Mohon tunggu...
Fadiah Paramitha Putri Hadi
Fadiah Paramitha Putri Hadi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hoby saya suka bermain badmintoon dan suka menonton konten kreator

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peningkatan Kepercayaan Diri Melalui Media Flashcard dengan Metode Talking Stick

11 Desember 2023   20:10 Diperbarui: 30 Desember 2023   19:31 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Kepercayaan diri  saat ini sangat penting untuk memberikan anak keberanian dalam melakukan suatu hal,memberikan anak keberanian dalam menyampaikan pendapat dan juga memberikan keberanian kepada anak agar berani berbicara didepan umum.Di bangku Pendidikan Anak Usia Dini seharusnya anak sudah memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Disekolah anak harus mampu dalam memberikan pendapat kepada guru ataupun teman-temannya. Namun, biasanya terdapat anak di bangku Pendidikan Anak Usia Dini mereka masih memiliki kepercayaan diri yang kurang.Mereka masih sulit dalam berbicara di depan umum,Biasanya hal tersebut menjadi ketakutan kepada anak karena anak selalu menilai dirinya bahwa ia tidak bisa melakukan hal tersebut dan ia akan merasa bahwa dirinya akan salah saat melakukan kegiatan.

Kepercayaan diri merupakan suatu keyakinan yang dimiliki seseorang bahwa dirinya mampu berperilaku seperti yang dibutuhkan untuk memperoleh hasil seperti yang di harapkan. Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kepercayaan diri siswa yaitu dalam pembelajaran siswa masih terlihat sibuk sendiri,pembelajaran lebih berpusat pada guru. Proses pembelajaran terjadi karena adanya interaksi guru dan siswa dalam memegang peranan penting untuk dapat mencapai suatu tujuan pembelajaran yang telah di tentukan. Proses pembelajaran yang ideal yaitu memberikan kesempatan kepada siswa aktif berpikir,belajar dan mengalami pengalaman langsung dalam belajar.

Kepercayaan diri penting dalam menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Kepercayaan diri penting dalam menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Kepercayaan diri siswa perlu diperhatikan oleh setiap guru dalam peranannya yaitu untuk menumbuh kembangkan rasa percaya diri atau yakin diri siswa dalam belajar dan kepercayaan diri siswa juga tidak akan lepas dari lingkuannya.

Sumber : Dokumentasi Pribadi
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Pada tanggal 13 November 2023,Mahasiswa Fakultas Psikologi melaksanakan program dengan judul" Peningkatan Kepercayaan Diri Melalui Media Flashcard Dengan Metode Talking Stick". Kegiatan tersebut berlangsung di TK Muslimat NU 16 yang diikuti bersama 23 siswa dari Taman Kanak-Kanak Kelas A dan B. Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak dengan media flashcard menggunakan talking stick. Kegiatan tersebut dilakukan dengan metode yang sangat disukai oleh anak yaitu menggunakan flashcard dengan media talking stick yang dapat menarik perhatian para anak sambil diiringi lagu dan bernyanyi bersama.Selama Kegiatan tersebut berlangsung semoga dapat menambah pengalaman baru kepada anak dan juga pengetahuan kepada anak.Terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama program tersebut berlangsung,

Pertama,anak di ajak berdiri dan bernyanyi bersama sambil membuat lingkaran. Anak bernyanyi dengan sangat bersemangat dan antusias.Setelah itu anak di persilahkan duduk dengan diiringin lagu "Tepuk Duduk"

Pada rangkaian kegiatan kedua,diberikan tongkat atau talking stick kepada salah satu anak dan mulai memberikan penjelasan mengenai cara kegiatan tersebut berlangsung.Setelah diberikan penjelasan,kegiatan dimulai dengan diiiring lagu dan talking stick mulai berputar secara estafet. Para siswa sangat bersemangat dan antusias saat dilakukannya kegiatan tesebut.Terakhir yaitu apabila lagu tersebut berhenti siswa yang memegang talking stick terakhir diberikan waktu untuk memilih flashcard dan juga menjawab pertanyaan yang telah diberikan.Kegiatan ini berlangsung sampai semua siswa mendapatkan giliran untuk menjawab pertanyaan yang ada di flashcard.

Dari kegiatan tersebut,beberapa siswa sangat bersemangat saat melakukan tanya jawab,mereka pun menjawab pertanyaan tanpa malu-malu dan berani mengeluarkan pendapat mereka,tetapi ada juga siswa yang masih malu-malu dalam memberikan pendapat untuk menjawab pertanyaan yang diberikan.

Sumber : Dokumentasi Pribadi
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun