Mohon tunggu...
Fadia Rizqy
Fadia Rizqy Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - mahasiswa

Bismillahh..

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Jenis Evaluasi Pembelajaran di TK Tunas Harapan Gresik

28 Desember 2021   21:09 Diperbarui: 28 Desember 2021   21:10 156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada kali ini saya akan menyelenggarakan sebuah interview yang dilaksanakan di salah satu Taman kanak - kanak tepat di kota Gresik  bernama TK Tunas Harapan untuk memahami apa saja jenis -- jenis evaluasi yang  dipakai oleh TK Tunas Harapan di Gresik ini karena evaluasi merupakan tindakan atau proses penting yang dilaksanakan oleh guru untuk mengukur, mengamati, dan memahami sejauh manakah perkembangan yang telah digapai oleh peserta didiknya di sekolah serta mengetahui apakah kegiatan atau program pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru bekerja efektif sesuai harapan atau malah sebaliknya. kemudian mencari cara untuk memecahkan masalah -- masalah yang sedang dihadapi atau yang akan dialami kedepanya.

Apa saja jenis -- jenis evaluasi yang dipakai di TK Tunas Harapan?

Sesuai dengan hasil wawancara saya di TK Tunas Harapan ini memakai 3 jenis evaluasi yaitu :

1. Evaluasi Diagnostik untuk mendalami apa kelemahan, kelebihan, dan kebiasaan yang dilakukan setiap peserta didik di TK Tunas harapan kemudian dicari juga bagaimana untuk mengatasi permasalahan setiap muridnya satu -- persatu.

2. Evaluasi Selektif yaitu dengan memilih salah satu siswa yang mempunyai kelebihan dibidang tertentu dan sesuai dengan kriteria kemudian akan berkontribusi dengan kegiatan seperti mengikuti lomba menggambar, menari, menyanyi, dll.

3. Evaluasi Sumatif untuk menetapkan bagaimana hasil atau kemajuan yang telah dicapai peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung seperti memberikan PTS ( Penilaian Tengah Semester)  dan PAS ( Penilaian Akhir Semester).

4. Evaluasi Formatif yaitu proses perbaikan guru untuk mengubah atau memodifikasi pembelajaran yang sudah dilakukan sebelumnya agar berlangsung lebih baik dari sebelumnya, tidak hanya untuk proses pembelajaran tetapi untuk kemajuan peserta didik juga.

Apa saja jenis -- jenis evaluasi yang tidak dipakai di TK Tunas Harapan?

Sesuai dengan hasil wawancara yang dilakukan di TK Tunas Harapan tidak memakai 1 jenis evaluasi yaitu :

1. Evaluasi Penempatan yaitu evaluasi yang memilah kelas peserta didik berdasarkan bagaimana karakteristik dan kebiasaan setiap anak karena di TK Tunas Harapan tidak pilih -- pilih siswa kelas sesuai berdasarkan karakteristik melainkan dibedakan sesuai dengan umur dan tingkat kematangan anak yang sesuai dengan standart yang telah ditentukan.

Kesimpulan dari hasil interview di TK Tunas Harapan saya kali ini yaitu di TK Tunas Harapan telah melaksanakan beberapa jenis evaluasi untuk pembelajaran peserta didiknya dengan yang terbaik seperti evaluasi diagnostik, evaluasi selektif, evaluasi sumatif dan evaluasi formatif. Meskipun di TK Tunas Harapan ini tidak menggunakan evaluasi penempatan karena tidak ingin membeda -- bedakan antar siswa menurut saya itu temasuk hal yang kurang tepat karena mungkin saja ada beberapa siswa yang memiliki karakteristik khusus yang kemungkinan susah untuk bergabung atau menyatu dengan teman sekitanya. Semoga dengan seiringnya waktu TK Tunas Harapan ini dapat menjadi sekolah yang dapat memberikan pendidikan terbaik untuk penerus bangsa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun