiliki oleh seorang peserta mengenai visi misi yang ingin mereka sampaikan kepada pemilih potensial. Dua kata tersebut dipaparkan dengan jelas di sepanjang foto kontestan pada poster, baliho, dan alat kampanye lainnya. Bayangkan jika ide-ide mengenai politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan ditulis secara lengkap di setiap poster atau baliho. Bahkan, hanya membaca pun menjadi sulit. Apalagi jika ide-ide tersebut dijadikan buku, berapa juta salinan yang perlu dicetak. Seberapa banyak orang yang bersedia meluangkan waktu untuk membaca, memahami, dan mencerna ide-ide tersebut sebagai suatu konsep yang sesuai dengan harapan mereka. Oleh karena itu, jika gimmick dianggap sebagai strategi komunikasi dalam kampanye, hal tersebut menjadi sesuatu yang wajar. Selain mempersingkat waktu, gimmick juga mengurangi biaya.

Dalam pilpres 2024 ini tidak ada satupun paslon yang tidak menggunakan gimmick karena semuanya menggunakan gimmick mereka tahu bahwa mayoritas partisipasi  pemilu pada tahun 2024 merupakan Gen Z yang tidak suka dengan cara terlalu serius.

Pada paslon nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar yang mengusung gimmick men in black, selepet sarung dan selalu menyebut kata perubahan.

https://www.suaramerdeka.com
https://www.suaramerdeka.com

Tentunya konsep men in black tersebut menjadi kritik para warganet lantaran memperagakan gerakan yang serupa dalam film namun apa yang disampaikan berkebalikan.

Paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang mengusung gimmick gemoy dan suka berjoget.

https://www.cnnindonesia.com
https://www.cnnindonesia.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun