Mohon tunggu...
Fadilah Ramadani Jafar
Fadilah Ramadani Jafar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar

finished what you started

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

MyKlass, My Best Solution

6 Juli 2021   05:53 Diperbarui: 6 Juli 2021   18:37 310
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar : dokumen pribadi

Pandemik rupanya tak kunjung sirna. kemarin saja covid-19 telah berulang tahun ke 1 tahun. Masyarakat pun berbondong-bondong mendoakan. Namun, Bukan untuk panjang umurnya akan tetapi agar virus ini bisa hilang dari muka bumi. Bagaimana tidak covid-19 telah mengambil kebebasan kita untuk beraktivitas. Aktivitas yang dulunya di lakukan secara tatap muka kini beralih menjadi dalam jaringan. Mau tidak mau, siap tidak siap, Kita harus bisa mengikuti aturan ini. demi menjaga kesehatan kita semua. Para pekerja, siswa dan masyarakat diberi jalan khusus untuk menghadapi pandemik ini.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengambil kebijakan dalam menanggapi Covid-19. Mengingat angka penderita positif covid-19 terus melonjak. Maka proses pembelajaran di UMY juga dilaksanakan secara daring melalui platform MyKlass. Sebagai mahasiswa di UMY. Myklass memberikan fasilitas pembelajaran yang nyaman untuk mahasiswanya sehingga saya bisa melakukan pembelajaran jarak jauh dan mandiri secara aman. Oleh karena itu, Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai pengalaman saya dengan myklass, kita perkenalan dulu  nih dengan ruang kelas digital dari kampus muda mendunia yang satu ini.

Pada tahun 2016, UMY mengembangkan sistem pembelajaran daring yang diberi nama MyKlass. MyKlass merupakan platform pembelajaran berbasis moodle  (seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan mengakses website menggunakan browser) yang memiliki fitur lengkap untuk menunjang pembelajaran.

Sudah tiga semester saya mengikuti pembelajaran online dengan Myklass. Myklass memberikan suasana yang sama dengan suasana di dalam kelas offline. Walaupun dari jarak jauh saya bisa berdiskusi dengan dosen maupun teman-teman melalui fitur "forum" dan "chat". Selain itu juga, saya mendapatkan materi dari dosen yang unik dan menarik, seperti dalam bentuk tulisan, video, dan audio. Nah, untuk penilaian yang dilakukan dosen sendiri, saya tidak perlu khawatir karena dosen akan membentuk aktivitas online, seperti penugasan, kuis, dan games serta menempatkannya pada Platform Myklass yang gampang digunakan. Jauh dari kampus bukan berarti tidak bisa melakukan kegiatan pembelajaran, dengan myklass inilah saya dapat melakukan proses pembelajaran dengan aman dan nyaman. Dengan mengaktifkan data seluler, saya bisa terhubung dengan teman-teman dari seluruh Indonesia. bukan hanya itu saja, saya juga bisa melakukan video conference melalui bigbluebutton dan tentunya fitur ini mengurangi pemakaian data seluler alias hemat. Kini Myklass telah hadir di playstore, sehingga memudahkan saya membuka platform tersebut dan melakukan #kuliahdalamgenggaman.

Itu dia pengalaman saya bersama Myklass. Ruang belajar digital ini membantu saya dan mahasiswa lainnya dalam pembelajaran jarak jauh. Dari platform MyKlass tersebut diharapkan perkuliahan yang dilakukan di UMY dapat berjalan dengan lancar. Terlebih UMY selalu melakukan perbaikan terhadap platform MyKlass agar mudah digunakan oleh mahasiswanya. Saya harap Platform MyKlass mungkin tidak hanya digunakan saat masa pandemi, namun juga bisa digunakan terus-menerus untuk memudahkan perkuliahan di era digital. jadi, Bagaimana pengalaman teman -- teman menggunakan Myklass? Sharing yuk.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun